follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Peluang Bisnis Menjadi Editor Freelance

Peluang Usaha Editor Freelance - Dengan semakin tingginya minat membaca masyarakat, maka semakin banyak pula penerbit yang bermunculan. Namun anda tentu mengetahui bahwa tidak semua penerbit adalah perusahaan besar, yang berarti tenaga outsourcing lebih dibutuhkan ketimbang karyawan tetap yang dapat membutuhkan biaya tetap setiap bulannya. Disinilah peluang bisnis yang perlu anda manfaatkan, yaitu menjadi editor freelance.

Konsumen Editor Freelance

Konsumen target anda adalah penerbit buku baik fiksi maupun nonfiksi. Untuk memulai bisnis ini, anda terlebih dahulu harus memiliki kemampuan untuk melakukan editing baik membetulkan naskah yang salah-ketik, salah-eja atau kesalahan data.

Kemudian anda bisa mengajukan penawaran kerjasama sebagai tenaga outsourcing kepada pihak penerbit, dimana dalam hal ini adalah pimpinan penerbit atau kepala editor.

Biasanya, pihak penerbit terkait akan memberikan satu naskah dulu sebagai uji coba kemampuan anda dalam mengedit naskah. Kalau memang naskah yg telah kamu edit dirasa layak cetak oleh pihak penerbit, maka beberapa naskah mungkin akan diberikan lagi kepada kamu. 

Kendala Bisnis Editor Freelance

Hambatan dalam bisnis ini yaitu ketidakpercayaan penerbit terhadap kemampuan kita. Sedangkan kunci keberhasilan bisnis ini terletak pada kemampuan kita dalam mengedit secara baik dan benar dan juga faktor kecepatan kerja tanpa kesalahan.

Estimasi biaya Bisnis Editor Freelance

Berikut ini estimasi sederhana untuk memulai peluang bisnis editor freelance :

MODAL AWAL
PC / laptop dan printer : Rp 5 juta
Kamus & referensi : Rp 300 ribu
TOTAL : Rp 3,5 juta

BIAYA OPERASIONAL
Transportasi & komunikasi : Rp 200 ribu

Pendapatan per bulan (untuk 4 judul) : Rp 2 juta
LABA PERBULAN : Rp 1,8 juta
Masa kembali modal (BEP) = Modal awal : Laba per bulan = 3 bulan

Peluang Bisnis Menjadi Editor Freelance

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *