follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

7 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
Cara mendapatkan uang dari blog berbahasa indonesia? mungkin masih banyak blogger yang masih belum mengerti caranya. Meski sudah banyak yang membahas topik ini, namun tetap saja pengalaman setiap orang itu berbeda, termasuk saya. Maka kali ini saya akan share mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari blog berbahasa indonesia berdasarkan pengalaman yang telah saya coba.

Sebaiknya  anda menentukan tujuan membangun blog anda sejak awal. Bila anda memiliki tujuan yang jelas dalam membangun blog berbahasa indonesia, maka hal ini akan mempermudah anda dalam memilih jenis me-monitize blog tersebut. Dengan begitu anda akan mendapatkan penghasilan online yang maksimal.

Berdasarkan pengalaman, setidaknya ada 7 cara mendapatkan uang dari blog berbahasa indonesia yang dapat anda jadikan sebagai referensi bisnis online anda. Ketujuh cara tersebut akan saya uraikan secara singkat di bawah ini.

1. Mendapatkan uang dari blog lewat PPC

Paid Per Click atau PPC adalah cara mendapatkan uang berdasarkan klik yang dilakukan oleh pengunjung blog terhadap iklan yang anda pasang. Program PPC terpopuler dan paling banyak diikuti oleh para blogger dunia saat ini yakni Google AdSense.

Anda tidak perlu repot untuk mencari pengiklan, karena Google AdSense telah menyediakannya. Yang perlu anda lakukan yakni meningkatkan trafik pengunjung dan mengoptimasi tampilan dan posisi iklan agar terlihat menarik dan di klik pengunjung, dengan begitu maka anda akan mendapatkan uang dari blog. Penghasilan yang akan Anda terima tergantung pada banyaknya klik yang dianggap sah oleh penyedia PCC. Selain Google AdSense, program PPC terbaik dunia lainnya yakni Chitika, infolinks, bidvistiser, dll.

Namun untuk mendaftar google adsense hingga sepenuhnya diterima (full aproved) itu cukup lumayan sulit. Blog anda harus berkualitas, memiliki traffic cukup, umur lebih dari 3 bulan dan memenuhi kebijakan (TOS) lainnya yang telah ditentukan oleh pihak Google Adsense. Nah agar anda bisa diterima saat mendaftar google adsense, coba silahkan terapkan berikut ini tips cara agar cepat diterima google adsense.

2. Mendapatkan uang lewat blog dengan CPA Marketing

CPA adalah program periklanan (internet marketing) dimana publisher akan dibayar ketika ada pengunjung yang melakukan aksi setelah mengunjungi link CPA yang ditanamkan di blog publisher yang berasal dari advertiser. Nah, penghasilan dari CPA ini berpotensi lebih besar dibanding penghasilan dari PPC google adsense. Sebab komisi yang akan kita dapatkan bisa mencapai ribuan hingga puluhan ribu rupiah, bahkan diluar negeri bisa mencapai puluhan dolar atau ratusan ribu (jika di rupiahkan) untuk tiap pengunjuug blog yang melakukan aksi. Aksi yang diintruksikan advertiser biasanya yakni mendaftar pada situs advertiser, mengisi data yg disediakan advertiser, pengunjung melakukan pembelian produk milik advertiser, dsb.

Tak seperti di amerika serikat dimana program CPA Marketing sudah sangat populer, nah di Indonesia program CPA marketing ini belum banyak diikuti oleh para blogger, hal ini disebabkan karena jarang nya situs penyedia program CPA yang mengizinkan blogger Indonesia bergabung menjadi publisher. Namun ada salah satu situs perusahaan penyedia CPA yang mengizinkan blogger Indonesia bergabung dan menghasilkan uang dari blog berbahasa indonesia, yaitu Acces Trade.  

AccesTrade adalah situs penyedia program CPA asal jepang yang telah berdiri sejak tahun 1999, jadi tidak perlu diragukan lagi reputasinya dalam membayar publisher. Sudah banyak blogger Indonesia yang telah menikmati penghasilan dari situs ini, termasuk saya :D. Nah untuk anda pemilik blog berbahasa indonesia yang ingin bergabung menjadi publisher mereka, maka silahkan anda bisa mendaftar langsung kesini www.accesstrade.co.id

3. Menghasilkan uang dari blog dengan menawarkan Space Iklan

Menawarkan ruang iklan mandiri adalah cara mendapatkan uang dengan menyediakan tempat (spot banner) iklan di blog Anda. Biasanya banner iklan berukuran (125×125), (300×250), (160×600) atau (780×90), tergantung pada tampilan template blog anda.

Beda halnya dengan program PPC, disini anda tidak perlu berbagi komisi dengan pihak lain. Dengan memasang iklan mandiri maka pengiklan akan langsung memberikan uang kepada anda sebelum iklan tersebut dipasang pada blog anda. Namun untuk mendapatkan pengiklan mandiri bisa dibilang terhitung lebih sulit, karena blog anda harus memiliki banyak trafik pengunjung (misalkan 20 ribu pengunjung sehari). Penghasilan uang yang bisa anda dapatkan dari menyewakan space iklan mandiri yakni Rp 500ribu – Rp 1,5 juta perbulan untuk tiap spot iklan.

4. Mendapatkan uang dari blog lewat Affiliate

Afiliasi adalah cara mendapatkan komisi uang dari mempromosikan dan menjual produk orang lain. Uang akan Anda peroleh jika seseorang membeli produk yang Anda tawarkan di blog anda. Beberapa contoh afiliasi adalah menjadi affiliate Amazon, afiliasi hosting (Hostgator), ebook (Long Tail Pro), barang (Lazada), software, jasa, dll.

Jadi anda tidak perlu repot membuat produk sendiri. Anda hanya perlu membuat review atau menampilkan banner yang didalamnya terdapat link produk tersebut.

5. Mendapatkan uang di blog dengan menawarkan Jasa 

Anda punya keahlian tertentu yang dibutuhkan orang banyak? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang dengan menawarkan keahlian tersebut di blog Anda. Disini Anda akan memperoleh uang dari klient atau orang-orang yang menggunakan jasa Anda. Diantaranya anda bisa menawarkan Jasa membuat atau mendesain blog, Jasa menulis artikel, Jasa SEO, Jasa pembuatan skripsi, dll
    Caranya dengan dengan membuat posting seputar keahlian Anda secara rinci. Buatlah postingan tersebut sebaik mungkin, termasuk menulis pengalaman dan platform yang berisi daftar klien dan daftar proyek yang pernah anda selesaikan. Intinya anda harus benar-benar terlihat ahli menangani bidang tersebut di mata calon klien anda.
     

    6. Menghasilkan uang di blog lewat Artikel Review 

    Menulis artikel review atau paid for review adalah cara mendapatkan uang dengan menulis artikel yang berisi ulasan tentang sebuah produk, bisnis atau website orang lain. Ada banyak perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Namun, tidak mudah mendapatkan Advertiser ini. Mereka sendiri yang akan mencari blog/ situs yang dianggap pantas dan sesuai oleh mereka untuk mereview produknya. Lalu mereka akan menghubungi sendiri si pemilik blog.

    Bila blog anda yang dipilih, maka anda hanya perlu menulis sebuah artikel tentang produk yang mereka minta dengan sebaik-baiknya. Intinya buat mereka merasa puas dengan artikel buatan anda. Untuk pembayaran, biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar berkisar antara Rp 100ribu s/d Rp 500 ribu untuk sebuah artikel review. 

    Nah, apabila blog / website anda telah memiliki traffic, page rank dan alexa rank yang tinggi, namun anda masih sedikit atau belum banyak ditawari penawaran jasa review, maka anda bisa mencoba tips berikut ini Cara Agar Blog Mendapatkan Job Review

    7. Menghasilkan uang dari blog dengan menjual eBook 

    eBook adalah produk buku digital  yang memiliki format PDF. Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual eBook buatan anda sendiri. Yang perlu anda lakukan yakni membuat sebuah buku dengan topik menarik melalui Microsoft Word lalu mengubah formatnya ke format PDF. Lalu mempromosikannya melalui posting atau memasang banner di blog anda. Anda akan mendapatkan uang jika seseorang membeli eBook anda. Semakin banyak orang yang membeli, maka semakin banyak uang yang akan anda dapatkan.

    eBook yang anda jual harus menarik dan berkualitas sehingga membuat pengunjung ingin membelinya. Metode pembayaran untuk eBook tersebut biasanya melalui transfer uang langsung ke rekening bank atau melalui rekening bank online seperti Paypal.

    Kesimpulan
    Saya berharap agar artikel ini dapat memberikan gambaran kepada anda mengenai cara mendapatkan uang dari blog Anda. Jika Anda baru memulai membangun blog sebagai pemula, saran saya fokuslah mencoba salah satu cara saja dulu demi mendapat hasil yang maksimal. Setelah itu, baru Anda dapat mencoba cara lain untuk mendapatkan penghasilan online yang lebih banyak.

    Terlepas dari itu, cara apa yang akan Anda lakukan untuk mengdapatkan uang dari blog Anda? Atau mungkin anda memiliki cara lain yang sudah terbukti menghasilkan uang dari blog? Silakan bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

    7 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia

    di 09 March, 2015 - 08:52 dengan 12 komentar

    artikel terkait lainnya

    12 komentar

    1. nah ini yang saya cari, terimakasih mas, pada umumnya blog memang bisa menjadi ladang uang bagi yang mau berusaha, keep blogging !

      ReplyDelete
    2. Anonymous25 May, 2015

      yang disebut mas diatas termasuk internet marketing ya?

      ReplyDelete
    3. Semangat 45 hehe, belajar blogging memang cukup sulit bagi pemula, terimakasih informasinya :)
      http://bit.ly/1FhvvqE

      ReplyDelete
    4. affiliasi yang bgs slain amazon ap yach??

      ReplyDelete
      Replies
      1. alternatif selain amazon misalnya, clickbank.com atau affiliasi indonesia misalnya lazada

        Delete
    5. Ya, memang blog sudah umum sekali untuk digunakan sebagai bisnis seperti yang keterangan di atas, semoga tambah sukses, salam blogger

      ReplyDelete
      Replies
      1. terimakasih mas kunjungannya, salam sukses untuk kita semua

        Delete
    6. Affiliasi nggak efektif, Saya udah lama coba affiliasi tapi belum pernah terisi saldonya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Masih efektif ko mas yasreel, Tergantung strategi marketingnya mas, Salah satu blog bahasa inggris saya masih menghasilkan sampai sekarang

        Delete
    7. Wuiw... simple and fresh article... cool

      ReplyDelete

    Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *