follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

6 Tips Bisnis Online di Twitter

Twitter, siapa yang tidak mengenal social media 140 karakter satu ini. Hampir semua orang di dunia memiliki akun Twitter, termasuk di Indonesia. Berbagai kalangan profesi menggunakannya, mulai dari public figure, selebriti, pegawai kantoran, pelajar, hingga pebisnis, baik pebisnis profesional hingga bisnis usaha kecil & menengah (UKM) sekalipun.

Untuk diketahui bahwa terdapat potensi peluang besar untuk mengembangkan bisnis apabila para pebisnis UKM dapat memanfaatkan kesempatan yg ada di Twitter. Tapi sayangnya, masih banyak pebisnis yang hanya mempromosikan produknya secara offline, mereka belum bisa menyentuh bisnis berbasis online seperti di Twitter atau biasa juga disebut Twitter Marketing.

Padalah bila bisnis sudah merambah secara online, para pebisnis bisa menguatkan brand dan potensi meningkatkan penjualan. Beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari pemasaran gratis di Twitter diantaranya yakni seperti mendapatkan followers yg relevan, potensi mendatangkan pengunjung berkualitas ke website utama kita, ide mencari inovasi prospek atau sekedar mempromosikan produk dengan potongan harga dan bonus.

Tips Menggunakan Twitter Untuk Bisnis Online

Bagi kamu yang masih bingung dalam menumbuhkan bisnis berbasis online. Berikut ini 6 tips bisnis online di Twitter yg dapat menjadi acuan bagi bisnis online Usaha Kecil & Menengah :

1. Percaya diri

Jangan ragu, takut dan malu menunjukan jati diri bisnis anda, termasuk siapa saja yg ada dibalik bisnis tersebut. Tunjukkan kebanggan atas nama bisnis anda, dengan begitu pelanggan dan calon pelanggan pun menjadi bersemangat mengikuti perkembangan bisnis anda.

Tentukan pola bisnis yg sesuai dgn tim dan produk bisnis. Tiap orang punya gaya bisnis masing-masing yang berbeda. Jadi tugas Anda sebagai pemilik bisnis ialah menentukan pola sesuai dengan kebutuhan pegawai bisnis online dan pelanggan

2. Lakukan interaksi

Pantau perbincangan yang sedang ramai diperbincangkan yg terkait bisnis Anda di Twitter, seperti produk, metode marketing online, promosi dan kompetitor bisnis.

Berikan respon interaksi yang tepat pada perbincangan tersebut. Interaksi bisa berupa tanggapan, saran dan dukungan. Gunakan social media Twitter untuk menyampaikan informasi mengenai bisnis usaha kita yg tak bisa dicari pelanggan di tempat lain. Lakukan interaksi tanya jawab dengan followers, sehingga mereka merasa begitu dekat & nyaman dengan bisnis kita, layaknya sedang berada di Toko offline pada dunia nyata.

3. Berikan respon

Hal ini penting untuk perkembangan bisnis yakni, berikan respon / balasan saat pelanggan membuat twit mengenai bisnis kita di Twitter. Dengan cara berikan Retweet, Favorite pada twit positif dan menarik yang menyebutkan bisnis kita, serta balas ucapan terima kasih mereka dengan memberikan mention.

Namun, jangan abaikan juga twit kritis dari pelanggan, segera berikan tanggapan pada isu kritis dan tetap berikan tanggapan positif yang bisa kita gunakan, seperti "Terima kasih, saran anda akan kami tampung dan segera dilalukan perbaikan segera". Kalau perlu, lakukan diskusi secara offline kepada pelanggan yang memberikan isu kritis jika mereka masih membandel.

4. Ikuti trending topic

Karakteristik Twitter sebagai social media 140 karakter yakni konten singkat, padat, jelas dan menarik. Maka manfaatkan karakteristik yang ada di Twitter ini dengan cepat dan tepat. 

Setelah membuat tweet berisi topik yang relevan dengan bisnis. Buatlah tweet sesuai trending topic dengan hashtag (#) yang cocok sesuai bisnis Anda.

5. Posting tweet yang menarik

Amati timeline dan cari tahu apa yang disenangi oleh followers atau calon pelanggan, lalu sesuaikan dengan tweet pada akun bisnis anda. Sesekali buatlah tweet yang tidak berhubungan dengan produk atau bisnis Anda. Seperti ucapan selamat pada hari raya besar keagamaan atau hari peringatan nasional.

Selain itu manfaatkan ketertarikan followers terhadap konten yang menarik untuk ditanggapi, seperti gambar atau foto yang berisi tulisan ucapan selamat, atau berikan pertanyaan dan konten video.

6. Promosi secara aktif

Setelah bisnis menjadi cukup populer di Twitter, lakukan promosi produk yang bisa mendorong pertumbuhan jumlah followers dan jangkau lebih banyak calon pelanggan. Jika anda punya modal lebih untuk pemasaran, maka tidak ada salahnya anda gunakan layanan iklan yg tersedia Twitter . Twitter Ads akan membantu anda menjangkau lebih banyak calon pelanggan yg relevan dengan produk dan bisnis anda.

Demikian Tips Bisnis Online Usaha Kecil dan Menengah di Twitter. Semoga dapat membantu perkembangan bisnis online anda dan selamat mencoba !

6 Tips Bisnis Online di Twitter

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *