follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Bisnis Online Shop Reseller Tanpa Modal Untuk Pemula

Bisnis Online Shop Reseller

Cara memulai bisnis online shop reseller terlaris gratis tanpa modal untuk pemula 2015, lewat toko online, di facebook dan internet. 

Bisnis seperti produk fashion, baju dan elektronik adalah bisnis yang tak akan pernah habis sebab barang-barang tersebut merupakan kebutuhan sandang yang setiap hari digunakan manusia. Peluang bisnis fashion dan elektronik ini sangat potensial untuk dijadikan usaha jangka panjang. Namun meski potensial, tingginya kompetisi pasar pada bisnis fashion dan elektronik ini dan minimnya modal merupakan hambatan yang paling banyak ditemui ketika ingin memulai bisnis ini.

Memang pada umumnya pada bisnis yang potensial kita akan selalu menemukan banyak pebisnis pesaing yang juga terjun didalamnya, seperti bisnis baju ini. Nah, untuk memenangkan persaingan bisnis maka kita harus membangun brand produk. Namun untuk menguatkan brand awarness ini membutuhkan proses panjang dan modal tidak sedikit dalam menerapkan promosi. Ini tentu tidak cocok bagi pemula dengan tanpa modal banyak. Akhirnya kebanyakan pebisnis pemula dengan modal minim bangkrut dan gulung tikar sebab tidak dapat bersaing dan habis modal.

Bisnis Online Shop Tanpa Modal 

Nah dari memperhatikan masalah diatas, maka pada kesempatan ini saya ingin membagikan solusi alternatif yang tak kalah menguntungkan dalam menjalankan bisnis fashion seperti bisnis baju, yaitu dengan cara memulai bisnis online shop sendiri. 

Kenapa harus bisnis online shop? Sebab ditengah perkembangan teknologi ini internet menjadi kebutuhan penunjang (sekunder) bagi hampir semua orang di dunia. Pengguna menggunakan internet untuk berbagi informasi, bekerja, dan tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk belanja.

Jika anda masih awam terhadap internet dan teknologi maka mungkin anda akan mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan intisari pada artikel ini.

Ibaratnya ada berbagai jenis ikan yang terdapat di laut lepas, kita bisa menggunakan perahu dan memancingnya dengan berbagai jenis umpan yang mereka sukai. Jika ikan tertarik dengan umpan kita, maka umpan pasti dimakan dan kita berhasil membawa ikan ke rumah dengan senyum yang lebar pastinya. 

Nah ini sama seperti menjalankan bisnis di internet yang diumpakan sebagai lautan lepas, ikan-ikan itu diumpamakan sebagai berbagai pengguna internet yang bisa menjadi target calon konsumen pada bisnis online shop kita. Nah, umpan pancingannya sama seperti produk kita, jika pengguna internet menyukai produk kita maka mereka akan menjadi konsumen baru bisnis kita.

Kemudian perahu ini sama seperti komputer / laptop, dan bahan bakar perahu ini diibaratkan sebagai koneksi internet. Sementara alat pancing ikan ialah sebagai media untuk menjangkau ikan, dimana diibaratkan alat pancing ialah website online shop / toko online. 

Maksud dari tanpa modal artinya, bukan berarti kita tidak membutuhkan modal sama sekali alias gratis. Melainkan kebutuhan utama seperti laptop dan biaya koneksi internet harus dipenuhi sebagai modal awal mengakses lautan internet. Dan juga website toko online juga harus dibuat sama seperti toko fisik di bisnis offline, guna memancing konsumen datang melihat-lihat produk yang kita tawarkan dan meyakinkan mereka melakukan pembelian. Dan tentunya dalam membuat website toko online itu memerlukan biaya hosting dan domain. 

Jadi maksud bisnis online shop tanpa modal disini ialah bisnis yang hanya memerlukan biaya operasional saja, tanpa harus mengeluarkan biaya embel-embel lainnya. Dimana kita tidak perlu pusing memikirkan biaya produksi, sebab dalam bisnis online shop ini kita hanya menjual produk orang lain tanpa perlu mengeluarkan biaya registrasi untuk bergabung dengan sistem ini, yakni menggunakan sistem mitra kerjasama yaitu bisnis  online shop reseller atau dropship.

Begitulah analogi perumpamaan memancing ikan di laut lepas, dan berbisnis di internet. Dari penjelasan diatas, secara singkat berikut ini beberapa hal yang harus anda penuhi untuk memulai bisnis online shop, antara lain :
  • Komputer / Laptop
  • Koneksi internet
  • Website toko online
  • Toko lain yang menerapkan sistem reseller atau dropship
  • Pengetahuan tentang internet marketing.
Simple bukan? namun kenyataannya jika dibilang bisnis online itu mudah alias gampang itu tidaklah benar, perlu proses waktu belajar untuk memulai bisnis online shop sendiri. Nah, untuk belajar bisnis online, Blog EHPEDIA.COM hadir memberikan berbagai informasi tentang belajar bisnis online.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Untuk selengkapnya, silahkan simak tips langkah-langkah memulai bisnis online shop reseller untuk pemula berikut ini :

1. Siapkan kelengkapan
Langkah pertama yaitu menyiapkan PC / komputer atau laptop dan koneksi internet. Hal ini wajib dipenuhi sebagai modal awal memulai bisnis online shop.

2. Memilih produk yang kita jual

Bicara bisnis berarti bicara produk apa yang kita tawarkan kepada calon pembeli. Apabila produk yang kita tawarkan banyak menarik perhatian dan minat calon pembeli maka tentu bisnis kita akan sukses. Begitupun sama halnya dalam menjalankan bisnis online shop reseller. 

Banyak produsen penyedia program reseller atau dropship yang menawarkan produk-produk menarik dan tentunya banyak dicari pengguna internet. Ada berbagai produk dari berbagai passion dapat anda temukan di internet, misalnya saja fashion seperti baju muslim, baju distro, baju batik, atau pada passion elektronik seperti smartphone samsung, iphone dan asus, atau pada passion kesehatan seperti obat herbal, obat peninggi badan, obat pelangsing badan, dan masih banyak lagi passion bisnis lainnya di internet.

Produk-produk diatas memiliki sangat banyak peminat di internet yang beberapa diantaranya rutin berbelanja online. Dan tentunya dengan strategi pemasaran yang baik akan membawa puncak kesuksesan sebuah bisnis online shop. Jadi pilihlah produk yang memiliki banyak peminat.

3. Mencari mitra kerjasama reseller

Hebatnya dalam berbisnis online itu tidak harus membuat dan menjual produk buatan sendiri. Kita bisa bekerjasama dengan orang lain / perusahaan yang juga mencari mitra untuk menjualkan produknya, atau dengan kata lain produsen / perusahaan yang menyediakan program dropship. Dengan kata lain dalam bisnis online shop reseller disini maksudnya kita menawarkan dan menjual produk orang lain. 

Lalu bagaimana cara memperoleh keuntungan dari bisnis reseller? yakni dengan meninggikan harga. Misalnya pada sebuah contoh kasus, produsen produk fashion baju muslim menawarkan harga satuan Rp. 100 ribu untuk pembeli biasa dan Rp. 80 ribu untuk pembeli reseller. Maka sebagai reseller disini kita bisa menjual seharga Rp. 100 ribu di website toko online kita dan mendapat keuntungan Rp 20 ribu untuk tiap potong baju muslim yang berhasil kita jual. Atau bahkan sah-sah saja apabila kita menjualnya di toko online kita lebih mahal dibanding harga yang ditawarkan produsen untuk pembeli biasa.

Maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni mencari produsen atau mitra kerjasama yang menerima sistem reseller atau dropship, salah satu yang saya rekomendasikan yakni Supplier.id, komisian.com dan Cakning.com. Atau Anda bisa mencarinya di artikel ini Daftar 30 Toko Online Yang Menerima Dropship & Reseller.

4. Membuat website toko online

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa toko online adalah toko visual untuk menampilkan display produk yang anda jual, ini sama halnya dengan toko fisik pada bisnis online. Jadi buatlah toko online dengan desain dan tampilan semenarik mungkin.

Selain membuat toko online secara berbayar melalui website share hosted dengan domain dan hosting berbayar. Apabila anda pebisnis yang tidak memiliki cukup modal atau sekedar berkeinginan belajar memulai bisnis online shop dengan cuma-cuma tanpa modal, maka anda bisa mencoba memulai bisnis online shop tanpa modal dengan membuat toko online berbasis platform blogger. Blogger adalah situs web 2.0. yang bisa anda manfaatkan untuk membuat blog gratisan.

Nantinya alamat URL blog toko online anda akan menggunakan subdomain seperti bisnisbajuonlineshop.blogspot.com , ini dirasa kurang baik untuk sebuah website toko online. Untuk meyakinkan pengunjung melakukan pembelian maka sebaiknya anda menggunakan top level domain (TLD) .com, jadi alamat url website toko online anda akan menjadi www.bisnisbajuonlineshop.com. 

Nah untuk menggunakan domain www.namabisnis.com pada blogger maka anda bisa menerapkan blog custom domain.

Atau anda bisa membuat langsung website toko online profesional anda sendiri dengan CMS WordPress. Asalkan anda mau belajar, punya sedikit modal (sekitar 300ribu) untuk membeli domain dan sewa hosting, maka anda sudah bisa membuat website online shop profesional sendiri. Simak tutorialnya disini Cara Membuat Website Profesional

5. Mendatangkan pengunjung / traffic 

Berbicara toko online tentu sangat berkaitan dengan pengunjung website yang nantinya akan menjadi pembeli produk anda. Toko online berfungsi untuk menarik perhatian pelanggan, dimana pada bisnis internet untuk menarik perhatian pelanggan yaitu caranya dengan mendatangkan traffic. Semakin banyak traffic maka akan semakin besar persentase kemungkinan konversi penjualan produk pada webiste toko online kita. 

Pengunjung situs sendiri dapat datang dari berbagai cara, namun yang paling potensial mendatangkan banyak pengunjung hingga 80 % sekaligus yakni pengunjung yang berasal dari traffic organic dari mesin pencari Google dan beberapa persen pengunjung referral dari social media seperti facebook, twitter dan google plus. 

Kita bisa melakukan berbagai upaya untuk mendatangkan pengunjung. Silahkan simak selengkapnya cara meningkatkan traffic website.

6. Melakukan konversi penjualan 

Konversi penjualan adalah bagian terpenting dalam upaya menjadikan pengunjung website menjadi pembeli. Kebanyakan pebisnis online shop gagal pada tahap ini, mereka mampu menjaring banyak pengunjung, tapi gagal menjadikan pengunjung menjadi pembeli. 

Sebaiknya dalam menjual produk di toko online itu anda mencantumkan detail produk, harga, metode pembayaran, dan cara konfirmasi pembayaran, selengkap-lengkapnya. Sebab apabila tidak mencantumkan hal-hal tersebut akan menimbulkan kecurigaan pengunjung tentang keaslian produk. Karena dalam kasus tertentu ada juga pengunjung yg tidak jadi membeli dikarenakan tidak adanya detail metode pembayaran. Hal ini tentu menyia-nyiakan upaya kerja keras kita dalam meningkatkan penjualan.

Cukup sekian 6 hal diatas yang harus anda pahami. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memulai bisnis online shop anda. Jika dirasa artikel ini bermanfaat mohon bagikan artikel ini ke social media, dan apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Adapun jika anda sudah terjun menyelami bisnis reseller terlebih dahulu, saya harap anda juga bisa berbagi pengalaman dalam mengembangkan bisnis online shop anda melalui kolom komentar dibawah ini.

keywords variation :
  • cara memulai bisnis online shop reseller, fashion, terlaris, di facebook, tanpa modal, gratis, 2015

Cara Bisnis Online Shop Reseller Tanpa Modal Untuk Pemula

artikel terkait lainnya

11 komentar

  1. Sudah banyak yang saya coba, dan banyak membaca refrensi Bisnis Online, Semangat untuk saya,, hehe

    ReplyDelete
  2. Sy smp saat ini belum percaya jika ada bisnis yang tanpa modal

    ReplyDelete
  3. Belajar bisnis online memang butuh waktu, kalau mau jadi kutu loncat, ya siap2 saja untuk gagal. harus bisa fokus dan benar secara mindset

    Jadilah yang terbaik, yang pertama atau yang berbeda

    ReplyDelete
  4. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  5. spertinya bisnis online dan offline berbeda ya, karena kalau bisnis online calon pembeli tidak bisa melihat secara langsung barangnya. Tapi kalau reseller/dropshiper harus juga penting adalah terus menanyakan stok barang. sebab kalau ada permintaan lalu ternyata stok kosong, bisa mengecewakan calon pembeli

    ReplyDelete
  6. nice share gan . bagi teman2 juga harus memilih seller online mana yang terpecaya plus bisa kasih service yang baik. sebagai contoh oke si seller bener kirim barang, tapi kalo kirim barangnya ngaret apakah ga berpengaruh kepada service kamu ke konsumen?yuk menjadi reseller itu tepat, tapi memilih seller juga harus diutamakan

    ReplyDelete
  7. Artikelnya mudah dicerna dan dipahami.
    Thanks yaa

    ReplyDelete
  8. aku dulu ya hampir putus asa min, setahun saya proses baru menemukan cara yang tepat untuk bisnis online saya.

    ReplyDelete
  9. terima kasih tipsnya, ada yang saya mau tanyakan apakah bisnis seperti online shop harus banyak mengeluarkan biaya? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  10. Saya kira mamang kita saat ini yang sudah Melek media, harus pandai-pandai memanfaatkan Media, dan mengunakan secara bijak dan arif... salah satunya adalah untuk memasarkan produk melalui Toko Online , seperti pada artikel Masnya.....
    Makasih ya..

    ReplyDelete
  11. sebenarnya saya kurang yakin ada bisnis tanpa modal, menulis artikel juga khan butuh modal, yaitu modal olah tangan dua jari buat mengetik

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *