follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tips Sukses Beriklan Di Facebook Ads Untuk Bisnis Online Anda

Tips Sukses Facebook Ads - Secara umum ada 2 jenis traffic, yakni Free Traffic (gratis) vs Paid Traffic (berbayar). Jika anda pebisnis offline yang mencoba go online maka mungkin sudah saatnya anda mencoba peruntungan menggunakan paid traffic guna mendorong perkembangan bisnis anda. Nantinya potensi penjualan akan semakin meningkat, mengingat konversi yang terjadi yakni TRAFFIC = POTENSI PENJUALAN.

Jadi anda tidak harus melulu bergantung mengandalkan strategi Free Traffic, jika ingin bisnis online anda cepat berkembang. Nah kebetulan, kali ini saya akan tips membangun website toko online dengan mengandalkan strategi beriklan di Facebook Ads.

Tips Sukses Beriklan Di Facebook Ads

Pasti Anda sering mendengar kisah sukses mengenai orang-orang yang mempunyai omset bisnis hingga puluhan sampai ratusan juta rupiah dengan mengandalkan strategi Facebook Ads atau Facebook Marketing.

Apabila saat ini anda belum pernah menggunakan Facebook Ads atau sudah pernah beriklan tapi belum juga menunjukkan hasil, maka Anda telah berada di blog yang tepat sebab saya ingin membagikan cara meningkatkan omset dengan menggunakan Facebook Ads. Silahkan simak 4 tips sukses beriklan di Facebook Ads berikut ini : 

Pahami Karakter Target Audience di Facebook

Facebook Ads memiliki fitur untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, yaitu berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.

Demography: usia, jenis kelamin
Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
Connection: membidik teman dari fans anda 

Sebaiknya, pelajari dulu karakter target audience bisnis anda. Buatlah deskripsi mengenai karakter target audience bidikan anda. Coba lakukan riset sederhana untuk menentukan target. Misalnya dengan mengunjungi website kompetitor bisnis sejenis dan membaca konten-konten miliknya, lalu mempelajari strategi target audience facebook ads yang mereka gunakan.

Anda juga dapat memanfaatkan tool gratis bernama Google Display Planner (GDP) untuk melakukan riset terhadap target audience. Disana kita bisa mengetahui karakter audience dengan mengamati website kompetitor yang menjual produk sejenis. Tool ini akan memberikan gambaran mengenai karakter pengunjung sebuah website.

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan Google Display Planner (GDP) :
  • Buka akun Google Adwords Anda di http://Adwords.Google.com (registrasi dulu, gratis).
  • Klik tombol “Tools” dan pilih “Display Planner”
  • Masukkan nama website kompetitor di kolom “Your customer are interested in”
  • Pilih lokasi “Indonesia” dan atur bahasa menjadi “English & Indonesia”
  • Maka akan muncul tampilan berikut ini
Disana Anda akan mendapatkan petunjuk mengenai karakter pengunjung website kompetitor. Diantaranya data-data berupa kelompok usia, jenis kelamin dan perangkat pengunjung.

Untuk mengetahui website kompetitor, kita bisa memanfaatkan mesin pencari Google. Atau bisa juga menggunakan tool online bernama www.SimilarWeb.com. 

Cara Membuat Iklan Tertarget di Facebook Ads

Secara umum, format iklan di facebook terdiri dari 2 komponen, yakni Teks dan Gambar. Komponen ini sangat menentukan performa iklan sebab saat iklan ditayangkan maka keduanya akan dilihat oleh akun facebook orang lain.

Jadi sayang sekali jika iklan hanya terdiri dari kata-kata promosi standar dengan gambar seadanya, maka akibatnya respon dari target audience pun akan sangat minim.

Sebaiknya buatlah iklan yang powerful agar kemungkinan iklan untuk dilihat & diklik oleh audience lebih besar, bahkan bisa saja iklan facebook anda menjadi viral dan trending.

Nah, coba manfaatkan tool www.Canva.com untuk membuat gambar. Silahkan registrasi dan eksplorasikan ide anda dengan menggunakan fitur yang ada, misalnya dengan menggunakan template gambar yang telah siap.

Manfaatkan Fitur Facebook Ads 

Facebook terus mengoptimalkan kinerja fiturnya, termasuk menghadirkan fitur-fitur terbaru untuk pembuatan Facebook Ads yang kini semakin canggih. Berikut ini fitur – fitur facebook advertising terbaru :

Custom Audience
Anda dapat menggunakan Custom Audience yang berfungsi untuk membuat database list email customer anda disalin ke dalam Facebook. Nantinya pihak Facebook akan mendeteksi secara otomatis orang-orang dari database tersebut yang mempunyai akun Facebook.

Conversion Tracking
Anda bisa mengetahui jumlah orang yang melakukan pembelian dengan memasukannya ke keranjang belanja di website Anda.

Lookalike Audience
Anda bisa menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama. Contoh kasusnya, apabila fanspage facebook anda telah memiliki banyak fans, maka Anda bisa membuat kelompok target audience baru.

Jadi masing-masing fitur memiliki kegunaan, bayangkan jika anda mengerti cara mengoptimasi semua fiturnya, maka saya yakin anda bisa mendapatkan customer berkualitas yang akan meningkatkan omset penjualan.

Cara Konversi Iklan Facebook Menjadi Penjualan

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa TRAFFIC = KONVERSI PENJUALAN. Iklan yang menarik dengan strategi tepat akan mendatangkan banyak views dan respon. Jadi setelah menerapkan 3 tips diatas, selanjutnya pahami cara supaya audience yang memberikan respon terhadap iklan menjadi tertarik membeli produk Anda. Berikut ini tips nya :

Customer Service (CS) menjadi peran penting dalam proses konversi iklan promosi menjadi penjualan. Jangan anggap remeh peran CS. CS harus memiliki talenta komunikasi untuk membalas setiap pertanyaan dari customer saja sudah cukup.

Berbeda dengan CS Offline yang dapat kita awasi secara langsung kinerjanya. CS dalam bisnis online bekerja lebih kompleks dan sulit untuk kita pantau. Sebab CS online bekerja dengan cara chatting kepada calon customer via BBM / WA. Jadi pilihlah . Berikut ini saya akan bagikan tips mengoptimalkan konversi penjualan Facebook Ads dengan memilih CS berkualitas :
  • Interview calon customer service (CS) yang tepat, interview meliputi pertimbangan tempat tinggal dan jarak tempuh dari rumahnya ke kantor, Background pendidikan, pengalaman kerja, kepribadian dan keahlian berkomunikasi.
  • Prioritaskan customer yang tepat, sehingga potensi terjadinya penjualan menjadi lebih cepat tanpa perlu menambah staf CS lagi.
  • Kuasai product knowledge, Hal ini harus dikuasai oleh CS. Pastikan kemampuan CS memahami dengan baik produk yang dijualnya.
  • Inisiatif & cepat, Respon cepat dan memuaskan dapat membantu percepatan penjualan.

Penutup

Sekian 4 tips beriklan di Facebook (FB) Ads yang bisa saya sampaikan. Semua tips memiliki tingkat kesulitan tersendiri bila diterapkan. Jadi pelajari lebih dalam untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika diawal percobaan anda belum menemui peningkatan, saya yakin seiring berjalannya waktu nanti Anda akan menemui strategi beriklan yang tepat sasaran di Facebook Ads.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan cara efektif membuat iklan Facebook. Terima kasih telah membaca artikel kami. Apabila ada kebingungan seputar cara beriklan dengan Facebook Ads ini silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Tips Sukses Beriklan Di Facebook Ads Untuk Bisnis Online Anda

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *