follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Blog Sepi Pengunjung? Ini 9 Hal Penyebabnya

Kenapa Blog Sepi Pengunjung? Sebagai seorang blogger tentu kita mengharapkan banyak orang mengunjungi blog / website kita. Banyaknya pengunjung membuat blog menjadi berkualitas sehingga memiliki peringkat bagus di SERP.

Namun bagaimana jika yang terjadi malah blog sepi pengunjung? sedih dan tak bersemangat mungkin kita rasakan. Tapi jangan putus asa dulu. Mari kita analisa kesalahan yang menjadi penyebab blog / website sepi pengunjung. Berikut adalah 9 penyebab blog mengalami sepi pengunjung.

Blog Sepi Pengunjung

1. Jumlah postingan sedikit

Semakin banyak postingan maka akan semakin tinggi peluang pengunjung menemukan blog kita. Apalagi jika blog kita terhitung baru dibuat. Blog harus menyediakan banyak artikel orisinil dengan berbagai kategori untuk pengunjung. Jadi lakukan update artikel blog secara teratur.

Berikan juga internal link pada postingan agar pengunjung dapat menemukan postingan lain yang berkaitan dengan mudah. Dan pastikan postingan artikel anda telah terindex mesin pencari.
.

2. Konten tidak berkualitas

Konten sangat penting dalam membangun blog. Semakin berkualitas konten maka semakin banyak pengunjung blog tersebut. Begitupun sebaliknya, bila konten tidak berkualitas maka yang terjadi blog sepi pengunjung. Salah satu faktor penting konten menjadi berkualitas yakni membuat topik konten yang banyak dicari. 

Jadi hindari membuat konten yang berisi informasi yang jarang peminatnya. Carilah topik blog yang belum banyak dibahas orang, namun memiliki banyak peminat.


3. Informasi kadaluwarsa

Bila kita memposting informasi atau berita yang hanya bersifat sesaat tentu konten menjadi kadaluwarsa di kemudian hari. Dalam kasus ini bisa terjadi pada konten yang membahas prediksi pertandingan olahraga yang menuntut pemilik blog harus update puluhan artikel setiap harinya. Jika berhenti update satu hari saja maka blog harus bersiap kehilangan trafik.

Jadi buatlah konten informasi yang bersifat lama dan tak termakan oleh waktu sesaat, misalnya tutorial blogging dan SEO. Kecuali jika website anda adalah sebuah perusahaan yang memiliki banyak pegawai yang sedia update puluhan artikel setiap harinya.


4. Peringkat blog rendah

Bagaimana blog bisa mendapatkan trafik maksimal jika blog tidak mendapat tempat di SERP. Akibatnya blog akan kalah dalam kompetisi di search engine. Perlu diketahui bawa kian hari persaingan perebutan halaman pertama search engine semakin sengit, sementara halaman pertama google hanya menyediakan 10 postingan saja. 

Jadi benahi blog anda dengan upaya meningkatkan peringkat blog.


5. Navigasi buruk

Pengunjung akan kesulitan menjelajahi pilihan kategori konten karena menu navigasi yang sulit dipahami. Hal ini bisa menyebabkan bounce rate tinggi sehingga search engine menganggap blog anda tidak bermanfaat. Akibatnya konten anda akan tertinggal di halaman belakang SERP. Bagaimana pengunjung bisa menemukan blog anda jika blog tidak tampil halaman pertama.

Jadi buatlah navigasi yang jelas dan mudah dipahami. 


6. Loading blog berat

Tidak semua pengguna internet memiliki koneksi internet cepat dan perangkat PC yang performanya mumpuni. Loading blog yang berat membuat mereka tidak berhasil membuka blog dan akhirnya cepat meninggalkan blog. Akibatnya blog mendapat bounce rate tinggi. Akhirnya trafik blog macet meski selalu update artikel. 
.
Jadi pilihlah template yang ringan dan sederhana namun menarik dan pas dipandang mata. Sebaiknya hindari penggunaan gambar pada background blog dan gunakan widget seperlunya. Baca selengkapnya mengenai Cara Mempercepat loading blog / website.


7. Blog tidak SEO

Pengelola blog harus paham SEO jika ingin memiliki trafik yang baik. Anda harus memahami pentingnya merampingkan alexa rank, blogwalking dan backlink berkualitas, konten yang SEO dan peringkat blog. Peringkat blog yang turun akan memakan waktu lama untuk mengembalikan posisinya. Artinya kesalahan dalam SEO bisa berakibat fatal bagi trafik blog.

Jadi mulai sekarang pelajari dan pahami berbagai tutorial dan tips SEO, dan lakukan optimasi SEO pada blog anda. 


8. Topik Blog Tidak Jelas

Ada banyak blog yang memiliki topik bahasan beragam atau gado-gado. Ini membuat pengunjung menjadi bingung. Akibatnya pengunjung hanya membaca sebuah postingan pilihannya dan pergi meninggalkan begitu saja tanpa mengunjungi postingan berkaitan lainnya di blog anda.

Sebaiknya fokus saja pada beberapa topik dan tentukan niche blog anda, hal ini membuat pengunjung nyaman mencari informasi yang berkaitan lainnya di blog anda.


9. Kurang Promosi

Promosi penting dilakukan agar pengguna internet mengetahui keberadaan blog kita. Ada banyak cara untuk mempromosikan blog.

Salah satu cara promosi yang dapat dilakukan yaitu promosi melalui sosial media seperti facebook, twitter dan google plus.


Jika anda mengalami salah satu dari 9 hal di atas, maka segera benahi. Orang bijak mengatakan bahwa air yang menetes pada batu besar akan membuat batu itu bolong juga meski dengan waktu yang lama. Ingat kesalahan sekecil apapun akan menjadi kesalahan besar jika banyak dan terus didiamkan. Mari benahi blog kita agar kunjungan untuk blog terhindar dari sepi pengunjung.

Blog Sepi Pengunjung? Ini 9 Hal Penyebabnya

di 03 June, 2015 - 20:43 dengan 3 komentar

artikel terkait lainnya

3 komentar

  1. Anonymous03 June, 2015

    pantas blog saya tidak mengalami perkembangan, terimakasih artikelnya luar biasa

    ReplyDelete
  2. kayaknya semua penyebabnya untuk blog saya sama seperti yang di sebutkan di atas, jumlah postingan blog saya masih sedikit, kontent tidak berkualitas, saya masih belum paham definisi kontent yang berkualitas itu yang seperti apa, peringkat blog saya masih sangat rendah meski secara rank katanya dah bagus, kalau menurut saya, rank blog bagus belum tentu trafik juga bagus, loading blog berat, ini masih jadi problem blog saya, apalagi kalau pakai mesin wp, kualitas hosting juga berpengaruh. Blog kurang SEO itu bener banget dan saya bikin postingan pun juga asal - asalah, SEO buat saya nomor sekian, ditambah lagi blog saya juga kurang promosi, jadi y lengkap sudah wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi blog saya ini mas serba kekurangan hehe
      waduh suhu ini terlalu merendah, Blog Rizkyzone nya mas rizky itu sudah mengindonesia padahal -_-

      Delete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *