follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

10 Tools SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Tools SEO Untuk Traffic Blog - Seiring dengan perkembangan teknologi website / blog, kini para blogger semakin diberi banyak kemudahan untuk mengoptimasi blog / website. Salah satunya yakni dalam penggunaan tools blogging dan SEO. Tools sangat berguna bagi para pemilik blog untuk membantu kegiatan blogging, termasuk dalam meningkatkan traffic.

Semua blogger tentu ingin blog / website miliknya memiliki banyak pengunjung dan trafik yang tinggi. Dengan trafik tinggi, maka blog akan semakin membesarkan peluang dalam hal menarik para pengiklan (advertiser), sehingga monetize blog akan terus berkembang.

Selain itu dalam segi SEO, tahukah anda bahwa seluruh blogger sukses di dunia itu menggunakan banyak tools dalam mengoptimasi website / blognya? Hal ini dibenarkan, sebab mustahil bagi seorang ahli SEO dalam mengoptimasi website tanpa dibantu berbagai tools.
10 Tools SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog
Lalu apa saja tools gratis yang umum digunakan oleh para blogger di dunia? Berikut ini beberapa tools seo blog yang dapat digunakan untuk meningkatkan trafik blog / website, diantanya yaitu :

Google Webmaster
Sebenarnya Google webmaster tools memiliki banyak kegunaan, namun yang utama yakni berguna untuk memeriksa kesehatan situs dan mengoptimasi seo blog / website pada google search engine agar setiap konten blog selalu update terindex oleh mesin pencari.

Beberapa fungsi lain dari yang terdapat pada Google webmastertools yakni memberikan data keyword pada blog, memberikan analisis traffic blog, mengirim email notifikasi mengenai kesehatan situs, Disavow Tools untuk memulihkan blog dari backlink spam yg menuju blog Anda, memberi tahu halaman blog yang error dan masih banyak fungsi lainnya.

https://www.google.com/webmasters/

Google Analytics
Google analytics berfungsi untuk memberikan laporan detail tentang kebiasaan atau karakteristik pengunjung web / blog. Tools ini membantu kita untuk mengetahui jumlah pengunjung atau traffic blog.

Beberapa kegunaan utama tools google Google Analytics diantaranya yaitu memberikan laporan jumlah pengunjung blog perhari, perminggu dan perbulan, untuk mengetahui bounce rate, untuk mengetahui sumber pengunjung blog, untuk mengetahui jumlah pengunjung setiap halaman konten, untuk membuat segmentasi visitor (berdasarkan lokasi, jenis kelamin, bahasa, browser dan perangkat), untuk memberikan laporan hasil iklan, SEO, konversi penjualan di blog / website kita.

https://www.google.com/analytics/

Google Adword Keyword Planner
Keyword Planner berguna untuk memilih topik blog berdasarkan trafik pencarian. Cara menggunakannya mudah, anda hanya perlu memasukan keyword yang diinginkan, nantinya beberapa variasi keyword lain akan muncul beserta dengan data traffic bulanannya.

Agar efektif sebaiknya jangan memilih keyword berdasarkan jumlah traffic pencarian saja, perhatikan juga tingkat persaingan keyword dengan para kompetitor lain.

https://adwords.google.com/KeywordPlanner

Ubersuggest
Tools Ubersuggest akan membantu kita menemukan variasi kata kunci berupa long tail keyword yang paling dicari pengguna internet dan potensial untuk dijadikan traffic. Tools ini akan sangat powerfull jika digunakan bersamaan setelah menggunakan Google Keyword Planner.

Ubersuggest akan menampilkan daftar keyword dari A-Z dalam search engine yang sudah ditambahkan kata-kata potensial pada akhir frase. Kita akan terbantu ketika ingin menentukan keyword dan variasi keyword untuk sebuah postingan. 

http://ubersuggest.org/

Moz Toolbar
Moz bar berguna untuk membantu kita dalam menganalisis kualitas sebuah website dari browser, dengan menggunakan metriks domain duthority (DA), page authority (PA), SEO onpage, social share, Moz Trust dan sebagainya.

Untuk menggunakan tools ini kita hanya perlu mengetikkan keyword yang ingin dicari. Setelah itu, moz toolbar akan menampilkan peringkat authority website sesuai keyword tersebut.

Jika konten anda kesulitan berada di halaman pertama Google, maka anda dapat memanfaatkan long-tail keyword dengan trafik tinggi dan persaingan rendah, sehingga mudah bagi konten menembus halaman pertama Google.

https://www.moz.com

SEO Quake
Sama halnya seperti Mozbar, tools lain yang digunakan dengan dipasang di browser yaitu SEO Quake. Tools ini dapat menampilkan PageRank, Alexa rank, keyword density, Index page dan sebagainya. 

Menggunakan SEO Quake bersama mozbar dapat menjadikan perolehan data analisis yang kita miliki menjadi sangat lengkap dan powerful.

https://www.seoquake.com/

NO Follow
Seperti yang kita tahu bahwa backlink mempunyai 2 jenis yaitu backlink dofollow dan nofollow. Backlink dofollow adalah link yang memperbolehkan algoritma search engine untuk meng-crawl halaman link yang dituju tersebut dan memberikan kekuatan kepada halaman link tujuan. 

Sedangkan backlink nofollow adalah kebalikannya, yakni link yang tidak mengijinkan algoritma meng-crawl nya dan hanya memberikan pengaruh kecil kepada halaman yang dituju. 

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nodofollow/

Copyscape
Copyscape digunakan untuk memeriksa apakah postingan sebuah blog duplikat atau unik. Postingan yang terindikasi duplikat akan mengakibatkan domain authority (DA) dan SERP blog turun. 

Jadi, jangan coba-coba membuat artikel copy paste jika anda tidak ingin blog terlempar di halaman belakang search engine, atau lebih parahnya lagi blog bisa di penalti dan deindex oleh algoritma search engine. Sebaiknya setelah mem-publish postingan coba cek keunikan konten di copyscape.

https://www.copyscape.com

Ahrefs
Ahref berguna untuk memonitoring and mengaudit backlink yang dimiliki oleh suatu website / blog. Ahrefs bisa menilai jenis backlink mana yang baik atau buruk. Tentu kita tahu backlink yang bersumber dari website domain .edu dan .gov sangat baik untuk blog. 

Sedangkan backlink yang berasal dari situs spam akan menurunkan authority (DA dan PA) website dan hasil SERP, begitupun apabila terjadi sebaliknya akan meningkatkan authority blog. Solusi jika blog memiliki Backlink yang buruk, maka anda bisa men-disavow nya melalui Google Webmaster Tools.

https://ahrefs.com/

Penutup
Sebenarnya masih banyak SEO tools selain yang diatas, namun untuk tools dengan keperluan mendasar saya cukup untuk menggunakan dulu beberapa tools diatas. Karena pada dasarnya penggunaan tools itu disesuaikan dengan kebutuhan website / blog. Jika blog masih baru, saya rasa cukup dengan menggunakan beberapa tools gratis dulu. 

Untuk tools berbayar anda bisa menggunakannya pada waktu dimana anda ingin blog berkembang dan menemukan tools berbayar yang memang kredibilitas dan sukses meningkatkan traffic blog. Sebaiknya jangan asal pilih tools SEO sebab sayang uang anda bukan. Sebelum anda memutuskan menggunakan tools berbayar, coba lihat dulu fungsi, ketentuan dan testimoni blogger lain yang telah menggunakannya, anda bisa menemukan testimoni di situs forum-forum khusus.

Saya ingatkan bahwa dengan menggunakan tools SEO itu akan menghemat waktu, tenaga dan biaya aktifitas blogging kita dalam upaya mengoptimasi seo blog dan meningkatkan traffic atau pengunjung blog. Namun, bijaklah dalam memilih tools, jangan asal pilih. Tentu anda tidak ingin membuang waktu menjadi sia-sia karena menggunakan tools yang tidak kredibilitas dan abal-abal bukan? 

... Itulah beberapa tools gratis untuk menarik pengunjung blog. Namun ingat bahwa tools hanyalah alat bantu untuk membantu memudahkan aktifitas blogging dan optimasi seo website kita. Tetap saja, usaha dan strategi optimasi seo website menjadi hal utama dalam upaya meningkatkan pengunjung blog.

10 Tools SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog

di 23 September, 2015 - 04:40 dengan 8 komentar

artikel terkait lainnya

8 komentar

  1. tenks gan
    http://reviewlaptopprices.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Terma kasih atas infonya gan, nambah wawasan lagi nih
    mampir juga ke blog ana gan http://burgersosis.blogspot.com Tips dan Cara Bisnis Online Tanpa Modal

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu gan bagi blog baru saya :D
    kunjungi http://indo-galaxy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. Info bermanfaat gan, ane suka

    ReplyDelete
  5. Oke gan mantap, ini yg lagi saya cari-cari. sukses terus ;)

    ReplyDelete
  6. Makasih banget nich artikel. Ini sangat berguna karena aku baru membangun blog baru.

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *