follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Pasang Meta Tag Yang SEO

Cara Pasang Meta Tag Pada Blog
Cara Mudah Pasang Meta Tag seo terbaik Pada Blog
Bagi anda pemula yang hendak memulai kegiatan blogging dan menginginkan blog ramai dikunjungi maka langkah awal yang anda harus lakukan adalah menerapkan teknik SEO Onpage secara bertahap. Silahkan  pelajari tips SEO dan ikuti instruksi yang terdapat pada artikel Cara Mudah Belajar SEO.

Perlu diketahui bahwa robot mesin pencari seperti google selalu melakukan update pembaharuan pada robot algoritmanya, sehingga dibutuhkan teknik SEO terbaru, karena google tidak terlalu membutuhkan yang tidak penting dalam melakukan penilaian SERP sebuah blog atau situs.

Meta Tag adalah rumus algoritma yang menjadi keterangan dari suatu halaman berdasarkan konten postingan yang dipakai untuk mengaplikasikan meta data dalam suatu laman blog. Meta Tag menjadi salah satu teknik SEO yang sangat membantu blog  agar mudah ditelusuri oleh mesin pencari.
Elemen meta ini harus diletakkan diantara kode <head> dan </head> dalam HTML tersebut.

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Mudah Pasang Meta Tag SEO Friendly dalam blog. Disini saya mengelompokan menjadi 2 jenis kelompok meta tag. yakni:
1. Meta Tag SEO Friendly
2. Meta Tag Lainnya.

Baca Juga: Cara Memasang Title Tag SEO Friendly

META TAG SEO FRIENDLY

META TAG DESCRIPTION
Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi blog. Ini adalah meta tag yang paling penting, karena itu gunakan sebaik mungkin. Google dapat mengabaikan meta description jika terdapat penumpukan kata kunci. Jadi jangan sampai meta description mengandung kata yang pengulangannya lebih dari 2 kali ya. Penulisan deskripsinyanya juga disarankan tidak lebih dari 150 karakter. Contoh penulisan meta tag description :
<meta name='description' content='Isi deskripsi blog anda'/>
META TAG ROBOTS
Meta tag robots ini adalah meta tag SEO friendly yang digunakan untuk memblokir robot mesin pencari di suatu halaman situs tersebut. Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman blog yang dapat di-index dan tidak oleh spider. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :
<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">
Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :
<meta name="robots" content="index follow">
Dengan perintah ini spider akan meng-index main page Anda dan menjadwalkan untuk mengindex halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink <a href="">.

Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.
<meta name="robots" content="noindex nofollow">
META TAG KEYWORDS
Meta tag keywords digunakan agar mesin pencari mengetahui dengan tepat kata kunci yang diinginkan pemilik blog. Contoh penulisannya:
<meta name='isi kata kunci anda' content='ehpedia, seo friendly, internet marketing, blogging' />


META TAG LAINNYA

META TAG CHARSET
Meta tag ini digunakan untuk menyatakan encoding suatu blog agar browser tidak salah mengenali cara menampilkan halaman. Berikut bentuk meta tag charset:
<meta http-equiv='Content-Type' content='Type=text/html; charset=utf-8'/>
META TAG LANGUAGE
Meta language digunakan untuk memberitahu Google tentang bahasa yang digunakan untuk menulis suatu blog. Berikut bentuk meta tag language:
<meta http-equiv='content-language' content='id' />
META TAG AUTHOR 
Berikut bentuk meta tag author:
<meta content='isi nama penulis' name='Author'/>
META TAG GEO COUNTRY
Berikut bentuk meta tag geoghrapic country:
<meta content='id' name='geo.country'/>
META TAG GEO PLACE NAME
Berikut bentuk meta tag geoghrapic place name:
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
META TAG SUBJECT
Berikut bentuk meta tag subject :
<meta content='isi keterangan subjek blog anda' name='subject'/>
META TAG  AUDIENCE
Berikut bentuk meta tag audience:
<meta content='all' name='audience'/>
META TAG RATING
Berikut bentuk meta tag rating :
<meta content='general' name='rating'/>


CARA PASANG META TAG SEO ONPAGE FRIENDLY PADA BLOG ANDA

1. Loggin ke Blog, pilih blog yang akan dipasang meta tag
2. Cari kode ini :
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Supaya lebih mudah silahkan copy kode diatas lalu klik (CTRL+F) pada keyboard lalu paste di kolom search ada di pojok kanan atas

3. Setelah ketemu silahkan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu hapus kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> dan ganti dengan meta tag pilihan anda dengan mengcopy dan pastekan kode-kode meta tag pilihan anda tersebut


SARAN
Pilihlah meta tag mana saja yang ingin anda gunakan. Sebagai bahan pertimbangan perlu diketahui bahwa meta tag utama yang paling mempengaruhi blog menjadi SEO Friendly adalah Meta Tag Description, Robots dan Keywords. Namun meta tag lainnya juga dapat anda gunakan untuk mendukung SEO Onpage meski tidak berpengaruh banyak.

Demikian artikel Ehpedia mengenai Cara Mudah Pasang Meta Tag SEO Friendly Pada Blog.

Cara Pasang Meta Tag Yang SEO

di 20 January, 2015 - 04:40 dengan belum ada komentar

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *