follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog

Memasang tombol share di blog berguna untuk memudahkan pengunjung yang ingin membagikan artikel kita di facebook, twitter, dsb. Tentu menyenangkan bila postingan kita banyak dishare di media sosial. Maka dari itu kita perlu memudahkan pengunjung yang ingin men-share artikel kita dengan memasang tombol share yang simple tinggal klik. Salah satu situs yang memberikan fitur tersebut yakni AddThis.

AddThis memberikan kita pemilik blog fitur pembuatan tombol share banyak media sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya yang tampilannya menarik dan banyak pilihan, dengan penggunaan dan kustomisasi yang mudah dimengerti. Disini kita juga diberikan layanan untuk mengetahui data jumlah share dan trafik yang berasal dari media sosial.
Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog

Cara Memasang Share Button Facebook Twitter Google+ di Blog 

1. Kunjungi website www.addthis.com , scroll ke bawah dan klik "GET STARTED FOR FREE"

2. Isi form pendaftarannya. Atau lebih mudahnya lakukan pendaftaran dengan menggunakan akun google caranya dengan mengklik "CONTINUE WITH GOOGLE"

3. Maka akan muncul pertanyaan konfirmasi pendaftaran, maka klik "Izinkan". Kemudian klik "Register pada tampilan berikutnya. Lalu klik "Continue" pada tampilan selanjutnya.

4. Kemudian klik pada menu "TOOLS" yakni tools gallery

5. Pilih Layout tombol share yang anda inginkan (pilih yang Free alias gratis) kemudian klik 'Get Code' nya. 
Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog
6. Maka akan muncul kustomisasi tombol share, sesuaikan dengan yang anda inginkan. Pilih tombol share yang ingin anda tampilkan dengan cara Drag n Drop kolom tombol share di kiri ke kolom yang sebelah kanan. (jangan tutup halaman ini dulu)
Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog
7. Masuk ke blog anda, klik tab "Template"  >> klik "Edit HTML"
Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog
8. Buka kembali halaman Addthis. Copas atau letakkan kode Step 1 ke dalam tag <body>, kemudian letakkan kode Step 2 pada posisi yang anda inginkan (biasanya dibawah artikel diatas related post).
Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog
9. Save template anda dan selesai. Silahkan cek halaman website anda.


Atau jika anda malas membuat akun di AddThis, Anda bisa langsung gunakan kode di bawah ini untuk menggunakan share button nya. Namun dengan catatan jika anda menggunakan kode langsung dibawah ini tanpa mendaftar akun di Addthis, maka anda tidak bisa melihat fitur analisa yang disediakan di situs Addthis seperti jumlah share, trafik dari media sosial, dsb. Berikut ini kodenya :
<!-- AddThis Button BEGIN -->
<div class="addthis_toolbox addthis_default_style">
<a class="addthis_button_facebook_like" fb:like:layout="button_count"></a>
<a class="addthis_button_tweet"></a>
<a class="addthis_button_google_plusone" g:plusone:size="medium"></a>
<a class="addthis_counter addthis_pill_style"></a>
</div>
<script type="text/javascript">var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};</script>
<script type="text/javascript" src="//s7.addthis.com/js/300/addthis_widget.js#pubid=ra-5156a09e76c1568f"></script>
<!-- AddThis Button END -->
Demikian pembahasan kali ini. Sebagai kesimpulan bahwa share postingan blog ke media sosial menjadi keharusan di era media sosial saat ini. Share postingan ke Facebook, Twitter dan Google+ akan meningkatkan trafik blog juga sekaligus cara mempromosikan blog.

Oh ya sebagai tambahan tips dari ehpedia, anda juga bisa menggunakan layanan situs dlvr.it untuk share otomatis artikel ke Facebook dan Twitter. Atau dengan FeedBurner untuk share ke twitter saja. Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog

Cara Memasang Tombol Share AddThis di Blog

di 18 June, 2015 - 07:51

artikel terkait lainnya

0 komentar

Contact Form

Name

Email *

Message *