follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Bisnis Online Syariah Gratis Tanpa Modal

Bisnis online syariah sebenarnya sama dengan bisnis online lainnya, bedanya hanya dalam pelaksanaannya dikerjakan dengan cara yang benar-benar halal. Bisnis online berbasis syariah sendiri merupakan bisnis yang berlandaskan akad untuk ikatan kerja yang halal, dengan sistem keuntungan yang digunakan bukanlah riba apalagi penipuan atau hal yang bertentangan dengan syariah islam. Dengan kata lain menjalin kerjasama bisnis sesuai dengan syariat agama islam. Maka bagi umat islam hendaknya harus berhati-hati dan selektif dalam menentukan bisnis online syariah yang ingin dikerjakan.

Bisnis Online Syariah Gratis Tanpa Modal

Syariah adalah kebenaran pembagi hasil, jadi dalam bisnis penghasilan harus dibagi dua saat memperoleh keuntungan maupun kerugian, semua dikerjakan dengan proses dan hasil yang halal. Namun bagi umat muslim yang berkecimpung dalam bisnis online terkadang masih ada saja yang belum mengetahui apa itu bisnis online syariah. Sebab kenyataannya memang banyak umat muslim yg beranggapan bahwa bisnis di internet itu tidak halal, karena adanya azas pemanfaatan seperti riba hingga bahkan adanya penipuan.

Azas pemanfaatan disini maksudnya seperti mengambil keuntungan dari usaha orang lain, dimana pemilik bisnis online mengajak orang lain bekerja sementara pemilik bisnis online yg banyak memperoleh keuntungan besar. Hal ini tentuya sangat bertentangan dengan ajaran syariah Islam.

Nah pada bisnis online syariah tanpa modal ini maksudnya tidak membutuhkan biaya investasi, namun pada pelaksanaannya tetap saja membutuhkan biaya operasional pada umumnya, seperti modal komputer / laptop dan biaya koneksi internet.

Menemukan bisnis online syariah gratis tanpa modal sekarang itu bisa dibilang susah-susah gampang, banyaknya bisnis online yang tersedia membutuhkan analisa bisnis yang benar lebih dulu. Ini bertujuan guna menghindari berbagai macam hal yang bertentangan dengan syariah islam, seperti salah satunya peluang bisnis online menggunakan sistem afiliasi marketing dengan menjual ebook dan memperoleh keuntungan dari komisi penjualan. Hal ini bisa menjadi riba apabila penyedia ebook menjual harga terlalu mahal kepada konsumen, tetapi affiliate marketer hanya memperoleh keuntungan komisi yang sedikit.

Cara memilih bisnis online syariah

Dalam memilih bisnis online syariah, sebaiknya pilih bisnis online yang memberikan keuntungan halal dan jelas darimana asalnya. Telitilah berbagai jenis bisnis online yg anda pilih dengan cara menganalisa kebenaran sistem keuntungan yang akan diperoleh, apabila anda menemukan keganjilan dan mencurigakan pada bisnis online tersebut, maka sebaiknya hindari saja dan carilah alternatif jenis bisnis online syariah yang lain. Nah, berikut ada beberapa transaksi yang dilarang dalam Islam yang harus anda hindari bila ingin menjalankan bisnis online syariah yaitu :

1. Pelaksanaan transaksi harus menurut prinsip kehati-hatian dan tidak melakukan spekulasi dan manipulasi yang mengandung unsur riba, dharar, gahar, riswah, maisyir, maksiat dan zolim meliputi :

  • Najsy yakni penawaran palsu.
  • Ba’i al-madum yakni penjualan atas barang (Efek yang belum dimiliki)
  • Insider trading yaitu menggunakan informasi orang dalam untuk memperoleh keuntungan.
  • Menyebarkan informasi yang menyesatkan.
  • Margin Trading, yakni transaksi atas Efek dengan Fasilitas pinjaman berbunga atas kewajiban penyelesaian pembelian Efek tersebut.
  • Ihtikar (penimbunan) yaitu pengumpulan suatu Efek untuk menyebabkan perubahan harga Efek dengan tujuan mempengaruhi pihak lain.
  • Transaksi lain yang mengandung unsur di atas.

Perdebatan soal hukum bisnis online syariah

Para ulama sebenarnya sudah sering memperdebatkan masalah bisnis online syariah ini karena banyak yang menilai bahwa bisnis online merupakan pekerjaan riba tanpa adanya keabsahan dalam sistem pekerjaan. Mereka beranggapan bagaimana bisa seseorang yg hanya berinterakasi di internet bisa menghasilkan uang di internet. Padahal apabila dianalisa dengan benar secara logika hal itu sangat mungkin terjadi dan memang benar terjadi adanya.

Mendapatkan uang dari internet itu memang dapat terjadi sebab pekerjaan bisnis online itu dilandasi dari usaha yang sungguh-sungguh dilakukan, bukan hanya dari sekedar memperoleh keuntungan yang berasal dari usaha orang lain.

Tetapi perdebatan soal bisnis online syariah ini masih dalam tahap penganalisaan dan penelitian lebih dalam, sebab nyatanya memang benar bahwa masih ada banyak bisnis haram serta penipuan yang beredar muncul di internet, dan kebanyakan dari bisnis online tersebut malah hanya menyebabkan kerugian besar. 

Namun bagi anda umat islam pelaku bisnis online sebetulnya tidak perlu takut bila mengalami kerugian, karena dalam bisnis apapun untung atau rugi itu merupakan resiko bisnis dan sudah biasa, termasuk dalam mengerjakan bisnis online syariah tanpa modal.

Bisnis Online Syariah Gratis Tanpa Modal

di 25 October, 2015 - 15:40 dengan 3 komentar

artikel terkait lainnya

3 komentar

  1. Pengjelasannya lengkap sekali. Menarik untuk dijadikan tempat belajar nih.. Sebelumnya saya juga pernah menulis artikel sejenis via www.pemasaranjaringan.com . Terimakasih. Salam

    ReplyDelete
  2. Penjelasan saja. Mana link bisnisnya?

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *