follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

5 Tips Memilih Web Hosting Terbaik

5 Tips Memilih Web Hosting yang Baik


Apa itu web hosting ?

Web hosting adalah layanan menyimpan data dan file yang ada dalam website, baik berupa artikel, gambar, video, script, aplikasi dan file lainnya. Layanan web hosting ini biasanya digunakan dengan jangka sewa perbulan atau pertahun.

Semakin banyaknya pemintaan terhadap web hosting membuat banyak para internet marketer bermunculan memanfaatkannya menjadi potensi bisnis yang menguntungkan. Bisnis layanan hosting ini terus tumbuh dan semakin meningkat jumlahnya sehingga telah menciptakan persaingan yang ketat. Bahkan ada banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan promo guna menarik pelanggan, seperti diskon, dsb.

Dikarenakan semakin banyaknya penyedia hosting yang terus bermunculan dgn berbagai macam penawaran ini tentu membuat kita sebagai pemilik website harus lebih berhati-hati dan teliti dalam memilih jasa layanan hosting. Hal ini menjadi sangat penting bagi kita, sebab pengaruh hosting terhadap performa website kita itu sangat besar.

Apabila kita salah dalam memilih penyedia hosting, bukanlah keuntungan yang kita dapat, melainkan kerugian bagi kita, dimana website akan mengalami penurunan performa yang berakibat buruk bagi pengembangan website.

Agar terhindar dari kejadian tersebut, maka Anda harus mengetahui trik ketika memilih jasa penyedia web hosting yg baik dan reccomended. Berikut ini 5 tips untuk memilih penyedia jasa web hosting terbaik yang bisa anda terapkan.

Tips Memilih Web Hosting

1. Pilih harga yang wajar

Tips pertama yakni cari penyedia hosting yg menawarkan harga wajar. Wajar disini yaitu tidak berlebihan dan masuk akal. Sebab kini banyak penyedia jasa web hosting yg menawarkan layanan ini dgn harga promo tidak wajar & tidak masuk akal.

Telitilah dan jangan terbuai dengan promo dan biaya murah yang ditawarkan oleh beberapa penyedia hosting. Bisa jadi promo murah tersebut malah menjadikan performa website lebih buruk dan merugikan.

Untuk menghindarinya, silahkan cari beberapa penyedia layanan hosting dan bandingkan harganya. Harga yang wajar yakni tidak jauh dari rata-rata harga penyedia layanan hosting lainnya.

2. Cari tahu siapa saja pelanggannya dan track record nya

Untuk memastikan kualitas hosting pada sebuah penyedia, maka cari tahu para pelanggan yang telah menggunakan jasa mereka. Lihat apakah pernah atau banyak terjadi keluhan pelanggan atau tidak, pilihlah penyedia yg memiliki track record baik.

Track record yg dimaksud bukanlah kolom testimoni pada website penyedia, melainkan testimoni yang anda cari sendiri di web / blog lain, forum atau teman sesama blogger anda.

3. Customer service yang responsif

CS yg cepat tanggap merupakan faktor penting dalam memilih hosting. Layanan konsumen penyedia web hosting sangat berguna apabila permasalahan website terkait hosting terjadi pada kita.

Untuk mengantisipasi masalahnya, maka kita harus memilih penyedia hosting yang mempunyai customer support yang bisa diandalkan. Pilihlah yang menyediakan CS dengan dukungan telepon, email dan chat online. 

4. Ketahui total penyimpanan data dan bandwidth 

Amati total penyimpanan data & bandwidth yang tersedia. Sebab hosting merupakan media penyimpanan data yg punya kapasitas tertentu.

Coba sesuaikan total penyimpanan data dan bandwidth yg diberikan penyedia layanan dgn keperluan website anda. Ini menjadi sangat penting, sebab penyimpanan data dan bandwidth yang sangat berpengaruh terhadap kinerja website.

5. Ketahui dukungan script yang tersedia

Terakhir, ketahui dukungan script yang disediakan penyedia jasa hosting. Sebagai contoh kasus, misal kita menggunakan CMS platform WordPress, maka kita harus memilih penyedia hosting yg support terhadap script WordPress.

Banyak penyedia hosting yang menawarkan built-in paket script dengan maksud memberikan kemudahan pada saat instalasi website Namun sayangnya, ada juga mereka yg membatasi jumlah database SQL yang bisa dibuat. 

Demikian artikel mengenai 5 Tips Memilih Hosting yang baik. Dengan memilih web hosting yang baik maka kita bisa membuat website bekerja optimal.

5 Tips Memilih Web Hosting Terbaik

di 21 August, 2015 - 23:03 dengan 1 komentar

artikel terkait lainnya

1 komentar

  1. Hehe suka bgt ama tips no 1 nya, pilih harga yang wajar. Karena pikir aja sebuah perusahaan bisa beri harga ga wajar dari mana untungnya sedangkan mereka nantinya akan berikan pelayanan hehe.

    Btw boleh mampir juga ke tempat kita di Hostingan ID - https://www.hostingan.id/ kita jual hosting dgn harga yang wajar dan support yg oke.

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *