follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

10 Tips Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Internet marketing adalah metode pemasaran produk barang atau jasa dengan memanfaatkan internet. Mereka yang bekerja pada passion ini disebut internet marketer.

Untuk diketahui bersama bahwa untuk menjadi seorang internet marketer bukanlah hal sulit. Tapi untuk menjadi seorang internet marketer sukses itu bisa dibilang sulit, tergantung sejauh mana keyakinan dan usaha anda.

Namun untuk belajar internet marketing sekarang ini bukanlah hal sulit, sebab kini teknologi telah berkembang sangat pesat. Kini semua kalangan dapat memanfaatkan internet dengan sangat mudah, segala usia, segala gender, berbagai latar belakang profesi kini bisa menyambi menjadi internet marketer .

Kini internet memang tak mengenal batas. Kemudahan mengakses dunia maya membuat pekerjaan internet marketing bisa dilakukan siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Untuk memasarkan produk di dunia maya pun hanya memerlukan biaya murah, kita tidak perlu mengeluarkan modal besar layaknya seperti untuk berbisnis di dunia nyata. Kita tidak memerlukan biaya sewa toko fisik, karyawan yang banyak, biaya listrik, dsb. Sebab pada bisnis internet bagi pemula hanya membutuhkan sebuah komputer yang terkoneksi internet.

Meski internet bisa menjadi media pemasaran dengan modal kecil alias murah meriah, namun untuk menjadi internet marketer sukses itu tidak mudah. 

Karena faktanya pada metode bisnis di internet kita dituntut untuk mau belajar dan bekerja cerdas. Sebab kita memerlukan berbagai informasi untuk dijadikan landasan referensi dalam berbisnis di internet. Karena salah-salah, alih-alih bukannya penghasilan dari internet yang kita dapat, tapi melainkan waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia karena salah menerapkan ilmu internet marketing tanpa mendapatkan penghasilan dari internet.

Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Belajar Internet Marketing

Jika anda baru dalam dunia internet marketing, maka siapkan terlebih dahulu beberapa senjata internet marketing yang wajib anda penuhi dalam memulai bisnis di internet. Diantaranya yaitu :

1. E-mail

Email adalah senjata utama seorang internet marketer. Email adalah media komunikasi utama internet marketer, maka email wajib anda miliki. Jika perlu buatlah lebih dari satu email, sesuaikan dengan keperluan bisnis internet marketing anda.

Melalui email, kita bisa melakukan promosi gratis dan masih banyak hal penting lainnya yang berhubungan dengan keberlangsungan bisnis, hal ini disebut email marketing. Email marketing adalah pesan email yang dikirimkan kepada orang lain untuk kepentingan bisnis.

2. Social media 

Social media adalah hal wajib berikutnya yang harus dimiliki. Social media digunakan oleh para internet marketer untuk menambah daya jangkau produk terhadap pasar yang lebih luas.

Didalam social media, kita bisa menemukan seluruh pengguna dengan berbagai minat kertetarikan, disanalah kita bisa melihat peluang pasar potensial. Hal ini biasa disebut social media marketing.

Saat ini social media yang paling potensial untuk mengembangkan bisnis di internet yakni facebook, google plus dan instagram. Beberapa media sosial lain juga potensial, tinggal bagaimana anda cocokkan keperluan pemasaran bisnis dengan social media.

3. Website atau blog

Website atau blog merupakan keperluan sekunder bagi banyak orang, namun hal lain bagi internet marketer sebab kita wajib memilikinya untuk mendukung bisnis di internet. 

Website atau blog bisa diibaratkan toko  virtual bagi internet marketer. Jika pada bisnis di dunia nyata kebanyakan calon pelanggan baru akan melakukan pembelian setelah mendatangi toko fisik, pada bisnis di internet mereka baru akan melakukan kontak / hubungan setelah mengunjungi website / blog bisnis kita.

Maka buatlah sebuah blog / website semenarik mungkin. Jika toko fisik berhubungan dengan lokasi toko yang strategis, maka bagi website / blog sangat berhubungan dengan search engine atau mesin pencari. Dan untuk menunjang penjualan maksimal maka upayakan untuk mengoptimasi website /blog kita dengan Search Engine Optimazion (SEO).

Setelah anda telah memenuhi 3 senjata utama para internet marketer seperti diatas, maka barulah anda dapat bersiap memulai menjadi seorang internet marketer.

Tips Internet Marketing Untuk Pemula

Selanjutnya anda bisa menerapkan 7 Tips Belajar Internet Marketing Untuk Pemula dibawah ini :

4. Niat jelas

Sebainya fikirkan matang-matang terlebih dulu sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang internet marketer, apakah keputusan tersebut sudah final atau ragu ragu. Apakah keperluan internet marketing anda untuk sementara menunjang keperluan bisnis di dunia nyata atau anda menargetkan penghasilan utama dari bisnis di internet ?

Segala keputusan & tindakan harus diawali dengan maksud yang jelas. Sebab kebanyakan pekerjaan yang tidak diawali dengan niat setengah-setengah biasanya hasilnya pun tidak maksimal.

5. Konsistensi 

Jika anda telah memiliki  niat, maka selanjutnya tunjukkan konsistensi diri anda. Bagi seorang internet marketer sikap semangat dan pantang menyerah wajib dimiliki bila ingin mencapai kesuksesan. Konsisten disini dimaksudkan untuk menjaga ritme bisnis internet anda, sebab pada dunia internet marketing nantinya kita akan sering menemui rasa bosan dan kejenuhan yg melanda.

Apabila apa yang telah dilakukan tanpa kekonsistenan pasti akan menghasilkan hasil yang tidak memuaskan. Seorang internet marketer tak akan dapat berhasil apabila tidak memiliki konsistenansi.

6. Mencintai  pekerjaan

Meskipun niat dan konsistensi telah anda miliki, namun jika ternyata semua yang telah dilakukan seperti terpaksa, maka hal ini akan mengundang kegagalan. Untuk menghindari rasa terpaksa pada diri sendiri maka mencintai pekerjaan merupakan solusi terbaik.

Jadikanlah segala kegiatan internet marketing sebagai ketertarikan diri layaknya hobi, sama halnya anda sedang berada di zona nyaman.

7. Terus belajar

Seorang internet marketer juga merupakan termasuk seorang entrepreneur. Sebagai seorang entrepeneur maka kita dituntut untuk harus selalu belajar dan up-to-date mengikuti perkembangan terbaru. 

Lain hal dengan seorang pegawai yang hanya memerlukan keterampilan fisik untuk melaksanakan pekerjaannya, sebagai pebisnis kita harus memiliki rasa percaya diri dan bisa bekerja cerdas dengan keperluan inovasi.

8. Waktu tidak terbatas 

Menjadi seorang entrepreneur berbeda dengan seorang pegawai yg memiliki ketentuan jam kerja. Sebagai entrepreneur kita harus dapat selalu memanfaatkan waktu luang yang tersedia. Jadi, jika perlu korbankan beberapa waktu istirahat anda untuk mengoptimasi bisnis internet anda.

9. Perhatikan pesaing bisnis

Sama halnya dengan bisnis pada dunia nyata, perhatikanlah persaingan passion bisnis anda. Jadikanlah pesaing sebagai bahan materi evaluasi untuk bisnis anda. 

Cari dan temui apa yang sedang hit dan tren terbaru pada passion bisnis anda. Setelah evaluasi, jika diperlukan maka ciptakan inovasi dan lakukan perbaikan.  

10. Sekarang atau tidak

Wajib bagi anda menerapkan prinsip bisnis "Sekarang atau tidak sama sekali". Sebab menurut saya 1 itu lebih baik daripada 0 (nol). 

Jika anda menemui kegagalan maka pilihannya hanya 2, yakni Mulailah dari awal atau Tidak sama sekali dan terus terpuruk pada situasi yang merugikan. Kegagalan dan bangkit merupakan hal wajar pada dunia internet marketing.

10 Tips Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *