follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Membuat Sitemap Di Blog

Cara Membuat Sitemap atau Daftar Isi Blog - Sitemap merupakan halaman daftar isi sebuah blog yang didalamnya terdapat seluruh kumpulan konten artikel yang telah dipublikasikan. Dengan membuat sitemap ini maka pengunjung blog dapat dengan mudah mempelajari atau bahkan mengeksploitasi  (bahasa ekstrimnya :)) lebih lanjut tentang isi blog.

Fungsi sitemap ini sendiri yakni untuk menginformasikan url blog agar lebih mudah dijelajahi oleh robot mesin pencari dan akan memungkinkan pengunjung menemukan artikel-artikel uptodate dalam sebuah blog. Hal ini juga tentu menambah nilai profesionalisme sebuah blog di mata pengunjungnya. Biasanya setelah sitemap ini dibuat, maka pemilik blog tersebut lekas memasang link yang menuju Sitemap ini pada menu navigasi ataupun di footer.

Banyak orang yang sudah membuat sitemap, coba saja anda ketik "cara buat sitemap pada blog" di google, maka berbagai macam jenis sitemap akan anda temukan, mulai sitemap yang mengelompokan artikel-artikel sesuai label / kategorinya, ada yang berlatar belakang warna-warni dan ada juga sitemap yang sederhana hanya berisi link artikel-artikel blog tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Sitemap Responsif Keren Untuk Blog


Nah kali ini saya akan memberikan tutorial itu, yakni cara membuat sitemap yang sederhana (simple). Simple dalam artian disini yakni sitemap yang polos, tanpa gambar maupun latar belakang warna. Sitemap ini hanya mengelompokan artikel-artikel berdasarkan bulan publikasi artikel-artikel tersebut. Anda bisa lihat screenshoot nya dibawah ini.
Cara Membuat Sitemap Di Blog
Atau anda melihat demonya yang sudah diterapkan pada Sitemap blog ini.


Ok, langsung saja kita masuk ke Cara pembuatan sitemap simple ini pada blogger.


Cara Membuat Sitemap Di Blog
  • Pertama, buatlah halaman statis di blog Anda, Pilih tab laman yang terdapat pada menu dashboard sebelah kiri,  kemudian klik laman baru
  • Cara Membuat Sitemap Di Blog
  • lalu klik tab HTML (bukan compose)  
  • Cara Membuat Sitemap Di Blog
  • Copy paste kode di bawah ini ke laman statis baru tersebut 
<script src="https://googledrive.com/host/0B-L9a2eFlJk4MjFxczNBUmlvSDg/sitmap.js"></script><script src="http://ehpedia.blogspot.com/feeds/posts/default/?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
  • Ubah url http://ehpedia.blogspot.com/ yang ditandai kuning dengan url blog Anda. Kemudian publikasikan dan selesai.

Demikian posting tentang Cara Membuat Sitemap Di Blog, semoga posting ini bermanfaat. Jika Anda masih tidak mengerti tolong beri komentar.

Cara Membuat Sitemap Di Blog

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *