follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Mempromosikan Blog Agar Terkenal


Cara Mempromosikan Blog sebenarnya tidak sulit dan terbilang mudah dilakukan. Blogger mana yang tidak ingin blog nya menjadi terkenal? tentu kebanyakan blogger mengingnkan blognya menjadi terkenal dan populer di kalangan dunia maya, apalagi jika tujuannya untuk memonetize blog. 

Sebenarnya terdapat banyak cara dan teknik mempromosikan blog yang dapat kita gunakan untuk menjadikan blog terkenal dan terbukti berhasil. Namun belum tentu semua teknik tersebut efektif, bayangkan jika cara promosi yang dilakukan harus memakan waktu yang lama, tentu hal ini membuat seorang blogger jenuh dan bosan dalam mengerjakan prosesnya. Walaupun tidak ada cara promosi yang dalam sekejap, karena segalanya membutuhkan proses.

Nah, oleh karena itu tujuan postingan saya kali ini adalah membagikan tips Cara Mempromosikan Blog Agar Terkenal dengan melampirkan aspek kelemahan dari masing-masing cara tersebut. Berikut dibawah ini penjelasannya.

Cara Mempromosikan Blog Agar Terkenal



Cara Mempromosikan Blog Lewat Facebook

Buatlah sebuah akun facebook, kemudian cari teman sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan  topik pembahasan (niche) pada blog anda. Misalkan niche nya bisnis online, maka cari teman yang yang menerapkan bisnis online juga.
Kemudian buatlah judul dan deskripsi artikel yang menarik minat teman Facebook anda untuk mengklik. Kemudian bagikan / share artikel tersebut di facebook.
POTENSI TRAFFIC 
Misal, teman facebook berjumlah 2000 orang. Dan yang mengklik dan mengunjungi artikel blog adalah 25 % dari keseluruhan, maka anda akan mendapatkan 500 traffic/hari.

KELEMAHAN
Kesulitannya yakni mendapatkan teman yang berkaitan dengan niche / tema blog kita. Terkadang merka tidak mengkonfirmasi pertemanan karena tidak kenal dengan kita. Selain itu jika terlalu berlebihan dalam mengirimkan permintaan pertemanan, maka facebook kita dapat diblokir sementara. 

Soal waktu hal ini tidak jadi masalah, karena kini sudah banyak cara membagikan / share otomatis postingan blog ke Facebook. Anda dapat melihat tutorialnya di Cara Share Otomatis Postingan Ke Facebook & Twitter atau Cara Share Postingan Otomatis Ke Sosial Media dengan Hootsuite

Cara Promosi Blog Dengan Twitter

Buatlah sebuah akun Twitter, kemudian ajak orang lain untuk saling follow dan follow back. Lalu buat postingan artikel dan bagikan / tweet artikel tersebut secara rutin.

POTENSI TRAFFIC 
Misalkan anda memilik 200 followers. Dan yang mengklik dan mengunjungi artikel blog adalah 25% dari keseluruhan, maka anda akan mendapatkan 50 traffic/hari.

KELEMAHAN
Kesulitannya yaitu mendapatkan followers. Maka sesekali buatlah tweet dengan pesan motivasi, kalimat yang sedang tren atau informasi terbaru yang sedang hot. Karena kebanyakan pengguna tweet menyukai tweet-tweet tersebut.

Cara Mempromosikan Blog Dengan Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi dan memberikan komentar kepada blog orang lain. Cara ini kini banyak dilakukan oleh para blogger dalam berpromosi. Selain meningkatkan pengunjung, blogwalking juga dapat mempererat pertemanan sesama blogger dan merampingkan alexa rank.
Cari blog yang memiliki banyak komentar pada postingannya, kumpulkan sebanyak-banyaknya. Kemudian tinggalkan komentar dan tautkan sebuah link yang mengarah ke blog anda.

POTENSI TRAFFIC
Jika ada 100 blog yang telah anda tinggalkan komentar dan  link blog anda didalamnya menghasilkan 4-5 pengunjung. Maka anda akan mendapatkan 300-400 pengunjung.

Cara Promosi Blog Dengan Youtube

Youtube adalah situs berbagi video yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan memanfaatkan Youtube untuk mempromosikan blog, maka kemungkinan besar kita akan mendapat pengunjung.
Buatlah sebuah akun youtube, sebagai syarat untuk mendaftar youtube yaitu anda harus sudah memiliki gmail. Jadi buatlah sebuah Email Gmail.

Kemudian buat sebuah video yang relevan dengan blog anda dan sisipkan URL blog anda didalam video tersebut. Dan tautkan link blog anda pada deskripsi video tersebut.

POTENSI TRAFFIC
Jika anda telah mengupload 10 video dan dikunjungi 15 orang perhari pada masing-masing video. Dari 15 orang tersebut kemudian ada  5 orang yang tertarik mengunjungi blog anda. Maka anda akan mendapatkan 50 trafik dari youtube setiap harinya.

KELEMAHAN
Kesulitannya yakni membuat video yang relevan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun tenang saja, kini ada solusi untuk agar anda memiliki banyak video di youtube tanpa perlu membuat dan mengupload video baru, yakni dengan Cara Remix Video Youtube. 

Cara Mempromosikan Blog Di Social Bookmark

Social Bokmarking adalah situs untuk berbagi artikel dengan men-submit artikel blog kita. Selain meningkatkan pengunjung blog, situs social bookmark juga akan menghasilkan backlink untuk blog kita.

Contoh situs social bookmark diantaranya : lintas.me, dofollow.web.id, sosbok.com. Selengkapnya anda bisa lihat kumpulan situs social bookmark di Daftar Situs Social Bookmark Dofollow Indonesia.

Kemudian buat sebuah akun di masing-masing situs Social Bookmark. Selanjutnya submit atau masukkan satu per satu artikel anda ke semua situs Social Bookmark.

POTENSI TRAFFIC
Jika artikel yang anda submit ke situs Social bookmark mendapat pengunjung, maka blog anda pun mendapatkan pengunjung. Karena situs social bookmark tersebut mengarahkan pengunjungnya ke blog anda.

KELEMAHAN
Anda harus submit satu persatu artikel dan hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama


Cara Mempromosikan Blog Agar Terkenal

Sebenarnya masih banyak cara / teknik / metode Cara Mempromosikan Blog supaya Terkenal. Namun menurut saya metode diatas merupakan cara-cara yang paling efektif dan terbukti berhasil.

Sedikit saran dari saya buat teman-teman blogger baru yang masih pemula, bahwa untuk mencapai tujuan itu butuh proses, tidak ada sesuatu yang instan, kecuali anda bersedia mengeluarkan uang dan biaya, sama halnya dalam mempromosikan blog yang masih baru. Untuk membuat blog menjadi terkenal, maka anda harus berusaha mempromosikan blog terlebih dahulu, terkadang karena membutuhkan waktu dan hanya mengulangi teknik yang sama, mempromosikan blog menjadi terasa bosan. 

Maka tips dari saya cobalah siapkan cemilan dan minuman dan rokok (bila anda merokok) yang anda sukai, dan nikmati cemilan tersebut di sela-sela waktu kegiatan blogging anda. And Happy Blogging :) Cara Mempromosikan Blog

Cara Mempromosikan Blog Agar Terkenal

di 27 May, 2015 - 21:56 dengan 2 komentar

artikel terkait lainnya

2 komentar

  1. Anonymous27 May, 2015

    Wah tips promosi blog terakhirnya keren.. boleh dicoba gan

    ReplyDelete
  2. terima kasih sangat membantu nih artikelnya

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *