follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

Mendatangkan banyak pengunjung dan mendapatkan traffic tinggi merupakan keinginan banyak pemilik website, baik itu website bisnis, toko online, e-commerce, hingga blog personal. Sebab melalui  traffic tinggi sebuah e-commerce akan memperbesar kemungkinan terjadinya konversi pembelian produk. Sedangkan pada contoh kasus blog, traffic tinggi akan semakin meningkatkan potensi klik (CPC) pada bisnis PPC nya.

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog
Bagi para blogger atau internet marketer, mendatangkan traffic tinggi adalah hal utama dari tujuan membangun blog. Banyak cara yang bisa kita upayakan untuk meningkatkan traffic. Beberapa diantaranya bisa dilakukan secara gratis, tapi ada juga sumber trafik yg memerlukan biaya. Lalu strategi seperti apa yang paling cocok untuk website Anda? Strategi meningkatkan traffic secara gratis atau berbayar ?

Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara meningkatkan traffic website, baik cara gratis maupun berbayar. Meski ada banyak cara meningkatkan trafik, tapi belum tentu semua cara tersebut bisa cocok dengan jenis blog Anda. Anda harus mempertimbangkan sumber trafik yang tepat agar bisa menerima hasil yg maksimal.

Meningkatkan Traffic Blog Secara Gratis

Seperti pembahasan saya sebelumnya, Anda bisa meningkatkan trafik secara gratis. Tapi dibutuhkan kerja ekstra dan efektif agar mendapatkan traffic sesuai harapan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan traffic blog secara gratis :

Cara meningkatkan traffic dengan blog walking

Blog walking adalah aktivitas mengunjungi blog orang lain sambil meninggalkan komentar. Ada banyak blog relevan yang menyediakan kolom komentar yg bisa dimanfaatkan untuk meninggalkan URL blog kita, inilah peluang yg harus dimanfaatkan.

Namun jangan meninggalkan komentar SPAM, sebab sama seperti halnya ketika anda menerima spam pasti anda pun akan merasa jengkel dan cenderung mengabaikan komentar tersebut. Sebaiknya baca artikelnya dulu sebelum memberikan komentar supaya komentar yang anda berikan relevan.

Dengan mengirim komentar sambil meninggalkan link URL blog di kolom komentar, maka Anda akan mendapatkan backlink. Selain itu, pengunjung lain juga bisa saja mengunjungi blog Anda ketika mereka tertarik melihat komentar anda. Nah, dari proses blog walking inilah trafik bisa didapatkan, tapi memang dibutuhkan kerja ekstra untuk memberikan komentar di banyak situs.

Meningkatkan traffic dengan mensubmit postingan ke situs social bookmarking

Situs social bookmarking pada awalnya dibuat untuk membantu pengguna internet menyimpan beberapa alamat website favoritnya, sehingga akan memudahkan pengguna ketika ingin mengakses website tersebut. Namun pada perkembangannya, kini situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO Offpage. Sebab dari Social bookmarking kita bisa mendatangkan backlink dan traffic langsung (redirect).

Kita dapat men-submit blog atau postingan artikel ke beberapa situs social bookmarking sekaligus, dengan harapan pengguna lain akan tertarik dan mengunjunginya. Selain itu, website social bookmarking juga ramah terhadap mesin pencari. Jadi, besar kemungkinan trafik akan datang dari situs social bookmarking.

Meningkatkan traffic melalui promosi di social media

Pertumbuhan pengguna media sosial mengalami peningkatan signifikan. Perkembangan smartphone juga begitu pesat. Nah, kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun social media. Nah, inilah potensi trafik.

Social media bagai ladang dalam upaya meningkatkan traffic blog. Trafik siap di panen setelah kita men-share postingan artikel di social media. Itulah sebabnya mengapa banyak pebisnis online sukses meningkatkan profit setelah mereka mempromosikan bisnisnya di social media. 

Beberapa media sosial yang biasa digunakan untuk mendatangkan trafik diantaranya yaitu Facebook, Google plus, Twitter dan YouTube. 

Meningkatkan traffic melalui situs forum

Website forum diskusi biasa digunakan oleh para blogger untuk mendatangkan trafik. Sama seperti social media, situs forum merupakan potensi trafik yg tinggi. Ada banyak forum dengan berbagai topik pembahasan dan kita harus mencari forum yang relevan. Kalau sudah menemukan forum yg sesuai, maka beradaptasilah dengan forum tersebut. 

Ada banyak situs forum yang mengijinkan membernya menanam link di thread atau pada signature. Ini merupakan peluang untuk mendapatkan traffic, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Berikan artikel sesuai kebutuhkan para member disana.

Hal penting yg harus kita lakukan yakni menjaga nama baik di forum tersebut, bacalah rules forum tersebut sebelum bertindak. Jangan melakukan spam atau membuat thread sampah. Manfaatkan link signature dan thread dengan wajar, jangan melanggar aturan.

Beberapa forum yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan trafik & backlink diantaranya yaitu kaskus.co.id, bersosial.com, forum.kompas.com dan forum.detik.com. 

Meningkatkan traffic dengan menjadi penulis tamu di blog orang lain

Ada banyak blog yg memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengirimkan artikel dan mengizinkannya menanam link di artikel tersebut. Tentunya artikel harus sesuai dengan kriteria yg telah ditentukan. 

Kita dapat menanamkan link menuju blog kita di bagian author, atau bahkan menanam link didalam artikel jika diperbolehkan. Selain memberikan backlink, referal trafik yang berasal dari halaman tersebut juga tentu cukup banyak, apalagi bila blog tersebut memiliki banyak pembaca setia seperti subscriber.

Sebetulnya masih banyak cara meningkatkan traffic blog secara gratis lainnya. Tapi saya rasa 5 cara yg disebutkan diatas sudah dirasa cukup dan akan memberikan efek sangat besar bila kita mampu mengoptimalkannya. 

Meningkatkan Trafik Website Secara Berbayar

Jika cara gratis diatas dirasa terlalu lama dan melelahkan, ditambah anda memiliki uang lebih untuk mempromosikan blog anda, maka cara meningkatkan traffic secara berbayar mungkin cocok untuk Anda terapkan.

Berpromosi dengan cara berbayar tentu memiliki keunggulan dibanding dengan cara gratis, mulai dari efektivitas waktu dan tenaga. Namun kita harus rela merogoh kantong lebih dalam untuk melakukan promosi berbayar. Berikut ini beberapa cara meningkatkan traffic blog secara berbayar:

Meningkatkan pengunjung blog melalui Facebook Ads

Facebook adalah social media yang paling efektif untuk melakukan promosi bisnis, sebab konversi iklan disini telah terbukti sangat baik. Program periklanan ini bernama Facebook Ads, disini kita dapat menentukan target audiens sesuai dengan kategori yg dibutuhkan, inilah yg sangat mempengaruhi efektivitas promosi via facebook.

Untuk memasang iklan di Facebook Ads itu sangat mudah. Disini kita bisa mengatur biaya sebuah klik iklan sesuai dengan kemampuan.

Meningkatkan pengunjung website dengan memasang iklan di Google Adwords

Google Adwords adalah perusahaan penyelenggara program periklanan PPC milik google yang paling populer. Perusahaan ini mempunyai jaringan pengiklan (advertiser) dan publisher terbanyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Keunggulan Google Adwords yakni dapat memunculkan iklan relevan di situs publisher.

Layanan Google Adwords akan memberikan dampak positif bagi bisnis online. Nah, jika Anda ingin mendapatkan trafik potensial menuju situs Anda, maka tidak ada salahnya mencoba Google Adwords.

Meningkatkan pengunjung blog lewat situs iklan baris

Cara berbayar yg terakhir, yakni dengan memanfaatkan situs iklan baris. Sebenarnya ada banyak situs iklan baris gratis, tapi saya lebih merekomendasikan yang berbayar karena biasanya hasilnya jauh lebih maksimal.


Penutup

Tidak perlu melakukan semua strategi internet marketing diatas secara bersamaan untuk mendapatkan traffic. Yang terpenting kita harus memahami passion blog sendiri lebih dulu, agar kita bisa mengetahui strategi mana yang paling efektif untuk meningkatkan trafik pengunjung blog / website kesayangan kita. 

Dalam bisnis online, uang belum tentu bisa menentukan hasil. Tidak harus cara berbayar untuk mendapatkan hasil yang paling optimal. Tidak menutup kemungkinan bahwa cara gratis bisa menjadi lebih efektif jika diterapkan dengan benar. 

Dan yang terpenting promosi hanyalah pelengkap pada bagian pemasaran. Dalam dunia bisnis kualitas produk adalah yang utama, begitu juga dengan blog / website. Kualitas konten yang kita produksi adalah hal utama dalam upaya meningkatkan traffic blog / website.

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

di 19 September, 2015 - 01:04 dengan 12 komentar

artikel terkait lainnya

12 komentar

  1. Terima kasih buat artikelnya, cukup bermanfaat bagi saya yang baru merintis website saya...Salam dari erress.com

    ReplyDelete
  2. kalau saya paling sering dengan cara clasik yaitu blogwalking, di sosmed cuma di beberapa fanpage saya jarang saya nyebar di grub facebook, dan juga jadi guest post, kenapa guest post, selain bagus untuk ningkatin trafik, bisa di kenal juga bagus di google, kenapa bagus di google, semakin banyak yang rekomendasikan semakin bagus pula di serp, kata guru saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kalau saya jarang blogwalking mas, kalau menjadi guest post baru-baru ini memulainya.. tapi meski baru mulai langsung terasa efeknya pada blog ini. Terutama setelah menjadi penulis tamu di blog mas rizkyzone :)
      Kalau berkenan kenalin gurunya mas rizky juga dong ke saya :D

      Delete
  3. Thanks, artikel yang Sangat membantu...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih gan. Artikelnya sangat membantu dan bermanfaat.

    Mampir gan ke blog ane http://kiospulsaku.com

    ReplyDelete
  5. Makasih info agan, sangat bermanfaat. Silakan kunjungi blog saya http://goo.gl/wMpJ2F

    ReplyDelete
  6. Salam Sukses bos , terimakasih atas Tips - Tips nya, sangat bagus dan harus di coba ni.

    == Mohon Solusi ===
    pak bos terkadang saya bingung, ada yang bilang untuk mencari visitor harus berkomentar yang baik dengan menyertakan Link,
    dan diskusi,dan ada juga yang bilang lebih bagus pakai aplikasi,pertanyaan saya....?

    1.Perbedaan Mencari Backlink Dengan komentar Dll
    Dengan perbedaan mencari Backlink Menggunakan Aplikasi Itu dengan tingkat keamanannya bagus yang mana,
    2.dan untuk efeknya bagus yang mana ,
    3.dan satu lagi bos backlink yang berkualitas itu sepertiapa, dan kapan backlink menunjukan Kinerjanya

    ( maaf ya pak bos, soalnya agax bingung ,dan saya masih pemula terimakasih.salam sukses.)

    By.Google Apk Center

    DITUNGGU BALESANNYA DISINI PAK BOS

    ReplyDelete
  7. sub sub judulnya warna ukurannya terlalu kecil mas.. jadi kurang fokus bacanya... :)

    ReplyDelete
  8. Bermanfaat sekali mas infonya..
    Ijin praktek supaya situs ikut ramai seperti mas.

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *