follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Panduan Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Google Adsense

Apa benar dengan blog kita bisa menghasilkan uang? Yaps, memang sangat benar bisa. Saya sendiri sudah membuktikan dengan menghasilkan uang dari dari blog dengan Google Adsense. Beberapa blog yg saya miliki, saya monetize menggunakan Google Adsense sebagai sumber penghasilan setiap bulannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Google Adsense sebenarnya sudah lama dan banyak dilakukan oleh para blogger, termasuk para blogger di Indonesia. Mereka yang mencari uang di internet dari kegiatan blogging dengan memasangkan iklan Google Adsense disebut publisher.
Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Google Adsense

Apa itu Google Adsense?

Google adsense adalah program periklanan milik Google yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang oleh para pemilik blog atau publisher. Setelah pendaftaran blog diterima, selanjutnya publisher hanya perlu memasangkan kode iklan ke blog, lalu uang akan dihasilkan setiap pengunjung mengklik iklan tersebut. Hal ini disebut PPC (Paid Per Click).

Menjadi publisher Adsense merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang paling menjanjikan sampai saat ini. Menjadi publisher Google adsense sangatlah menjanjikan penghasilan yang lumayan untuk anda, bahkan sudah banyak publisher adsense asal Indonesia yang bisa mendapatkan penghasilan fantastis tiap bulannya, hingga melebihi gaji pegawai kantoran. 

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog dengan Google Adsense? Berikut ini tips cara untuk mendapatkan uang dari blog dengan Google Adsense.

Cara Mendapatkan Uang Dengan Google Adsense

1. Membuat Blog

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mendapatkan uang dari goole adsense tentunya ialah membuat sebuah blog. Apabila anda masih pemula dalam kegiatan blogging, maka saran saya gunakanlah blogger.com untuk membuat blog, karena pengelolaan blog sangat mudah dan gratis digunakan. Dan jika blog sudah memiliki cukup pengunjung, maka anda bisa mencoba menggunakan custom domain TLD. Supaya pengunjung mudah mengingat blog anda.

Nantinya jika anda mau mencoba yang lebih profesional, maka gunakanlah WordPress untuk membuat blog self hosted / website. Namun disini anda perlu memerlukan uang lebih banyak untuk membayar domain dan hosting. Hosting disini berguna untuk menyimpan data atau file website anda, layaknya rumah bagi website anda.


2. Menentukan Niche Blog

Niche adalah topik umum yang dibahas dalam keseluruhan postingan blog. Setelah membuat blog hal yang perlu anda lakukan yakni memilih niche untuk blog anda. Kenapa harus menentukan niche blog? Bagi saya dengan membatasi pembahasan dalam sebuah blog akan lebih mempermudah masa membangun blog tersebut ketimbang membangun blog gado-gado (general niche).

Manfaat membangun blog niche sangat banyak, salah satunya untuk pengunjung yakni memudahkan pengunjung mengidentifikasi isi blog kita, sehingga traffic lebih mudah didapat. Selain itu untuk algoritma search engine sangat menyukai blog yang memiliki niche, sehingga kemungkinan menempati halaman pertama mesin pencari lebih besar dan potensi mendapatkan traffic organic lebih banyak.

Dalam menentukan niche untuk blog yang ingin dimonetize google adsense, sebaiknya pilihlah kata kunci yang banyak dicari dan tidak terlalu sulit kompetisinya di mesin pencari. Selain itu pertimbangkan juga CPC (cost per click) atau biaya per klik untuk kata kunci tersebut. Untuk mengetahui seberapa besar persaingan sebuah kata kunci di Google serta CPC-nya, maka anda bisa menggunakan Adwords keyword planner.


3. Membangun Blog

Setelah membuat sebuah blog dan menenentukan niche-nya maka selanjutnya yg perlu anda lakukan yakni membangun blog tersebut. Jika membuat blog merupakan hal mudah, membangun blog bagi saya merupakan hal yang susah-susah gampang, karena membangun blog merupakan tahapan anti klimaks untuk dapat memiliki penghasilan dari blog. Sebab terkadang kita akan menemukan perasaan jenuh dan bosan

Bangun blog dengan cara membuat desain blog semenarik mungkin. Lalu buatlah konten artikel original yang berkualitas. Konten berkualitas disini maksudnya yakni membuat artikel dengan menggunakan riset keyword. Namun jika seandainya anda ingin menyalin artikel dari blog lain, maka tulis ulanglah dengan gaya bahasa sendiri, jangan langsung copy paste agar blog tidak dibanned dari search engine.

Untuk diketahui bahwa semakin banyak artikel di blog, maka akan semakin banyak pengunjung yang datang. Jika pengunjung sudah banyak, maka kesempatan untuk mendapatkan klik iklan dan mendapatkan uang dari google adsense di blog kita semakin besar.


4. Mendapatkan Traffic

Setelah membangun blog maka usahakan untuk mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin, karena traffic yang ramai merupakan tujuan utama monetize blog. Dan dari pengunjung tersebutlah nantinya kita baru bisa menghasilkan uang dari google adsense. 

Search engine seperti Google penelusuran merupakan potensi mendapatkan pengunjung paling besar atau traffic organic. Nah untuk mendapatkan traffic organic maka anda perlu mengoptimasi blog dengan SEO (Search Engine Optimazion). Ada 2 macam teknik SEO, yakni SEO Onpage dan SEO Offpage. Untuk menerapkan seo onpage anda perlu mengoptimasi struktur blog sebaik mungkin, mulai dari pemilihan template atau theme, melakukan riset keyword, membuat artikel yang seo friendly, dll. 

Dan untuk menerapkan teknik SEO Offpage lebih sulit dan butuh waktu untuk mengoptimasinya, yakni menanamkan backlink yang berkualitas dari blog yang relevan dan memiliki peringkat baik. Dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel ke social media seperti facebook dan twitter untuk mendapatkan pengunjung.


5. Mendaftar Google Adsense

Nah ini merupakan tahap terakhir dimana tinggal selangkah lagi anda akan mendapatkan uang dari blog dengan google adsense. Jika ingin memasang iklan google adsense di blog maka tentunya kita harus mendaftar terlebih dahulu hingga diterima, 

Pada langkah ini lumayan sulit dan tak sedikit blogger yang gagal saat mendaftar google adsense. Untuk diketahui untuk mendaftar google adsense, pihak Google adsense akan melakukan review secara langsung blog kita untuk melihat apakah blog kita sudah layak menjadi publisher atau belum. Untuk diterima pendaftaran google adsense, maka blog harus memenuhi kebijakan google adsense. 

Jika pendaftaran berhasil diterima maka tugas selanjutnya yakni memasang iklan google adsense di blog kita. 
Nantinya uang akan dihasilkan jika pengunjung mengklik iklan dari Google Adsense, dengan besaran biaya perklik sudah ditentukan oleh pihak Google.

Nah pada masa ini, jangan melanggar ketentuan yang diberikan Google Adsense, seperti mengklik iklan sendiri. Karena hal ini tidak diperbolehkan dan apabila ketahuan maka akun GA anda akan dibanned dan tidak bisa digunakan lagi. Jadi, kita tidak boleh curang. 

Nah jika anda telah memenuhi semua langkah-langkah diatas, maka yang perlu anda lakukan ialah tinggal menulis dan memperbanyak konten blog. Agar traffic semakin banyak dan kemungkinan klik iklan menjadi semakin besar. 

Dan jika akun anda telah menghasilkan cukup banyak dollar, maka anda bisa payout dan menghasilkan uang dari blog dengan Google Adsense setiap bulannya . 

Panduan Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Google Adsense

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *