follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Menjadi Penulis Artikel Media Massa, Kenapa Tidak?

Penulis Artikel Media Massa

Pernahkah anda membaca koran atau majalah dan menemukan rubrik khusus artikel. Tahukah anda bahwa rubrik itu sebenarnya berasal dari tulisan orang di luar perusahaan media massa? Jadi semua orang bisa mengisi rubrik artikel ini.

Tidak seperti membuat buku, membuat artikel hanya membutuhkan 2-5 lembar tulisan, sehingga kita seharusnya mampu membuat beberapa artikel untuk beberapa media massa dalam sebulan.

Konsumen target kita tentu saja adalah media massa dan majalah yang jumlahnya ratusan, atau bahkan ribuan. Untuk memulainya, kita hanya cukup dengan mengamati kondisi atau situasi yang sedang terjadi saat ini. Misalnya jika sekarang sedang terjadi musim hujan dan penyakit diare mulai mengancam, maka anda dapat menulis tentang kejadian itu, atau misal artikel yang mengulas teknologi yang sedang hits seperti smartphone terbaru.

Adapun kendala dalam menggeluti pekerjaan menjadi penulis artikel rubrik media massa ini adalah terjadinya penolakan, namun disini anda tidak perlu khawatir dan menyerah begitu saja, karena media massa jumlahnya tidak hanya sedikit. Jadi anda dapat menawarkan ke perusahaan media massa lainnya jika media massa sebelumnya telah menolak artikel buatan kita.

Selain itu hambatan untuk menulis artikel media massa adalah bagaimana kemauan anda sendiri. Sedangkan kunci sukses keberhasilan dalam menggeluti pekerjaan ini ialah tingkat kejelian dan analisis kita dalam mengamati, mencari dan membaca informasi terbaru.

Jika anda tertarik untuk memulai usaha menjadi penulis artikel media massa ini. berikut taksiran sederhana mengenai anggaran dan prospek biaya :

MODAL AWAL
Komputer atau laptop : Rp 3,5 juta
Printer infusan : Rp 1 juta
TOTAL : Rp 4,5 juta

BIAYA OPERASIONAL
Pembelian referensi tulisan (buku, majalah, jurnal, dll) : Rp 200 ribu
Tinta dan kertas : Rp 50 ribu
Lain-lain (internet, dsb) : Rp 200 ribu
TOTAL : Rp 450 ribu

Omzet 4 artikel (asumsi:1 artikel dihargai Rp 500 ribu) = Rp 2 juta
LABA PERBULAN : Rp 1.550.000,-
Masa kembali modal (BEP) = Modal awal : Laba per bulan = 3 bulan

Menjadi Penulis Artikel Media Massa, Kenapa Tidak?

di 21 August, 2015 - 17:36 dengan 2 komentar

artikel terkait lainnya

2 komentar

  1. nulis di media massa feenya lumayan gede kalau di muat, saya pernah dulu nulis opini di media masa , kebetulan saya punya btemen wartawan, jadi saya bisa kirim artikel lewat temen saya, dan manteb banget, saya dapet fee 400rb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengalaman yang mengesankan mas, kalau boleh tahu apa nama media massa nya mas?

      Delete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *