follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website

Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website

Semakin majunya teknologi mutakhir belakangan ini, membuat layanan pembuatan website terus bermunculan. Target pasar yang membutuhkan jasa pembuatan website yaki perusahaan atau instansi yang ingin mempromosikan produknya. Terkadang banyak juga ada perorangan yang menggunakan layanan pembuatan website ini.

Selain calon konsumen tersebut, konsumen targetnya diantaranya organisasi, public figure, tokoh masyarakat dan instansi pemerintah dan non-pemerintah. 

Namun sebelumnya anda harus memiliki kemampuan desain yang sangat baik untuk memulai bisnis ini.Sealin itu untuk memaksimalkan kinerja agar efesien, maka anda harus memiliki perangkat komputer dengan spesifikasi yang cukup dan setidaknya seorang karyawan yang mengoperasikan.

Jika tempat dan peralatan yang diperlukan telah tersedia, maka silahkan segera tawarkan jasa melalui iklan dan mengajukan proposal kepada beberapa instansi atau perusahaan yang ada di lingkungan dan kota-kota sekitar.

Oh ya anda harus punya website yang sangat menarik terlebih dulu sebelum menawarkan jasa. Hal ini bertujuan supaya calon pelanggan tertarik. Contoh penawaran jasa yang bisa kita tawarkan diantaranya adalah sistem putus (hanya mengerjakan website sampai jadi) dan sistem kontrak (pembuatan dan pengelolaan website jadi tanggung jawab anda).

Untuk satu proyek skala kecil yang anda kerjakan, anda bisa mematok biaya Rp 2,5 juta sampai Rp 15 juta. Sedang untuk skala besar, tarifnya dapat mencapai Rp 30 juta. Tarif ini disesuaikan dengan desain situs dan kapasitas data yang mampu disimpan. 

Penting untuk diantisipasi yakni serangan hacker yang bisa mengganggu bahkan menghancurkan website. Maka saran saya carilah seorang atau lebih karyawan yang benar-benar ahli dalam mencegah ancaman ini. Sedangkan kesuksesan bisnis ini ditentukan oleh mutu hasil website buatan anda.

Oh ya sebaiknya sebarkan proposal ke banyak instansi segencar mungkin, sebab strategi marketing juga merupakan faktor penentu kesuksesan bisnis ini.

Berikut ini estimasi biaya sederhana yang dibutuhkan untuk membuat usaha jasa pembuatan website.

Modal Awal
Komputer, printer dan scanner seharga : Rp 20 juta

Biaya operasional (bulanan)
Internet seharga = Rp 350 ribu
Listrik seharga = Rp 300 ribu
Transportasi dan telepon seharga = Rp 500 ribu
Karyawan ahli 2 orang = Rp 2 juta
Total = Rp 3.150.000,-

Omzet (perbulan)
2-3 proyek per bulan = Rp 10 juta
Laba = Rp 6.850.000

Masa kembali modal berarti membutuhkan waktu 3 bulan (Modal awal : laba per bulan)

Sumber : Dr. Michael Chan & Jeremy Ong, MBA. 2009. 121 Peluang Bisnis Terpopuler. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher

Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website

di 17 August, 2015 - 14:23 dengan 3 komentar

artikel terkait lainnya

3 komentar

  1. Mahal juga ya buat usaha pembuatan website

    ReplyDelete
  2. wah lumayan besar juga mas modalnya, tapi sebenarnya bisa kok diminimalisir, kalau punya keahlian, tapi kalau gak punya keahlian sendiri namun tetap ingin mendirikan jasa webdesain, modal segitu mungkin sudah cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. postingan ini bersumber dari buku terbitan tahun 2009 mas, yang target pembacanya untuk pebisnis pemula yang belum bisa apa2, jadi estimasi biayanya agak besar, tadi saya habis baca langsung tertarik buat artikelnya :D

      Delete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *