follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tips Bisnis di Instagram

Instagram untuk bisnis online – Instagram adalah social media yang kini sedang populer digunakan berbagai kalangan. Bahkan tercatat jumlah pengguna Instagram atau yang biasa disebut “IG-ers” telah mencapai sekitar 200 juta pengguna, jadi bisa anda bayangkan bukan seberapa besar potensi pasar yang bisa anda dapatkan jika memanfaatkan Instagram untuk bisnis.

Tips Bisnis di Instagram

Selain itu setiap harinya ada 60 juta foto yang diunggah dengan menghasilkan 1,6 miliar likes dari para IG-ers. Jadi pantas jika kini semakin banyak perusahaan serta brand yang memanfaatkan Instagram untuk bisnis online nya, layaknya toko online di social media facebook dan twitter.

Saat ini sudah banyak bisnis baik produk atau jasa yang mengembangkan pemasaran bisnis melalui Instagram. Namun hemat fikir saya mengatakan bahwa belum tentu semua bisnis cocok dengan IG, mengapa? Sebab seperti yg kita ketahui bahwa social media ini hanya menyediakan konten berupa foto dan video, walaupun juga kita bisa menyisipkan teks pada fitur hashtag (#). 

Setelah saya amati, beberapa contoh bisnis yang cocok dengan Instagram diantanya seperti bisnis fashion, makanan dan minuman, entertainment dan desain

Tips Instagram Marketing untuk Bisnis

Nah untuk menjalankan bisnis online lewat instagram ada satu faktor terpenting yg harus dipenuhi oleh bisnis atau brand produk / jasa, yakni popularitas. Dimana bisnis anda harus mampu menarik perhatian para IG-ers.

Nah, berikut ini saya rangkum juga beberapa tips instagram marketing yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. 

1. Posting foto yang semenarik mungkin

Berbicara Instagram yakni berarti konten foto-foto pengguna. Semua IG-ers pasti berlomba-lomba untuk mengunggah foto-foto menarik yg “dibalut” filter-filter beragam yang disediakan oleh Instagram. Namun anda tidak harus menggunakan filter-filter tersebut, sebab menurut statistik brand yang menggunakan filter dan tidak ada pada angka 50:50.

Tetapi yg pasti untuk menarik perhatian IG-ers maka kita harus mengunggah foto yang berkualitas dan menarik minat, sebab tujuan IG-ers memang mencari foto. Nantinya jika anda sudah mampu menarik minat pengguna melalui foto, maka Anda dapat menyiapkan strategi marketing selanjutnya.

2. Gunakan Hashtag (#) yang tepat

Seperti Twitter, Instagram juga menyediakan fitur hashtag untuk menentukan trending topic. Penggunaan hashtag ini dapat membantu meningkatkan jangkauan foto unggahan kita. Hashtag ini berfungsi sebagai kategori atau label foto, baik untuk foto produk, kata atau kalimat dan frase yang Anda buat. 

Sebaiknya gunakan hashtag yang bisa digunakan oleh siapapun. Sebagai contohmisalnya akun Red Bull menggunakan hashtag #GivesYouWings. Frase dalam hashtag tersebut dapat cocok apabila digunakan dengan foto pengguna lainnya. Apalagi jika kita melancarkan “peluru hashtag” tersebut melalui kontes.

3. Buat Kontes

Salah satu cara terpopuler untuk memperkenalkan brand awareness bisnis kita ialah melalui kontes. Kita dapat mengajak calon customer. Nah biasanya kontes ini membidik hashtag yang kita ciptakan sendiri. Alhasil IG-ers lain pun tentu menjadi penasaran dan menelusuri hashtag tersebut, sampai pada akhirnya mereka mendapati bahwa hashtag tersebut mengarah kepada brand Anda.

Kita dapat memanfaatkan fitur tagging di Instagram. Dengan fitur ini, IG-ers dapat melakukan tag pada foto. Lalu kontes yg anda buat akan mendorong pada IG-ers mengikuti kontes dan membuat tagging ke teman-temannya.

Trik Bisnis di Instagram

Untuk mendapatkan perhatian pengguna Instagram, tidak hanya soal mendapatkan banyak follower dan likes. Anda tidak hanya menjadi selebgram, Namun lebih dari itu kita sedang memasarkan bisnis dengan tujuan menghasilkan konversi penjualan. Berikut ini beberapa trik bisnis online di instagram :

1.  Buat tagline semenarik mungkin

Buatlah pesan singkat dan jelas namun menarik perhatian. Anda dapat fokus dalam menggunakan hashtag yg unik untuk menarik perhatian. Biasanya follower akan lebih ingin melibatkan diri apabila melihat orang lain juga tertarik pada hal yg sama. 

2. Buat customer menjadi pusat perhatian

Setelah menarik perhatian maka kini saatnya untuk menjadikan customer sebagai pusat perhatian. Customer akan sangat senang apabila diberi apreasiasi. Caranya dengan mengajak mereka untuk mengunggah gambar dimana terdapat produk Anda. Cara ini dapat memperdalam ikatan antara brand dan customer.

Demikian artikel mengenai Tips Bisnis di Instagram. Apabila Anda memiliki tips lain seputar topik ini, maka saya harap anda mau berbagi pengalaman bisnis Instagram anda melalui kolom komentar dibawah ini.

Tips Bisnis di Instagram

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *