follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

9 Strategi Instagram Marketing Untuk Bisnis Online Anda

Instagram adalah salah satu social media yang sedang populer dan layak digunakan untuk membuat akun atau fanpage bisnis. Kita bisa memanfaatkan Instagram untuk perluasan pasar dan membuat konversi penjualan. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara menggunakan Instagram untuk bisnis online.

 Instagram Marketing

Kenapa Instagram cocok digunakan untuk pemasaran bisnis online? Pertama, Instagram adalah media sosial yang memiliki fokus terhadap konten berupa foto dan video. Kita bisa membagikan foto dan menyisipkan caption. Dengan begitu sudah terbayang bukan bagaimana Instagram bisa menjadi sangat cocok untuk bisnis online. Jadi kita hanya perlu memposting foto produk serta menyisipkan caption semenarik mungkin untuk menarik perhatian calon customer.

Selanjutnya silahkan simak 9 Strategi Instagram Marketing Untuk Bisnis Online Anda berikut ini:

Membuat username yang relevan

Hal ini yang biasanya sering diabaikan oleh para pebisnis. Padahal username memiliki peran penting  dalam pengembangan pasar bisnis. Pertama, calon customer akan selalu mencari nama bisnis melalui username, sehingga apabila username kita tidak tepat, maka mereka akan kesulitan dalam mengingatnya.

Sebagai contoh kasus anda memiliki nama bisnis yakni “Roti Bakar Keju”, namun Anda malah memilih username “RotiEnakBanget”. Maka hal ini sangat tidak mendukung customer dalam mengingat bisnis anda. Sebaiknya pilihlah username yang relevan dan sesuai, misalnya seperti “RotiBakarKeju”.

Buatlah profil dengan jelas

Selanjutnya isilah dengan lengkap profil akun bisnis IG anda, Mulai dari foto profil, Anda bisa menggunakan logo atau foto produk Anda. Selanjutnya isi deskripsi di profil Anda, anda dapat menulis jenis bidang bisnis anda, alamat, nomor telepon dan website bisnis Anda.

Di momen tertentu, anda juga dapat menulis promo bisnis di profil Instagram Anda. Agar calon customer dapat langsung tertarik kepada akun bisnis anda ketika pertama kali mengunjungi profil Anda. 

Perhatikan akun Instagram yang bermanfaat

Sesekali cobalah ikuti akun bisnis Instagram kompetitor. Hal ini bisa membantu anda dalam menyiapkan strategi, dengan cara mengetahui kegiatan apa yang sedang dibuat pesaing. Selain itu kita juga dapat mengikuti akun IG lain guna memudahkan kita dalam mendapatkan inspirasi bisnis. 

Saran saya cobalah dan jangan ragu untuk mem-folow akun calon customer bisnis Anda. Sebab ini merupakan kesempatan untuk berpromosi secara gratis, nanti pastinya customer akan melihat akun Instagram dan produk Anda.

Setelah itu upload foto terbaik

Kini saatnya keluarkan jurus pamungkas, yakni mengunggah foto-foto terbaik. Silahkan Anda promosikan semua produk, misalnya ada 10 produk, maka Anda harus memposting 10 gambar produk tersebut. Berikan foto yang berkualitas dan seoptimal mungkin untuk diunggah.

Jadi apabila anda memiliki kemampuan dasar mengenai fotografi, maka sebaiknya pelajari teknik fotografi tersebut lebih dalam. Usahakan, foto yg ditampilkan pada akun bisnis Instagram dapat terlihat sempurna.

Jangan terlalu berlebihan menggunakan photo effect

Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengedit foto, contohnya jangan menambahkan accesoris gambar seperti bingkai atau bunga-bunga. Usahakan foto terlihat natural, supaya calon customer tidak merasa aneh ketika melihat dan membandingkan secara langsung bentuk produk dengan fotonya. 

Sebab ada dalam beberapa kasus bisnis online di Instagram, dimana foto yang ditampilkan di Instagram sangat jauh berbeda dengan penampakan aslinya, hal seperti inilah yg harus kita hindari.

Buatlah caption deskripsi yang lengkap pada setiap foto

Instagram menyediakan ruang caption untuk setiap foto yang diunggah pengguna, jadi optimalkan caption foto ini dengan selalu menyertakan informasi produk yg detail dan jelas untuk menarik perhatian calon customer. Selain itu tambahkan juga tagline keunggulan produk, cara pembelian dan promo-promo didalam caption deskripsi tersebut.

Hal ini mampu membuat calon customer tidak perlu bertanya lagi, sehingga apabila tertarik mereka akan langsung melakukan konversi pembelian produk anda.

Gunakan hashtag yang tepat (#)

Sama halnya seperti Twitter, di Instagram juga terdapat fitur hashtag yang mempunyai fungsi sama yakni untuk membuat kategori postingan. Penggunaan hashtag yang tepat ini bisa menjadi strategi ampuh. 

Sebagai contoh kasus misalnya buka Instagram, lalu search dengan kata “roti”, maka akan tampil beberapa postingan foto mengenai roti, dan pasti anda akan menemui akun yang menjual roti. Hal inilah yg harus dimanfaatkan, anda juga bisa menambahkan #forsale atau hashgtag lain yang dapat meningkatkan jangkauan postingan produk Anda.

Tunjukkan hal dibalik layar

Tips menampilkan foto dibalik layar ini sebenarnya jarang digunakan. Namun yakinlah bahwa calon customer akan senang melihat foto dibalik layar. Yakni foto yang menampilkan bagaimana Anda menciptakan produk dan bagaimana anda menjalankan bisnis. 

Tahukah anda terkadang ada calon customer yang berharap bisa memperoleh informasi mengenai bagaimana produk bisa dibuat. Anda bisa memberikan foto candid yang menampilkan saat tim bisnis anda sedang membuat produk atau menampilkan siapa saja orang-orang yang terlibat dalam bisnis Anda.

Konsisten

Bicara bisnis berarti konsisten. Instagram adalah tempat untuk Anda dapat konsisten membuat postingan dan memperluas pasar bisnis anda. Namun untuk memperoleh hasil, dalam prosesnya tentu anda harus bersabar. 

Sehingga Anda membutuhkan konsistensi saat masa-masa pembangunan akun bisnis Instagram anda. Hal ini berkaitan dengan bagaimana Anda bisa membuat postingan foto secara rutin dan membuat interaksi kepada calon customer, baik menerima saran maupun menjawab pertanyaan mereka.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Strategi Instagram Marketing Untuk Bisnis Online Anda. Apabila artikel ini dirasa bermanfaat maka saya berharap anda mau membagikan postingan ini ke social media.

9 Strategi Instagram Marketing Untuk Bisnis Online Anda

artikel terkait lainnya

4 komentar

  1. wah kudu harus banyak belajar lagi nih saya ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo belajar bareng-bareng pak :D

      Delete
  2. Wah, Blog agan mantap gan. Kenapa tidak pasang Iklan Google adsense gan?

    Saya punya saran nih gan, jika butuh jasa Pembuat Akun Google Adsense, bisa langsung kunjungi situs ini aja gan: http://jasapembuatakungoogleadsense.blogspot.co.id/2014/09/jasa-pembuat-akun-google-adsense.html

    Oh ia, saya juga bisa mendaftar adsense menggunakan blog agan yang sering ditolak, jadi agan tidak perlu khwatir lagi menggunakan adsense yang saya berikan, soalnya didaftar mengunakan blog agan sendiri.

    Oh ia, satu hal lagi, saya juga menyediakan Adsense yang sudah jadi, kalau berminat bisa langsung kunjungi situs di atas dan menghubungi saya menggunakan beberapa alternatif yang tersedia pada halaman contact.

    Semoga bermanfaat sharingnya.

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *