follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

5 Pebisnis Muda Sukses Indonesia Ini Menginspirasi Dunia

Menjadi pebisnis sukses di usia muda tentu merupakan impian banyak orang di Indonesia. Namun untuk mencapai puncak kesuksesan tentu membutuhkan usaha pantang menyerah dan dukungan banyak pihak. Tidak hanya butuh kerja keras, nampaknya perlu kerja cerdas guna mencapai impian.

Setelah kesuksesan digapai, bertahan di titik puncak menjadi pekerjaan selanjutnya yang harus dipenuhi. Tidak sampai disitu, dalam berbisnis pengembangan inovasi wajib dilakukan. Pengembangan bisnis dilakukan upaya mempertahankan posisi strategis agar tak tergerus oleh arus zaman yang begitu cepat. Dalam hal ini termasuk melebarkan sayap bisnis ke mancanegara, di seluruh dunia.

Upaya itu tentu membuat mereka yang sukses menjadi inspirasi orang-orang di seluruh dunia. Tidak hanya soal pengalaman bisnis, bahkan bagian lain dari kisah hidup para pebisnis muda sukses tersebut layak menjadi inspirasi bagi sebagian orang. 

Berikut ini 5 pebisnis muda sukses di Indonesia yang telah menginspirasi banyak orang, bukan hanya masyarakat Indonesia, melainkan orang-orang di belahan dunia lainnya. Siapa sajakah mereka?

5 Pebisnis Muda Sukses Indonesia Ini Menginspirasi Dunia

1. Sandiaga Salahudin Uno

Sandiago Uno

Akrab dipanggil - Sandiago Uno -, ia merupakan salah seorang pebisnis tersukses Indonesia. Pria kelahiran 28 Juni 1969 di Pekanbaru ini sering dijumpai pada acara seminar entrepreneurs sebagai narasumber.

Ia merupakan sarjana kelulusan Wichita State University, Amerika Serikat, jurusan Bachelor of Business Administration. Kemudian ia melanjutkan studi di George Washington University, Amerika Serikat dengan hasil kelulusan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00 melalui jalur beasiswa.

Pebisnis muda tangguh ini pernah merasakan pahit manis dunia bisnis, dimana pada krisis moneter 1997 ia menjadi korban PHK. Ia pun pulang ke Indonesia dengan status pengangguran. 

Namun berkat tekad dan kecerdasannya, Sandi mampu bangkit hingga sekarang sukses memimpin beberapa perusahaan besar di Indonesia. Selain itu ia pun memiliki beragam prestasi, tercatat ia pernah dipercaya menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Media internasional pun terus menyorotnya. Dilansir dari Asia Globe tahun 2007, Sandi termasuk dalam 122 orang terkaya di Indonesia.dengan total aset 80 juta USD. Setelah itu pada 2008, Globe Asia kembali mencatatkan namanya sebagai orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan aset mencapai 245 juta USD. 

Kemudian pada 2009 ia masuk dinobatkan sebagai orang terkaya ke-29 di Indonesia versi majalah Forbes dengan total aset sebesar 400 juta USD.

Menurutnya, kesuksesannya diraih berkat kompetensi, kapasitas dan kapabilitas yang memadai. Untuk mendapatkan itu seseorang senantiasa harus mempunyai karakter dan komitmen yang kuat, integritas tinggi, tekun & disiplin. 


2. John Riady

John Riady

Berbeda pada anak kecil umumnya yang menghabiskan masa liburan akhir tahun bersama keluarga, sejak sekolah dasar, putra kedua James Riady ini sudah dipaksa bekerja. Berbagai pekerjaan pernah diterapkannya, mulai dari petugas percetakan film Wallmart, kasir Timezone, Housekeeper Hotel Aryaduta, pegawai McDonald’s, hingga menjadi pegawai Bursa Efek Jakarta.

Pria kelahiran 5 Mei 1985 New York, yang saat ini dipercaya menjabat Director Lippo Group & CEO Berita Satu Media ini mengatakan bahwa ada 2 hal utama dalam hidup, yaitu Impacting Life dan Growing in Stewardship. 

John percaya bahwa setiap orang diciptakan dengan talenta berbeda, sehingga harus digunakan tidak hanya untuk sendiri, melainkan untuk banyak orang.

Baginya, pendidikan merupakan hal terpenting suatu negara. John mengatakan, untuk mengubah Indonesia tidak ada cara lain selain dengan pendidikan. Ia yakin bahwa pendidikan yang baik akan membentuk value system, mindset dan mental seseorang.


3. Armand Wahyudi Hartono

5 Pebisnis Muda Sukses Indonesia

Putra dari bos Grup Djarum, Budi Hartono ini lulus sarjana di Universitas California, AS. Kemudian melanjutkan studi Engineering Economic-System and Operation Research di Universitas Stanford, AS dengan gelar Master of Science.

Kini ia menjabat Operation and Network Development Director di Bank Central Asia. Uniknya meski kaya, namun ia punya prinsip hidup begitu sederhana yang disebutnya SRI, yaitu simple, reserve & investment. Dimana ia mengatakan bahwa impian keluarga keturunan Cina itu yakni dapat makan 2 kali sehari. Selebihnya uang ditabung untuk mengantisipasi apabila terjadi kondisi eksternal yang tak diharapkan. Tak lupa, nilai-nilai itu disampaikan turun temurun ke keluarga generasi seterusnya.

Hal ini juga diterapkan pada prinsip bisnisnya. Baginya, knowledge management bukanlah seperti di buku manajemen berupa laporan tertulis yang kaku, tapi harus disampaikan secara lisan kepada karyawan secara informal sehingga efeknya lebih terasa membekas di hati.


4. Michael Riady

5 Pebisnis Muda Sukses Indonesia

Beberapa tahun terakhir ini, Grup Lippo makin agesif membangun pusat perbelanjaan di berbagai daerah. Agresivitas Lippo itu tak lepas dari sosok Michael Riady, CEO of Lippo Malls. Kendati baru bergabung pada 2004, cucu konglomerat Mochtar Riady (pendiri Grup Lippo) ini sudah berani mewacanakan pembangunjan 50 unit mal di Indonesia.

Meski masih muda, lulusan finance department dari Orange County University, AS ini punya visi yang tajam dalam berbisnis. Menurutnya, Lippo harus memanfaatkan momentum kebangkitan ekonomi yang ditandai naiknya jumlah kelas menengah. Termasuk pengembangan infrastruktur, khususnya di Indonesia bagian timur. 

Ketertarikannya akan properti diawali ketika ia masih berstatus mahasiswa, setelah ia membaca majalah Forbes yang mengulas orang-orang terkaya dunia. Dari majalah tesebut ia menemukan jawaban bahwa sekitar 60% orang terkaya di dunia terkait dengan bisnis properti.


5. Axton Salim

5 Pebisnis Muda Sukses Indonesia

Pria lulusan Bachelor of Science Business Administration di University of Colorado, AS ini usianya baru kepala tiga, namun ia sudah berada di antara para petinggi perusahaan konsumer besar di Indonesia.

Axton menjadi direktur termuda dari seluruh anggota dewan direksi PT. Indofood. Ia dipercaya menjabat sebagai Direktur Indofood CBP Sukses Makmur serta komisaris PT. Perusahaan Perkebunan London Sumatra Tbk (LSIP).


Itulah kelima pebisnis muda sukses terkaya di Indonesia. Mereka telah melewati segala proses penuh tantangan hingga bisa sampai ke puncak kesuksesan. Akhir kata, semoga artikel ini dapat menginspirasi pembaca.

5 Pebisnis Muda Sukses Indonesia Ini Menginspirasi Dunia

di 15 August, 2015 - 00:10 dengan 2 komentar

artikel terkait lainnya

2 komentar

  1. meski mereka berusia muda, tapi pendidikan mereka sangat tinggi, jadi ya wajarlah, ulas dunk, profil pengusaha sukses tanpa pedikan yang tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas rizky, nanti ya menyusul saya cari referensi dulu

      Delete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *