follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

5 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula
Cara Memulai Bisnis Online bagi pemula itu pasti terasa sulit dilakukan, apalagi bila ia belum mengetahui  sama sekali apa yang harus dilakukan dan dari mana harus memulainya. Sebenarnya sudah banyak blog atau website yang mengulas tutorial cara memulai bisnis online. Namun pada posting ini saya akan tetap mengulas cara memulai bisnis online berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Jika kita serius ingin memulai dan membangun sebuah bisnis berbasis online maka sepatutnya kita melakukan hal berikut ini:
  • Menciptakan ide bisnis
  • Menentukan visi & misi 
  • Siap menghadapi hambatan & resiko kegagalan
  • Banyak belajar
  • Mulai Bertindak & bekerja
Baca artikel selengkapnya di 5 Tips Memulai Bisnis

Kalau sudah melakukan lima hal tersebut, maka kita sudah dapat mulai membangun bisnis dan mencoba meraih peruntungan & kesuksesan.

Lalu apa bisnis online terbaik yang bisa dijalankan?
Saat ini sudah tersedia banyak sekali model bisnis berbasis online yang dapat dijalankan dengan masing-masing tingkat kesulitan berbeda, dan tentunya potensi penghasilan yg berbeda juga.

Namun dalam konsep kerja online membutuhkan proses. Kita akan menemui banyak ilmu baru, seperti berbagai tutorial & tips yg harus kita pelajari satu persatu. Bayangkan jika metode belajar tidak efesien, tentu hal ini akan memperlambat pertumbuhan bisnis kita. Dan pada nyatanya tak sedikit para pebisnis online yang mundur di tengah perjalanan tanpa membawa hasil apapun karena jenuh.

Oleh karena itu sebelum memulainya, sebaiknya amati terlebih dahulu berbagai macam jenis pekerjaan online yang ada, guna menemukan bisnis yang paling cocok utk kita jalankan agar tak menyesal di kemudian hari.

Nah, dari beberapa model bisnis berbasis online dibawah ini, mungkin dapat anda temukan jenis bisnis online yang paling sesuai dgn minat, ide dan kemampuan anda.

Membuat blog atau website

Ini adalah jenis bisnis online paling mudah yang bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Membangun sebuah blog atau website dengan topik niche tertentu dan membagikan informasi bermanfaat kepada para pengguna internet merupakan sesuatu yg tidak terlalu sulit bila anda memiliki kemauan belajar.

Bahkan ada beberapa blogger yang mengatakan bahwa menjadi seorang blogger tidak perlu ahli dalam menulis, yang dibutuhkan yakni rajin membaca, mencari informasi & menerapkannya.

Anda dapat membuat blog dengan topik yang berhubungan dengan minat & keahlian anda atau disebut Niche blog, tentu ada banyak orang yang punya minat sama dgn Anda. Mereka ini nantinya akan menjadi pengunjung setia blog Anda.
Untuk membuatnya silahkan ikuti panduannya pada artikel Cara Membuat Blog
Setelah blog / website tersebut memiliki banyak pengunjung & trafik yang cukup, maka selanjutnya anda dapat me-monetize blog tersebut dan mendapatkan penghasilan uang dari blog tersebut. Diantaranya menjadi publisher Google Adsense, memasang iklan PPC, mengikuti program affiliasi, menjual jasa review artikel, dan lain-lain.

Membuat toko online

Membuat toko online merupakan langkah mudah memulai bisnis online selanjutnya. Apalagi jika kita memiliki keahlian dalam mengembangkan website atau web development, tentu hal ini akan mendukung pengelolaan web toko online.

Anda dapat memasarkan produk sendiri dengan memajangnya didalam website toko online dan mempromosikannya di berbagai media sosial.
Silahkan baca langkah-langkah Cara Membuat Toko Online
Namun jika tidak memiliki produk sendiri, maka anda dapat menjual produk orang lain atau perusahaan (supplier besar) yang menyediakan program Dropship dan reseller.

Maka dengan begitu anda tidak perlu pusing dalam hal pengadaan barang, tidak perlu menyetok barang, tidak perlu melakukan proses packing & pengiriman barang, karena bila ada pembelian anda hanya perlu mengordernya pada supplier. Lalu suplier mengirim barang tersebut kepada pembeli, tentunya paket pengiriman tersebut atas nama anda sebagai pemilik toko online.

Mengikuti program affiliasi

Jika anda sudah punya blog sendiri tapi belum punya produk yang ingin dijual, maka mengikuti program affiliasi merupakan pilihan alternatif memulai bisnis online. Program affiliasi akan memberikan anda kesempatan untuk menjual produk orang lain dengan penawaran komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Anda bisa menentukan produk apa yang paling relevan utk ditawarkan dalam blog Anda, baik produk dalam bentuk fisik ataupun digital.

Anda bisa bergabung menjadi affiliate marketer di situs-situs besar yg menawarkan program afiliasi. Salah satunya yaitu dengan Menjadi Affiliate Amazon

Menjual produk digital

Kalau anda memiliki keahlian di bidang tertentu, maka keahlian tersebut dapat dijual dalam bentuk produk digital seperti eBook, video, software, dll.

Model bisnis ini memiliki potensi besar, karena kini semakin banyak orang yang lebih memilih membaca buku digital dibanding buku cetak.

Produk digital seperti ini juga tidak terlalu memiliki pasar yang luas, sehingga tidak terlalu menyita waktu dalam pemasarannya. Anda hanya perlu fokus melalukan promosi pada komunitas-komunitas online tertentu saja, misalnya  komunitas pebisnis online yg selalu haus akan ilmu internet marketing.

Nah anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuat & menjual eBook atau video rekaman suara mengenai internet marketing.

Menjual jasa menulis artikel

Jika anda hobi menulis dan selalu up-to-date maka menjadi penulis artikel (content writer) website orang lain merupakan jenis pekerjaan online yang sangat cocok utk dijalankan. Karena sebenarnya banyak pemilik website membutuhkan jasa penulis konten untuk situs mereka.

Bukan hanya web situs besar saja, situs-situs yang masih merintis juga terkadang membutuhkan jasa penulis artikel. Walaupun terkesan sulit, faktanya sudah banyak yang sukses menjalankan profesi menjual jasa penulisan artikel.

Kesimpulan
Nah, setelah membaca artikel ini, saya berharap supaya anda sekarang punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online, meski seorang pemula. Jangan pernah takut bersaing & takut gagal, karena resiko kegagalan selalu ada, bahkan sebelum kita dilahirkan ke dunia. 

Jadi tunggu apalagi, tentukan sekarang jenis bisnis online pilihan anda, yg sesuai dgn minat dan kemampuan. Pilihlah model bisnis bukan berdasarkan jumlah uang, tapi berdasarkan kepuasan yang akan didapatkan nantinya.

Terakhir, teruslah belajar & berkarya, karena dalam menjalankan bisnis ini bukan hanya sekedar rencana atau wacana, melainkan soal belajar lalu menghasilkan karya.

5 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

di 09 March, 2015 - 05:23 dengan 9 komentar

artikel terkait lainnya

9 komentar

  1. memulai bisnis online merupakan sesuatu yang gampang gampang sulit hehee.. rasa jenuh, bosan dalam membangun bisnis online menjadi tantangan terberat deh pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap optimis dan mau belajar dan bekerja cerdas :)

      Delete
  2. Anonymous25 May, 2015

    namanya juga bisnis online, dunia maya adanya, hati2 banyak penipu kalau kita gak pintar2 ngejalaninnya

    ReplyDelete
  3. Anonymous25 May, 2015

    namanya juga bisnis online, maya oh dunia maya, harus benar2 rapi ngejalaninnya, dan hati2 banyak penipu, jangan sampai bisnis online yang kita jalankan susah payah lenyap begitu saja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kauncinya mau belajar dari pengalaman pebisnis online yang sudah terlebih dahulu melebarkan sayap :)

      Delete
  4. Bagi saya menjadi pebisnis online adalah sebuah pekerjaan yang menjanjikan, bahkan kini saya menjalankan bisnis online dengan full part sejak lulus kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukses untuk website nya dinda

      Delete
  5. sipp, artikel yang jelas dan detail mudah dimengerti, langsung sy terapkan tips bisnis online nya . tks

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *