follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Kenali Istilah-istilah Ini Dalam Twitter


Kenali Istilah-istilah Ini Dalam Twitter 
Twitter adalah salah satu situs Media Sosial paling populer saat ini. Banyaknya istilah yang berupa singkatan ini dikarenakan pihak Twitter hanya membatasi 140 karakter dalam setiap pembuatan tweet / status.

Bagi anda yang masih baru dalam menggunakan Twitter, dan bingung / belum paham istilah-istilah yang digunakan dalam Twitter, maka simaklah artikel ini. Saya akan share mengenai Arti Dari Istilah-istilah Dalam Penggunaan Twitter.


Istilah-istilah dalam Twitter

1. Tweet: adalah status / postingan di dalam dunia Twitter. Dalam Bahasa Indonesia sendiri Tweet artinya kicauan.

2. RT/Retweet : adalah tindakan mengulang suatu tweet / status orang lain. Maksudnya ialah seperti melanjutkan (forward) tweet yang ada di timeline kita ke teman-teman kita yang lain di Twitter. Ketika anda menemukan sesuatu yang menarik, maka anda dapat me-retweet untuk kemudian tampil di timeline orang-orang yang mengikuti anda. 

3. @ : Fungsinya untuk membalas (reply) tweet orang lain, membuat link kepada nama yang dimaksud.

4. DM (Direct Message) : adalah fitur mengirim pesan antara 2 pengguna Twitter. Pesan yang dikirimkan terbatas hanya maksimal 140 karakter.

5. Follow: adalah mengikuti Akun Twitter lain. Pengguna Twitter yang mengikuti akan melihat semua tweet terbaru dari pengguna Twitter yang diikutinya ketika di halaman Timeline. Anda bisa mengikuti (following) siapa saja.

6. Unfollow: adalah berhenti mengikuti. Maksudnya dengan meng-unfollow maka anda tidak akan menerima tweet terbaru lagi di timeline anda dari pengguna Twitter yang sebelumnya ada ikuti.

7. Following: adalah memilih untuk melihat Tweet orang lain pada timeline kita.
Ikuti / Follow orang-orang atau perusahaan yang benar-benar kita perlukan, termasuk orang yang kita kenal pada dunia nyata.

8. Follower: adalah orang yang mengikuti dan menerima update dari Anda. Anda bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol “Gembok” disamping nama orang yang ingin anda follow, ini artinya orang tersebut tidak sembarang menerima Follower.

9. Hashtag: adalah simbol tanda pagar ( # ) di Twitter. Gunanya agar pengguna lain mudah mengetahui topik sebuah tweet dan yang melihatnya bisa mencari topik sejenis.

10. Trending Topics: adalah topik yang sedang sedang menjadi perbincangan banyak orang di Twitter. Biasanya yang menjadi trending topic yakni nama seseorang (misalnya artis, politisi, dll) atau suatu peristiwa / kejadian up-to-date (misalnya bencana alam, kecelakaan, dll). Biasanya suatu tweet bisa menjadi Trending Topics karena banyaknya orang yang menggunakan #(topik).
Semakin banyak orang yang membicarakan topik tersebut, maka semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

11. Timeline: adalah halaman daftar kronologi ydari seluruh tweet / status yang dibuat oleh akun orang lain yang anda ikuti dan tampil secara real-time & up-to-date.

12. Lists: adalah cara untuk menggabungkan beberapa tweet yang kita peroleh dari Akun Twitter lain yang kita ikuti. List bisa berisikan tweet dari teman, keluarga, kompetitor bisnis, sang idola, orang-orang dari komunitas tertentu, dll. Membuat List merupakan cara agar kita dapat fokus ke berita atau tweet tertentu.

13. Handle: Maksudnya, akun Twitter anda disebut dalam pegangan, dan biasanya di identifikasi dengan simbol @. Sebagai contoh, ID akun Twitter untuk blog Ehpedia ini adalah @Ehpedia.
Simbol @ digunakan untuk menunjuk ke pengguna akun spesipik.

14. Tweetup: adalah bahasa yang digunakan  m oleh pengguna Twitter jika mereka ingin bertemu didunia nyata, yang biasanya si pemimpin Tweetup membuat hashtag tertentu

15. Search: adalah kolom untuk mencari sesuatu yang anda butuhkan di Twitter. Anda dapat mencari tweet apapun melalui search ini.

Dan masih banyak lagi istilah-istilah penting yang biasa digunakan dalam Twitter. Jika anda mengetahui istilah yang lainnya, silahkan kirimkan melalui kolom komentar dibawah. Namun dengan mengerti istilah paling penting yang diatas saja, semoga anda dapat lebih memahami Twitter.
Istilah Dalam Twitter

Kenali Istilah-istilah Ini Dalam Twitter

di 11 March, 2015 - 16:05 dengan belum ada komentar

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *