follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

4 Cara Efektif Berbisnis Online Lewat Facebook

Facebook, siapa yang tidak mengenal media social yg satu ini. Semua orang di seluruh dunia pasti tahu, dan hampir semuanya memiliki akun Facebook. Karena fungsi facebook yang amat berpengaruh terhadap komunikasi sosial seseorang kepada banyak orang lainnya. Tapi tahukah anda jika Facebook bisa digunakan untuk mendukung bisnis anda. 

Menjadikan Facebook sebagai media pemasaran bisnis online atau biasa disebut Facebook Marketing sudah sering diterapkan oleh para pengusaha dan pebisnis online. Hal ini berperan sangat penting jika pelanggan atau calon pelanggan mayoritas merupakan pengguna Facebook aktif. Tentu kiat ini akan berdampak terhadap peningkatan penjualan produk.

Metode marketing yang dilakukan beragam. Namun apakah teknik pemasaran via facebook tersebut sudah efektif? Tentu kita akan menemui banyak artikel mengenai trik pemasaran melalui Facebook. Tetapi pada nyatanya banyak orang yang akhirnya meninggalkan trik panduan sebab jenuh karena trik urung berhasil jua. Padahal sangat disayangkan bila pemasaran bisnis melalui facebook ini ditinggalkan. Karena potensi peningkatan penjualan melalui social media yang satu ini sangat baik.

Hebatnya lagi metode pemasaran bisnis online lewat Facebook ini bisa diterapkan gratis oleh siapa saja dan bisnis apa saja. Sehingga dapat menekan biaya marketing dan mampu menjalankan bisnis online tanpa modal sepeser pun.

4 Cara Efektif Berbisnis Online Lewat Facebook

Apabila kamu ingin berjualan sebuah produk atau jasa di Facebook, berikut ini ada metode efektif yang akan saya bagikan. Silahkan simak trik ampuh Berbisnis Online Lewat Facebook dibawah ini :

Cara Berbisnis Online Dengan Facebook Marketing

Sebelum anda membaca langkah-langkah berbisnis online di Facebook, agar tidak kegok membacanya, pahami terlebih dahulu mengenai perbedaan akun personal dan halaman Facebook (facebook page) :
Akun personal : Halaman facebook yang memuat akun pribadi seseorang, yang dibuat ketika pertama kali membuat akun Facebook.
Halaman Facebook (Page) : Halaman facebook yg biasa digunakan untuk perusahaan, brand, tokoh, dsb. Halaman ini dibuat dan dikelola oleh akun personal

Buat halaman Facebook menjadi media pemasaran utama

Hal pertama yg harus anda lakkan yakni membuat halaman facebook (facebook page) menjadi halaman marketing utama anda. Sebab berbeda dengan akun personal yg memiliki jumlah pertemanan terbatas (maksimal 5000 orang), facebook page bisa diikuti banyak orang tanpa batasan, sehingga mampu mengenalkan bisnis anda ke jutaan orang di dunia. 

Halaman khusus bisnis juga secara otomatis menjadikan seluruh postingan anda, muncul di timeline para likers. Sehingga apabila mereka tertarik setelah melihat , maka kemungkinan besar mereka mengklik dan mengunjungi halaman facebook bisnis anda.

Tingkatkan jumlah followers facebook page 

Ini penting untuk anda usahakan. Karena jika pengikut (followers) sedkit lantas sedikit pula orang yg akan melihat postingan / status terbaru anda. Anda bisa meningkatkan followers dengan cara rutin membagikan postingan / status terbaru. Amati waktu yg tepat ketika banyak orang online. Apabila target market yakni pegawai kantoran, maka bagikan status terbaru saat jam istirahat makan siang kantor. Sebab pegawai kantoran biasanya membuka akun saat istirahat.

Namun apabila kamu punya modal lebih, coba gunakan facebook ads yg sangat efektif untuk menignkatkan followers. Meski membutuhkan biaya, pada nyatanya mengiklankan halaman bisnis di facebook ini sangat efektif dan cukup berhasil. 

Tapi bila ingin gratis tanpa perlu biaya, maka kamu tetap bisa mencoba trik mendapat banyak followers dengan bergabung di Grup komunitas yg membahas topik bisnis serupa dan membagikan halaman bisnis sesering mungkin, namun ingat jangan spam jika tidak ingin dikeluarkan secara tidak hormat dari grup.

Bagikan postingan secara rutin

Bagikan postingan produk sesering mungkin dan secara rutin. Nantinya apabila likers tertarik membaca postingan anda di timeline, maka mereka akan mengunjungi link halaman bisnis anda, dan akhirnya mereka pun bisa mengingat website bisnis anda. Sehingga jika di kemudian hari likers tersebut ingin mencari produk anda, maka mereka akan langsung menuju website bisnis anda.

Dan coba minta kepada likers untuk sering memberi “like” apabila melihat postingan bisnis anda muncul di timeline mereka. Hal ini merupakan keuntungan besar bagi bisnis anda dengan cara promosi gratisan.

Tingkatkan jumlah followers akun personal Facebook

Meski halaman bisnis utama adalah halaman facebook (facebook page), tapi tetaplah optimalkan akun personal anda sebagai media pemasaran bisnis. Tambahlah teman (akun personal lain) supaya followers semakin meningkat. 

Pilihlah teman yang bisa menjadi market bisnis. Jangan asal menambah teman, sebab ada banyak akun fb yg tidak aktif. Untuk membedakan akun aktif dan tidak aktif, lihat halaman profil orang tersebut dan lihat kapan terakhir mereka update status. Teknik “mengintip" akun facebook ini perlu dilakukan, karena akun yang tidak aktif sering menjadi faktor  kegagalan bisnis online via Facebook. Nah, setelah banyak teman, gunakan juga akun personal untuk mempromosikan bisnis anda. 


Demikianlah cara efektif menjalankan bisnis online dengan menggunakan facebook. Social media yg satu ini banyak digunakan sebagai alat pemasaran bisnis online karena mudah dan gratis digunakan. 

Pemasaran internet atau internet marketing ini juga sangat efektif bila dipadukan dengan pemasaran melalui website / blog. Anda hanya perlu membagikan (share) setiap update postinga blog, maka kamu akan merasakan efek signifikan terhadap peningkatan penjualan.

4 Cara Efektif Berbisnis Online Lewat Facebook

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *