follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Apa Itu Email Marketing ?

Apa Itu Email Marketing
Apa Itu Email Marketing ?

Di jaman tekhnologi saat ini semua orang dituntut untuk memiliki email. Mereka yang menggunakan komputer dan internet dalam kegiatan sehari-hari memiliki satu atau lebih akun email untuk berbagai keperluan, dari mulai keperluan bisnis hingga media sosial, dll.

Dalam dunia internet marketing, memanfaatkan email untuk pemasaran merupakan strategi marketing yang termasuk efektif. Hal ini dikarenakan email penawaran yang kita kirimkan akan secara langsung diterima oleh para calon pelanggan melalui inbox email mereka. Dengan begitu kita dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial.

Apa Itu Email Marketing ?

Email marketing merupakan pesan komersial dengan marketing langsung ke sekelompok orang yang menggunakan email. Biasanya berupa iklan, penawaran bisnis atau penjualan produk / jasa.
Atau pengertian singkatnya email disini bisa didefinisikan sebagai alat bantu (tools) untuk pemasaran suatu produk atau jasa. Email tersebut dapat berisi teks, gambar dan video yang dikirim kepada calon pelanggan, baik itu pelanggan potensial ataupun orang yang pernah dikirim email. 

Artikel terkait lainnya : Apa itu Internet Marketing ?

Email marketing termasuk dari bagian strategi internet marketing yang terbilang metode marketing paling terjangkau dan mudah dilakukan.

Tipe Email Marketing

1. Direct Email Marketing

Direct Email merupakan email penawaran atau promosi yang dikirim kepada list email calon pelanggan atau subscriber. Pesan didalamnya biasanya berupa text atau iklan multimedia berbasiskan web yang dikemas dalam bentuk yang menarik seperti Brosur, Katalog, Kuisioner, dsb. 

Metode Direct Email Marketing sangat cocok bagi perusahaan atau industri yang sedang mengenalkan dan mempromosikan produk atau jasa barunya. Metode ini juga terbilang cocok bagi produk atau jasa yang sedang memberikan potongan harga (diskon), mengadakan undian, dsb.

Pada nyatanya penggunaan Direct Email ini identik dengan Spam. Masalahnya sudah banyak marketer yang keliru dalam memanfaatkan direct email dengan membombardir email para calon pelanggan hanya karena menginginkan produk atau jasanya lebih populer atau biasa disebut Spam. Padahal sikap seperti ini malah akan memberikan dampak buruk bagi brand produk atau jasanya.

2. Retention Email Marketing

Retention Email adalah Email Marketing yang dikirimkan kepada pelanggan lama dengan tujuan untuk mempertahankan konsumen lama guna menjaga relasi bisnis.

Email ini biasanya berisi pesan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.
Retention email baiknya berisi informasi atau tips bermanfaat yang berhungan dengan produk atau jasa yang dipasarkan. Pelanggan yang menyukai email tersebut tentu akan semakin loyal terhadap produk Anda.

Untuk diketahui menurut hasil Riset menyatakan bahwa dalam mendapatkan pelanggan baru bisa memakan biaya tiga kali lebih besar daripada menjaga pelanggan lama.

3. Beriklan pada Publisher Email Marketing

Beriklan di email orang lain merupakan metode atau cara mendapatkan pelanggan dengan menempatkan pesan promosi bisnis kita pada sejumlah ruang atau isi email yang yang dibuat oleh Publisher Email.

Bagi kita yang tidak memiliki banyak email list dan subscriber, metode marketing online seperti ini menjadi pilihan terbaik dalam memasarkan produk atau jasa kita. Kita dapat membayar Publisher email yang banyak bertebaran di internet untuk menempatkan iklan kita pada sejumlah titik pesan email yang mereka buat dan kirimkan pada email list dan pelanggannya.

Artikel terkait : Cara Membuat Email Baru

Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online


1. Biaya Lebih Murah

Biaya pemasaran melalui email marketing jauh lebih murah dibandingkan dengan pemasaran melalui surat fisik. Hal ini juga menjadi media promosi yang efektif ketika tingkat responsive email marketing lebih tinggi.

2. Bersifat Personal

Email marketing yang bersifat personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari calon pelanggan. Calon pelanggan akan merasa nyaman ketika menerima email kita, sehingga kita akan lebih mudah menawarkan produk atau jasa kita melalui email yang kita kirim kepada calon pelanggan. Hal ini juga akan berdampak menjadi semakin baiknya kualitas hubungan baik kita kepada para pelanggan lama.

3. Lebih Cepat dan Efektif


Mengirimkan pesan promosi melalui media surat fisik pada kantor pos akan memakan waktu jauh lebih lama dibandingkan dengan email yang terkirim dalam hitungan detik, hal ini sangat tidak efektif. Dengan email marketing, kita bisa mengirim pesan promosi atau penawaran kepada para pelanggan dengan waktu singkat tanpa perlu menunnggu lama respon para calon pelanggan.

4. Kemudahan Menganalisa dan Evaluasi

Kampanye melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat mengetahui dengan mudah jumlah email yang terkirim dan respon pelanggan. Sehingga kita bisa langsung melakukan analisa dan evaluasi terhadap kampanye yang kita lakukan.  Apa Itu Email Marketing

Apa Itu Email Marketing ?

artikel terkait lainnya

2 komentar

  1. internet marketing memang sedang ramai digandrungi oleh para pebisnis online ya, sukses ehpedia

    ReplyDelete
  2. sepakat mas, bagi saya memang email marketing lah yang saat ini paling efektif dalam membangun bisnis online, jadi jurus jitu untuk trafik pokoknya

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *