follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Membuat Email Baru di Yahoo & Gmail

Cara membuat email baru 
Cara Membuat Email Baru
Di jaman teknologi saat ini, bagi pengguna internet email merupakan sebuah kebutuhan primer layaknya alamat rumah yang wajib dimiliki setiap netizen. Namun ternyata tidak semua orang paham bagaimana cara membuat email baru. Karena itu, pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial cara membuat email yang sangat mudah dipahami.

Apa itu Email ?

Email (Electronic Mail) adalah surat elektronik yang hanya bisa dibaca & diakses melalui perangkat digital yang terkoneksi internet seperti komputer, laptop dan smartphone. Ada dua pilihan dalam membuat email, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Dan pada artikel ini saya hanya membahas cara membuat email gratis.

Kenapa kita butuh email ? 

Email merupakan layanan yang wajib kita miliki jika ingin melakukan kegiatan di internet. Misalnya untuk membuat akun Facebook, pasti pihak Facebook akan meminta akun email kita, atau misalnya ketika ingin belanja di toko online, pasti mereka akan menanyakan akun email kita. 
Kedua kasus tersebut merupakan sebagian contoh kecil penggunaan email dalam kegiatan di internet. Yang jelas hampir semua kegiatan internet membutuhkan akun email untuk mengikutinya. Jadi bisa dikatakan bahwa email berfungsi sebagai alat komunikasi digital (surat elektronik) dan sebagai identitas online seseorang untuk sebuah akun.

Bagaimana cara membuat email ?

Untuk membuat membuat email pada dasarnya semua sama, kita hanya diharuskan memasukan data seperti nama lengkap, username, password, tempat tanggal lahir, nomor ponsel, dan sebagainya. 

Sebagai langkah awal dalam pembuatan email yakni tentukanlah penyedia layanan email gratisan yang akan anda gunakan. Dalam hal ini ada dua penyedia layanan email yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia, yakni Yahoo Mail dan Gmail. Berikut ini simaklah tutorial Cara Membuat Email Baru di Yahoo dan Gmail.

Cara Membuat Email Baru di Yahoo

Yahoo merupakan sebuah perusahaan raksasa yang cukup berumur di internet. Tak heran jika sampai saat ini Yahoo mail menjadi layanan email gratis yang paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Untuk membuat akun yahoo mail silahkan simak tutorial Cara Membuat Email Baru di Yahoo berikut ini.

1. klik link ini Yahoo

2. Pilih "Buat Account Baru"
Cara Membuat Email Baru di Yahoo
3. Selanjutnya isi form data diri anda, jika sudah lalu klik "Buat Account".
Silahkan lihat gambar dibawah ini untuk panduan pengisian form.
Cara Membuat Email Baru di Yahoo
4. Akan muncul pemberitahuan bahwa anda telah berhasil membuat akun email yahoo. Lalu klik "Persiapan Awal".
Cara Membuat Email Baru di Yahoo
5. Pada langkah ini anda sudah selesai.
Cara Membuat Email Baru di Yahoo
Catatan: Untuk login email kunjungi situs mail.yahoo.co.id lalu masukan user dan password email anda. 

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Gmail adalah singkatan dari Google Mail yakni salah satu layanan email dari raksasa Google. Gmail diluncurkan dalam bentuk Beta pada tanggal 1 April 2004 dan kemudian baru resmi dibuka untuk umum pada tanggal 7 Februari 2007. Untuk membuat akun Gmail silahkan simak tutorial Cara Membuat Email Baru di Gmail berikut ini.

1. Kunjungi situs Gmail

2. Klik "Create An Account", letaknya di bawah form login
Cara Membuat Email di Gmail
3. Silahkan isi form pendaftaran sesuai data diri anda, jika sudah lalu klik tombol "Langkah berikutnya".
Silahkan lihat gambar dibawah untuk panduan pengisian form.
Cara Membuat Email di Gmail
4. Maka akan muncul halaman verifikasi akun, lalu klik "Lanjutkan"
Cara Membuat Email di Gmail
5. Anda akan diberi "kode verifikasi" yang dikirim oleh pihak google melalui SMS ke nomor hp yang anda isikan pada form tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia. Lalu klik "Verifikasi".
Cara Membuat Email di Gmail
6. Anda akan dibawa ke halaman Profil, selanjutnya tambahkan foto profil anda dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". lalu klik "Langkah berikutnya"
Cara Membuat Email di Gmail
7. Akan muncul ucapan sambutan dari Google. Lalu klik "Lanjutkan ke Gmail"
Cara Membuat Email di Gmail
8. Selesai. Sampai disini akun Gmail anda sudah jadi

Sebagai pelengkap bagi anda yang kurang berminat membaca postingan ini. Atau yang lebih menyukai tutorial dari video, berikut ini video Cara Membuat Email Baru di Yahoo & Gmail.


Oke saya rasa cukup demikian seluruh ulasan ringkas Ehpedia mengenai Cara Membuat Email Baru di Yahoo dan Gmail. Bila masih bingung dan ada pertanyaan silahkan kirimkan melalui kolom komentar. Cara Membuat Email Baru di Yahoo dan Gmail

Cara Membuat Email Baru di Yahoo & Gmail

di 01 April, 2015 - 06:30 dengan 2 komentar

artikel terkait lainnya

2 komentar

  1. Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.
    Terimakasih bos atas infonya, sukses selalu ..!
    Daftar Yahoo Mail

    ReplyDelete
  2. membuat akun di yahoo sangat bermanfaat karena tidak hanya digunakan untuk fasilitas e-mail tetapi juga dapat digunakan untuk fasilitas lainnya salah satu contohnya ym..

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *