follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Andrew Darwis, Profil Pendiri Kaskus

Andrew Darwis adalah pendiri situs forum terbesar di Indonesia, Kaskus. Pria yang lahir di jakarta pada 20 Juli 1979 ini kini menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia sekaligus pemilik Kaskus Network Indonesia.

Andrew Darwis, Profil Pendiri Kaskus

Profil Andrew Darwis

Pendidikan
SD    : Tarakanita Pluit
SMP : Tarakanita Pluit
SMA: Gandhi National School
Univ : Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara
Univ : Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle
Univ : Master of Computer Science, Seattle University

Karir & Pekerjaan
1998 : Web designer  kemana.com & indotradezone.com
2003 : Web designer Thor Loki, Amerika Serikat
2007 : Web designer lyrics.com, Amerika Serikat
1999 :  Owner & CTO KasKus Network Indonesia (hingga sekarang)

Prestasi & Penghargaan
2005 : The best Indonesian Communities oleh Alexa dan Wikipedia.
2008 : Indonesia Inovative Top Web Site oleh Microsoft 
2009 : The Online Inspiring Award 2009 oleh Indosat 
2009 : The Big Place Market 2012 oleh Presiden RI 

Kesuksesan Andrew Mendirikan Kaskus

Sejak muda Andrew memang selalu menekuni perkembangan internet. Andrew mendirikan Kaskus pada tanggal 6 November 1999. Bermula dari pengalaman kuliahnya, saat ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free software, Andrew bersama dua orang rekannya, yakni Ronald dan Budi, membuat situs web bernama Kaskus. Nama ini merupakan singkatan dari Kasak-Kusuk. 

Dengan modal sebesar 3 dolar untuk membeli server, mereka membuat situs portal berita dan informasi yang membahas seputar peristiwa di Indonesia. Ketika itu, mereka yang bukan ahli jurnalis menemui banyak hambatan dan kendala dalam menulis beritanya. Akhirnya mereka memutuskan untuk memuat Kaskus dengan konten artikel dari sumber lain atau saat ini biasa disebut dengan memodifikasi artikel. Mereka melakukan hal ini kurang lebih selama tiga tahun.

Selama tiga tahun tersebut, Kaskus tidak menghasilkan keuntungan apapun. Hal ini menyebabkan kedua temannya mundur dari upaya membangun Kaskus. Namun Andrew tak menyerah, ia melihat potensi besar bisnis online ketika itu. Ia terus membangun Kaskus hingga sampai akhirnya ia bertemu dengan Ken Dean Lawadinata (CEO Kaskus Networks).

Pada 2008, Kaskus resmi menjadi perusahaan dengan nama PT. Darta Media Indonesia. Namun hal ini tidak lantas membuat Kaskus mudah sukses. Kegagalan terus mereka alami, bahkan suatu hari Kaskus pernah hampir ditutup karena dianggap situs dewasa. 

Namun Andrew dan Ken tidak patah arang. Strategi marketing Kaskus diawal usaha menggunakan sistem menghampiri klien door to door memperkenalkan Kaskus. Namun suatu ketika mereka menemukan ide mempromosikan Kaskus dengan mencetak baju KasKus, lalu meminta seseorang artis untuk mengenakan baju tersebut. Kemudian mereka memfoto artis tersebut dan menguploadnya ke dalam situs mereka.

Inilah awal kebangkitan situs mereka. Kaskus berkembang menjadi semakin populer dan tercatat memiliki member hingga 4 juta member lebih. Selain itu, konten yang dikirim oleh para member pun semakin beragam. Tidak sampai satu tahun, Kaskus berhasil menggaet klien-klien besar. 

KasKus juga menyediakan forum jual beli yang banyak dimanfaatkan pebisnis untuk menjual produknya. Bahkan transaksi online melalui forum jual beli ini mancapai ratusan miliar rupiah.

Kaskus yang terus berkembang, menarik perhatian banyak perusahaan besar yang ingin memasang iklan. Penghasilan KasKus dari space iklan saja bisa mencapai puluah miliar rupiah per bulan.

Kini setelah mencapai puncak kesuksesannya di Indonesia, Andrew Darwes berobsesi untuk mengembangkan Kaskus dan bisnis online lain miliknya dengan terus-menerus mengembangkan kualitas konten demi mengharumkan nama internet marketer bangsa Indonesia di mata dunia. 
Sukses Om Andre Darwi.

Andrew Darwis, Profil Pendiri Kaskus

di 25 May, 2015 - 01:32 dengan 3 komentar

artikel terkait lainnya

3 komentar

  1. meski sudah berkali-kali saya membaca artikel yang membahas agan andrew darwis yang pembahasannya hampir sama, tapi tetap saja saya tak bosan2 membaca kisah hidupnya, andrew darwis dan kaskus sungguh menginspirasi masyarakat indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan tentunya telah menginsipirasi kita :)

      Delete
  2. Anonymous26 May, 2015

    sungguh pebisnis online indonesia yang membanggakan

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *