follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet
Cara mendapatkan uang dari internet merupakan pekerjaan alternatif bagi anda yang tidak menyukai pekerjaan secara mengikat di dunia nyata, seperti kantoran. Selain itu jika dirasa penghasilan dari pekerjaan tetap tidak mencukupi kebutuhan,  maka cara mendapatkan uang dari internet juga sangat cocok untuk anda yang ingin mencari pekerjaan sampingan, seperti bisnis online & internet marketing

Menjadi menjanjikan karena dilatarbelakangi seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia yg terus meningkat pesat, sehingga semakin besar peluang untuk mendapatkan uang dari internet. Jadi bila diperhatikan, kini bisnis online merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Mungkin anda pernah mendengar tentang beberapa pebisnis online yang sukses bekerja online di internet, baik orang luar negeri maupun orang Indonesia. Diantara mereka bahkan berhasil mendapatkan penghasilan fantastis hingga puluhan kali lipat dari gaji kantoran setiap bulannya, yg bikin kita orang awam melongo bingung dan berfikir keras mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari internet sebanyak itu.

Mengetahui besarnya penghasilan mereka, tentu sebagai orang biasa kita pasti tergiur ingin mengikuti jejaknya, meski belum tahu langkah bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Lain halnya bagi seorang ahli internet marketing, tentu mereka sudah menguasai cara mendapatkan uang dari internet. Namun, bagi pemula yg baru menggeluti dunia bisnis online tentu masih bingung harus memulai bisnis online sendiri dari mana.

Topik cara mendapatkan uang dari internet ini sebenarnya sudah sering kita temui di berbagai artikel di Google. Namun, tetap saja masih ada banyak orang mencari informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari internet. Kebanyakan dari mereka merupakan seorang pemula yang ingin tahu langkah awal apa yg harus dilakukan ketika ingin memulai bisnis online.

Nah didalam artikel ini sebenarnya berisi tidak jauh dgn artikel blog lain. Namun keunggulan artikel ini ialah akan membahas lebih detail berdasarkan pengetahuan & pengalaman saya mengenai cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Sehingga informasi mengenai cara mendapatkan uang dari internet menjadi lebih mudah diserap & diadopsi. Minimal setelah membaca artikel ini pengunjung dapat mempunyai sedikit gambaran mengenai cara mendapatkan uang dari internet dan mampu menentukan model bisnis online pilihannya.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet 

1. Menjadi Publisher PPC

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, dimana program periklanan ini mengharuskan kita menjadi publisher. Publisher sendiri adalah orang yang menayangkan iklan pihak ketiga di blog atau website miliknya. Nantinya publisher akan menerima bayaran / upah untuk setiap klik iklan yg dilakukan pengunjung website / blog tersebut, dengan biaya perklik sesuai ketentuan PPC tersebut.

Program periklanan menjadi potensi cara mendapatkan uang dari internet, dimana kini semakin tingginya tingkat pertumbuhan pengguna internet, sehingga kebutuhan perusahaan akan media promosi yaitu menjadi semakin meningkat. Nah disinilah tujuan monetisasi, karena blog / website bisa menjadi tempat media promosi berupa iklan.

Kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan membangun sebuah website / blog yg membahas topik tertentu sesuai minat. Selanjutnya buat konten-konten kaya akan informasi. Lalu pelajari dan terapkan secukupnya mengenai teknik SEO agar dapat mendongkrak trafik blog.

Kemudian anda bisa memonetisasi (mencari uang) dengan mendaftarkan blog anda ke situs PPC lalu menayangkan iklan mereka. Ada banyak situs PPC yg memberikan kesempatan kepada para publisher untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya yaitu Google Adsense.
  • Google adsense adalah situs paid per click yg dimiliki oleh Google, Inc. Google Adsense merupakan PPC yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia, karena memiliki beberapa keunggulan dibanding situs PPC lainnya. Misalnya tingginya nilai per klik & relevansi iklan terhadap topik blog. Namun untuk menjadi publisher google adsense itu tidak mudah, karena kita harus mempunyai blog / website yang berkualitas dan memenuhi ketentuan untuk didaftarkan kepada Google Adsense. Ketentuan tersebut seperti usia domain, trafik yang cukup & banyaknya konten blog. Artikel terkait: Cara Daftar Google Adsense agar Diterima
  • Ada lagi contoh situs lainnya yang juga tak kalah menguntungkan dari Google Adsense yaitu Chitika.com, Bidvertiser & Infolinks. Sedangkan dari Indonesia antara lain KumpulBlogger.com, Kliksaya.com & IDblognetwork.com. Artikel terkait : Daftar PPC Terbaik 

Tingkat kesulitan :
70 %

Kelebihan cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi publisher PPC :
  • Tidak perlu mencari Advertiser (pengiklan) sendiri, karena pihak PPC telah menyediakan iklan pihak ketiga. Kita hanya perlu menyediakan space untuk dipasangkan banner iklan milik PPC. 
Kekurangan :
  • Sulit untuk diterima (approve), karena butuh waktu minimal 3 bulan untuk membangun sebuah blog / website dengan konten berkualitas, trafik & rangking tinggi. 
  • Kapanpun akun PPC terancam bisa dibanned bila melanggar ketentuan (TOS), bahkan terkadang tanpa alasan jelas.
Prospek penghasilan :
  • Seandainya, anda menargetkan keyword dengan biaya per klik dihargai $0.1 / klik, lalu ada pengunjung melakukan 100 klik iklan setiap harinya. Maka penghasilan anda adalah sebesar $10 /hari atau 300$ /bulan atau Rp 3.600.000 (bila dikonversi Rp 12.000)

2. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate adalah bisnis internet marketing dengan menjual produk orang lain. Untuk mendapatkan uang dari internet secara mudah kita bisa menjadi seorang affiliate marketer.

Affiliate marketer adalah orang yang menjual produk orang lain di blog / website nya dan akan mendapatkan uang komisi untuk setiap penjualannya.  Atau pada dunia nyata biasa disebut Perantara bisnis.

Bisnis online affiliasi sangat cocok diterapkan bagi pemilik blog ber-trafik tinggi. Pemilik blog hanya perlu memasang banner iklan atau  menulis sebuah artikel mengenai produk yang ingin dijual dan menanamkan link affiliasi didalamnya. Selanjutnya tunggu sampai ada pengunjung yg melakukan pembelian.

Sama halnya menjadi publisher PPC, afiliasi juga merupakan salah satu program internet marketing dgn penghasilan menjanjikan. Sudah banyak sekali internet marketer dunia sukses di bidang ini. Intinya semakin banyak menjual produk affliasi, maka semakin besar pula komisinya.

Sebagai affiliate marketer kita tidak perlu susah-susah mencari produk & mitra kerjasama. Karena ada banyak Toko online ternama yg menyediakan program afiliasi, contohnya seperti Amazon, ClickBank & Ratakan.
  • Amazon.com adalah toko online terbesar di dunia, dimana kebanyakan produknya berbentuk fisik, seperti kamera digital, kulkas, televisi, AC, buku, meja, kursi, peralatan dapur, peralatan mandi & masih banyak lainnya. Disini Amazon memberikan kesempatan bagi para pemilik website / blog untuk mendapatkan uang komisi melalui program affiliasi mereka. Besaran komisinya yaitu sekitar 4% – 8% per penjualan. Untuk mendaftar silahkan kunjungi Cara Daftar Menjadi Affiliate Amazon
  • ClickBank.com adalah Toko Online produk digital (seperti ebook, software & membership) yg menyediakan program affiliasi dgn rate komisi cukup besar, yakni sampai 75%.
  • Ratakan.com adalah Toko Online asal Indonesia. Sebagian besar produknya ialah produk digital mengenai internet marketing, seperti eBook, Software & membership. Karenanya affiliasi ini sangat cocok untuk blog/ website ber-niche blogging, bisnis online atau internet marketing. Karena kebanyakan produknya memang dicari oleh para internet marketer. Selain itu komisinya lumayan besar yaitu sekitar 25%- 75% /produk. 
  • Sebenarnya di Indonesia masih banyak toko online penyedia program affiliasi lainnya. Silahkan lihat di 4 Affiliasi terbaik di Indonesia

Tingkat kesulitan :
65 %

Kelebihan :
  • Tidak perlu memiliki produk sendiri, karena menjual produk orang lain. 
  • Berbeda dengan sales marketing yg memiliki target penjualan, affiliasi marketer bebas mau menjual kapanpun & berapapun, tanpa target penjualan & tekanan.
Kekurangan :
  • Terkadang agak sulit untuk diterima menjadi affiliate. 
  • Khusus untuk Amazon & ClickBank sebaiknya gunakan blog berbahasa inggris, karena target pembelinya merupakan pengguna internet di seluruh dunia.
Prospek penghasilan :
  • Penghasilan tergantung dari sejauh mana usaha promosi. 
  • Sebagai contoh jika menargetkan penjualan sebuah software seharga $ 50 & komisi 10%. Lalu dalam sebulan ada 50 pembeli. Maka penghasilan yang akan didapatkan sebesar $ 5 (komisi tiap produk) x 50 produk terjual = $ 250 selama sebulan.

3. Mengikuti Paid review

Paid Review adalah cara mendapatkan uang dari internet dengan menulis artikel berisi ulasan mengenai sebuah produk atau jasa. Seseorang yang menginginkan produknya di-review disebut pengiklan (advertiser).

Ada 2 metode untuk mendapatkan pengiklan, yaitu via perantara / broker dan tanpa broker. 
  • Tanpa broker disini maksudnya ialah kita membuat review tanpa pihak ketiga, yaitu hanya melibatkan pemilik blog & pengiklan, sehingga kita tidak perlu membagi komisi. Untuk mendapatkan pengiklan, kita bisa membuat proposal kerjasama yang didalamnya terdapat link mengarah ke halaman seperti INI dan mengirimkannya melalui email ke pengiklan perusahaan atau pebisnis tertentu. Lalu tunggu email balasan apakah tawaran kita diterima atau tidak. Namun jika anda memiliki blog / website berkualitas dgn trafik tinggi, terkadang justru pihak perusahaan akan menghubungi & menawarkan permohonan review. 
  • Metode kedua yaitu menggunakan broker. Broker disini merupakan pihak (ketiga) penghubung antara pemilik web / blog dgn pengiklan. Kita bisa menawarkan jasa paid review di situs broker, nantinya merekalah yg mencari pengiklan. Jadi Anda tidak perlu mencari pengiklan sendiri, karena ada banyak tersedia disana. Namun penghasilan Anda akan dipotong sekitar 30-50% oleh broker tersebut.
Ada  4 situs broker yg bisa anda ikuti diantaranya yaitu Sponsored Reviews, ReviewMe, Blogsvertise & LinkWorth.
  • Sponsored Reviews menggunakan sistem bid, sehingga penawaran disesuaikan dengan rangking blog. Semakin baik rangking blog maka jasa review bisa anda tawarkan semakin tinggi harganya, umumnya berkisar $5-$200. 
  • Sedangkan tiga broker lainnya menggunakan sistem non bidding, sehingga harga jasa review telah ditetapkan oleh pengiklan, umumnya berkisar $5-$50.

Tingkat kesulitan :
40 %

Kelebihan:
  • Pekerjaannya mudah, kita hanya perlu menulis artikel ulasan, layaknya menulis artikel seperti biasa. 
Kekurangan:
  • Tidak mudah untuk mendapatkan pengiklan. 
  • Kita harus membangun website / blog berisi banyak konten berkualitas, pengunjung (trafik) & rangking tinggi.
Prospek:
  • Untuk review tanpa broker, bila dalam sebulan ada 50 memesan jasa review, dengan harga tiap reviewnya sebesar Rp 100 ribu. Maka penghasilan tiap bulan sejumlah Rp 500.000.
  • Untuk review menggunakan broker, bila ada 100 review dipesan dgn harga rata-rata $10 & potongan sebesar 50% utk broker. Maka penghasilan tiap bulan adalah $10 x 50 % x 100 = $50.

4. Menawarkan Iklan Mandiri

Iklan mandiri adalah space / slot iklan (banner) yang disediakan oleh pemilik blog/ website untuk disewakan kepada orang lain. Ukuran iklan banner beragam, mulai dari 125×125 px sampai 728×90 px.

Biaya sewanya pun beragam disesuaikan ukuran iklan, jumlah pengunjung & rangking blog. Sebagai contoh misalnya blog Ehpedia.com ini, saya memasang harga Rp 100.000 / bulan utk tiap banner berukuran 125×125 px. Terhitung murah bukan?

Contoh lain bila blog / web mencapai 10.000 pengunjung tiap bulannya, maka iklan mandiri bisa dipatok seharga Rp 100.000 s/d 250.000 per slot iklan ukuran 300x250px. Dan mematok harga Rp 250.000 s/d 500.000 untuk iklan berukuran 728x90px.  Atau terkadang biaya sewa slot iklan bisa juga berdasarkan negosiasi antara pemilik blog & si pengiklan (advertiser).

Kebanyakan pengiklan (advertiser) tertarik memasang iklan di blog yg memiliki topik sama dan banyak pengunjung. Umumnya iklan banner mereka adalah gambar berisi link yg mengarah ke web mereka.

Tingkat kesulitan :
50 %

Kelebihan:
  • Mudah pemasangannya, kita hanya perlu menyediakan slot kosong di sidebar atau header blog.
Kekurangan:
  • Sulit menemukan advertiser,
Prospek:
  • Bila ada dua pengiklan 125×125 di sidebar seharga Rp 200.000 tiap slotnya. Kemudian ada iklan 728x90 dibawah header seharga Rp 500.000. Maka total penghasilan perbulan sejumlah Rp 900.000.

5. Membuka Toko Online

Toko online adalah toko virtual dimana pelanggan bisa membeli produk langsung di website online shop tersebut. Di jaman digital dimana semakin banyak orang tak bisa lepas dari gadget, orang-orang sering mendengar tren terbaru pada internet, salah satunya yaitu tren belanja online.

Tidak hanya di eropa, kini tren belanja online telah merambah ke berbagai kalangan Indonesia, mulai dari kalangan pelajar, ibu rumah tangga, komunitas bisnis, hingga artis. Meski tidak bisa melihat fisik produk secara langsung, belanja online tetap menjadi metode jual beli favorit bagi sebagian orang. Diantara mereka bahkan secara tegas lebih memilih berbelanja online karena harganya jauh lebih murah daripada toko fisik, seperti supermarket. Pada kenyataannya memang benar bahwa produk yg dijual secara online menjadi lebih murah karena tak melewati proses distribusi.

Ada 2 cara untuk membuka toko online, yaitu menjual produk sendiri dan menjualkan produk orang lain.
  • Membuka toko online dengan menjual produk sendiri adalah cara mendapatkan uang dari internet dimana sebelumnya produk hanya dijual secara offline, lalu merambah ke dunia online alias Bisnis Go Online. Sehingga yg awalnya produk hanya dikenal di wilayah sekitar rumah, dengan menjadikan bisnis go online maka kini produk bisa menjangkau pembeli seluruh dunia, dan mampu meningkatkan potensi penjualan hingga mancanegara.
  • Membuka toko online dengan menjual produk orang lain atau biasa disebut re-seller atau dropship. Nantinya komisi akan didapatkan dari setiap produk terjual, dgn besaran sesuai kesepakatan antara pemilik toko & produsen. Disini pemilik toko hanya bertugas memajang gambar dan spesifikasi produk di website online shop, lalu menunggu sampai ada pembeli, lalu meminta alamat pembeli, kemudian memberikan metode pembayaran (biasanya melalui transfer rekening bank). Kemudian menghubungi produsen dan menyuruhnya mengirimkan paket produk ke alamat pembeli. Berikut ini artikel terkait mengenai Daftar 30 toko online yang menerima dropship dan reseller 

Tingkat kesulitan :
50 %

Kelebihan:
  • Tidak perlu biaya besar seperti membuat toko fisik (sewa tempat, karyawan, properti, dsb). Karena online shop hanya memerlukan biaya sewa domain & hosting atau seorang karyawan admin website jika memang diperlukan.
  • Sudah pasti akan meningkatkan potensi penjualan. Apalagi bila produk yg dijual bersifat unik atau hanya kita yang menjualnya, maka bersiaplah kebanjiran pesanan.
Kekurangan:
  • Untuk menjalankan bisnis go online, kita harus memiliki produk sendiri. Selain itu pekerjaan ini menghabiskan cukup banyak waktu, karena ada proses penyediaan, packing & pengiriman barang.
  • Sementara untuk bisnis dropship yakni ketika ada pembeli, namun ternyata stok produk sudah habis, maka transaksi batal, hal ini dapat mengurangi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap toko online. 
Prospek:
  • Pendapatan tergantung pada produk yang dijual. Namun potensi penjualan pasti meningkat, karena produk dapat menjangkau calon pelanggan seluruh dunia.

6. Bisnis Penyedia Jasa Secara Online

Seiring dengan semakin tingginya pertumbuhan bisnis online Indonesia, maka semakin banyak juga orang yang membutuhkan jasa online guna mendukung bisnis online miliknya. Hal ini merupakan peluang besar dimana kebutuhan jasa online harus seimbang dengan penyedia jasa tersebut.

Berangkat dari latar belakang tersebut, maka menyediakan jasa secara online untuk keahlian tertentu merupakan peluang bisnis potensial. Beberapa jenis jasa online sering saya jumpai seperti jasa penulisan artikel baik berbahasa indonesia maupun bahasa inggris, jasa SEO, link building, social media marketing, email marketing & masih banyak lainnya.

Jika Anda punya keahlian mengenai bisnis online, maka sebaiknya dimanfaatkan dan tawarkan secara online agar keahlian tersebut juga semakin terasah & tak sia-sia. Selain itu penghasilan dari usaha menyediakan jasa secara online cukup lumayan, dapat mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung banyaknya pelanggan.

Menyediakan jasa didunia maya pada dasarnya sama dengan menyediakan jasa didunia nyata. Namun bedanya jika didunia nyata karena proses bisnis melalui tatap muka, maka pembayaran biasa dilakukan setelah pekerjaan selesai. Namun dikarenakan dalam bisnis secara online sering terjadi penipuan, maka kebanyakan pembayaran biasanya dilakukan sebelum pekerjaan dilakukan.

Maka dari itu kebanyakan pengguna internet hanya menggunakan jasa dari penyedia jasa yg kompeten & terpercaya (reccomended) demi menghindari terjadinya potensi penipuan. Karena tentu mereka tidak menginginkan jasa pesanannya urung tak dikerjakan.

Oleh karenanya dalam menjalankan bisnis jasa online, wajib bagi anda memberikan kesan profesional agar calon pembeli tak segan menggunakan jasa keahlian anda. Anda bisa memperlihatkan profil sejelas-jelasnya (real human) dan portofolio kumpulan hasil pekerjaan yg sukses anda kerjakan.

Ada 2 metode cara mendapatkan uang dari internet dengan menawarkan jasa secara online, yaitu :
  • Menawarkan jasa melalui promosi sendiri, yaitu bisa dari blog sendiri, blog orang lain, sosial media, email marketing & metode promosi dari mulut ke mulut lainnya. Dengan begitu anda bisa leluasa melakukan negosiasi harga jasa.
  • Menawarkan jasa melalui situs marketplace atau freelancer, ialah situs media kerja online yang akan mempertemukan penyedia jasa dgn pengguna (pembeli). Disana sudah terdapat banyak para pengguna jasa untuk berbagai kategori bidang keahlian yg menanti para penyedia jasa. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari klien sendiri. Namun sebagai timbal balik, anda harus membagi komisi kepada situs marketplace tersebut utk setiap pekerjaan yang anda lakukan, dengan besaran komisi sesuai ketentuan masing-masing situs marketplace. Beberapa situs marketplace diantaranya Fiverr.com, elance.com, sribulancer.com & masih banyak lainnya. Selengkapnya silahkan baca 20 tempat kerja online terpercaya.

Tingkat kesulitan :
30 %

Kelebihan:
  • Bekerja sesuai minat, keahlian & hobi. Jadi pekerjaan akan terasa mudah & enjoy hingga selesai.
  • Dapat menyeleksi permintaan jasa mana saja yg ingin dikerjakan, menerima dan menolak kapanpun ketika sedang sibuk atau luang.
  • Peluang bisnis ini masih sangat terbuka. Jarang orang yg memiliki keahlian sama seperti yang anda miliki, meski banyak pun, namun belum tentu mereka memilih pekerjaan ini.
Kekurangan:
  • Harus memiliki keahlian tertentu yg dibutuhkan orang lain. Jika belum memilikinya, maka silahkan pelajari dan terapkan sendiri terlebih dahulu. Bila percobaan sukses, baru anda dapat menawarkan jasa kepada orang lain.
  • Pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu. Jika klien lebih dari 1 orang, maka anda harus pandai mengatur waktu agar pekerjaan tak terbengkalai & selesai tepat waktu.
Prospek:
  • Penghasilan tergantung dari keahlian dan banyaknya pekerjaan yg sanggup diterima.

Kesimpulan
Ada 6 cara mendapatkan uang dari internet dalam artikel ini, silahkan pelajari satu-persatu dan tentukan model bisnis online mana yg ingin anda geluti sesuai minat & kemampuan. Dari kelima tips mendapatkan uang dari internet diatas, jika anda ingin mulus dalam menjalankan bisnis online maka saran saya bangunlah sebuah blog / website sesuai dengan minat, agar dalam menjalankan pekerjaan tidak terasa jenuh dan gugur ditengah perjalanan.

Demikian artikel cara mendapatkan uang dari internet ini. Semoga dapat membantu menemukan solusi alternatif dalam mencari pekerjaan online pilihan anda. Terima kasih

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

artikel terkait lainnya

22 komentar

  1. lengkap sekali,tapi yang paling mudah untuk pemula adalah PPC,yang susahnya hanya membuat blog kita banyak pengunjung,salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. PPC memang jadi tantangan tersendiri buat kita, tapi traffic akan datang seiring kualitas konten kita.
      salam kenal mas rip :)

      Delete
    2. salam kenal kembali :D

      Delete
  2. main PPC saya kurang menghasilkan mas, hasilnya tak seberapa mengingat trafik blog saya yang cuma dikit, main affilkiate juga kurang cocok, saya buka jasa saja mas, jasa review, jasa pasang iklan, dan jasa blogpost / content placement. Alhamdulillah penghasilannya meski dengan tarfik blog yang dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas rizky, mendatangkan traffic berlimpah memang susah susah gampang, tapi dari adsense lumayanlah buat menambah uang jajan.
      sukses ya buat blog nya, semoga review laris terus :)

      Delete
  3. numpang nanya gan, kalo kita sudah punya akun adsense you tube dan kita mau daftarkan blog kita apa prosesnya sama..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun Google adsense yang didataftarkan di youtube, sejak awal 2015 kini sudah tidak bisa di kolaborasikan lagi dengan blog. Jadi akun adsense youtube hanya untuk youtube saja.
      Nah kalau kasus mas ada 2 cara solusinya, pertama ajukan permohonan review ke-2 untuk iklan konten pada blog, atau cara kedua dengan mendaftar akun adsense lagi khusus untuk blog.

      Delete
  4. Kalau bagi saya asalkan punya blog rame apapun bisa jadi uang mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat kang :D
      sayang blog-blog saya masih sepi -_-, tidak seperti blog kangjum yang sudah ramai pengunjung

      Delete
  5. tentunya menjadi publisher itu dambaan ya mbak, tapi kalau bisa hasil kliknya itu lho yang diusahakan lumayan besar :D

    ReplyDelete
  6. Numpang share :D

    Jika anda ingin mendapatkan dollar gratis secara mudah dengna aplikasi android
    1. Download aplikasi Whaff di playstore dengan smartphone kesayangan anda
    2. Install dan buka aplikasi tersebut
    3. Login dengan menggunakan akun facebook
    4. Masukkan kode invitation berikut AO33683 untuk mendapatkan $0.30
    5. Download dan mainkan aplikasi yang tersedia untuk mendapatkan dollar secara gratis
    6. Kumpulkan hingga saldo mencukupi untuk dicairkan
    7. Terdapat banyak cara untuk mencairkan

    ReplyDelete
  7. lengkap banget ya informasinya, segala jenis bisnis online bagi pemula tercover di dalam 1 artikel ini.

    ReplyDelete
  8. mimin pilih yang mana nih?
    Google adsense susah min, status adsense NEW , IDLE itu gimana ya?
    butuh pencerahan dari mastah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya sudah saya coba mas, tapi hanya nomor 5 rasanya yang berat untuk saya jalani..
      status IDLE itu berarti akun GA sedang menjalani review ke-2, yakni pihak GA akan mengunjungi langsung blog / website mas dan menilai apakah blog / website mengikuti kebijakan GA atau tidak. Jika layak akun akan diapproved dan jika tidak akun akan ditolak, biasanya butuh waktu 2 minggu atau bahkan pada kasus tertentu bisa sampai 3 bulan lamanya untuk menerima surat cinta dari Google

      Delete
  9. keren, mudah2 an cepet nambah pengunjungnya, komennya aja udh bnyak, punyaku mlah gk ada,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap semangat mas.. keep blogging !

      Delete
  10. makasih atas informasinya.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. saya baru coba ngeblog masih banyak kekurangan
    Thanks

    ReplyDelete
  12. makasih gan infonya dan salam sukes

    ReplyDelete
  13. Mantap, banyak banget bisnis online yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Saya paling kuat cuma ngejelasin tiga doang.... Nih artikel yang dibuat saya : http://strategiim.com/uang-dari-internet/
    Sekalian buat nambah-nambah penjelasan :D

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *