follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Belajar Internet Marketing Dasar Untuk Pemula

Belajar internet marketing dasar gratis ini ditujukan untuk pemula yang baru mengenal dan ingin terjun memulai bisnis online

Belajar Internet Marketing Dasar Untuk Pemula

Belajar Internet Marketing adalah upaya melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui internet. Kenapa kita harus belajar internet marketing? Sebab untuk memasarkan produk dan memperoleh konversi penjualan, kita perlu melakukan teknik internet marketing guna menguasai pasar.

Internet marketing kini telah menjadi salah satu jenis pekerjaan tetap untuk menunjang gaya hidup bagi para internet marketer. Peminat dari internet marketing setip waktunya terus meningkat. Hal ini dikarenakan penghasilan dari internet itu tidak terbatas.

"Bagi saya sendiri internet marketing adalah suatu bisnis di internet yang mencakup promosi, branding, penjualan dan menghasilkan uang dari internet." 

Internet Marketing adalah ilmu yang harus dikuasai oleh pebisnis atau wirausahawan jika ingin usaha mencapai sukses. Pola ketergantungan masyarakat kepada internet seharusnya bisa menarik perhatian bagi para kalangan wirausahawan untuk mencoba melebarkan sayap bisnis menjadi Go-online demi meraih pasar yg lebih luas.

Sebagai wirausahawan jika anda tertarik dan baru mengenal internet marketing, maka sebagai pemula anda harus belajar internet marketing dasar terlebih dahulu. Sama halnya seperti balita tentunya harus belajar berdiri tegak terlebih dahulu sebelum bisa berjalan dengan baik.

Dalam mempelajari internet marketing dasar, hal pertama yg harus anda ketahui yakni metode belajar internet marketing. Berikut dibawah ini ulasan singkatnya.

Metode Belajar Internet Marketing 

Belajar internet marketing itu susah-susah gampang. Gampang bagi mereka yang mudah paham dan memiliki sumber referensi tepat, namun menjadi susah bagi mereka yang tidak memiliki sumber referensi terpercaya dan mentor. 

Tetapi sebetulnya tidak salah jika anda belajar sendiri, sebab permasalahannya hanya seberapa efektifkah strategi internet marketing yg dilakukan? Jadi metode belajar apapun bisa menjadi efektif. Tentu tujuannya sama yakni untuk mendapatkan uang dari internet. Namun akhirnya yang menentukan adalah output akhir, apakah dalam pengaplikasiannya sukses atau gagal? 

Nah, ada 4 metode belajar internet marketing. Dari ke-4 metode pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini ulasan tentang ke-4 metode belajar internet marketing :

Otodidak

Metode belajar internet marketing untuk pemula secara otodidak sebenarnya tidaklah buruk. Memang ada anggapan bahwa belajar sendiri tanpa mentor itu meragukan sebab kurangnya ilmu dan pengalaman. Namun pada kenyataannya kini sudah banyak internet marketer sukses yang belajar daeri awal secara otodidak. Metode ini sangat mudah, yakni dengan membaca berbagai artikel blog lain, postingan situs forum, atau bertanya langsung mengenai internet marketing. Kelebihan otodidak ini dimana kita bisa mencoba mempraktekan sendiri berbagai percobaan dan berpotensi menemukan inovasi berupa strategi atau trik baru soal internet marketing. 

Seminar / Workshop

Apabila anda ingin mendapatkan referensi langsung dari ahlinya, maka anda bisa memilih belajar internet marketing lewat seminar / workshop. Akhir-akhir ini memang sering digelar event-event seminar tentang internet marketing dan sejenisnya. Kita dapat mengikutinya dan mendapatkan referensi lebih mendetail. Meski seminar ini rata-rata hanya berdurasi 3 sampai 6 jam saja, namun anda akan mendapatkan banyak referensi berupa strategi atau trik internet marketing "daging". Namun event ini tidak gratis, sebab untuk mengikutinya kita harus membeli tiket dengan harga cukup mahal. Sebaiknya usahakan mendapatkan materi dalam bentuk softcopy atau hardcopy setelah seminar berlangsung, agar ilmu yg kita dapat bisa diingat dan dipraktekan pada kapanpun.

Kursus Langsung

Anda juga bisa mengikuti kursus internet marketing yg saat ini sudah banyak muncul. Metode ini sangat bagus sebab kita akan berhadapan langsung dengan ahlinya atau mentor. Metode belajarnya sama seperti di sekolah, namun kursus ini hanya berlangsung beberapa kali pertemuan seminggu sesuai kesepakatan. Nantinya seluruh materi telah disiapkan oleh mentor, kita hanya tinggal mendengarkan dan mempraktekan. Dan apabila materi yg disampaikan kurang dimengerti maka dapat langsung ditanyakan kepada mentor. Cara belajar yang bertahap ini sangat efektif, dimana kita bisa akan selalu di follow-up oleh mentor setiap usai mempraktekan ilmu internet marketing.

Kursus Online

Metode ini hampir sama dgn kursus langsung, hanya saja medianya secara online melalui aplikasi chat atau video call. Kita akan berinteraksi dengan ahlinya atau mentor. Kelebihannya disini kita bisa belajar tanpa perlu pergi ke tempat kursus, melainkan bisa belajar dari rumah. Yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet. Enaknya waktu belajar bisa disesuaikan mau saat pagi, siang atau malam hari. 

Tentu anda sudah bisa melihat keunggulan dan kelemahan dari ke-4. Nah, silahkan pada langkah awal ini tentukan dahulu salah satu metode belajar internet marketing yang ingin dilakukan. Jika sudah memilih metode belajarnya, silahkan pahami beberapa tipe internet marketing berikut ini.

Tipe Internet Marketing

Pilihan tipe internet marketing ini akan berpengaruh menentukan bagaimana cara anda menghasilkan uang dari internet. Jadi sebelum memilihnya, pikirkan matang-matang tipe bisnis internet marketing yg paling cocok dengan pribadi anda. Sebab banyak orang yang gagal pada langkah awal ini karena memilih yg tidak sesuai dengan pribadinya. Kebanyakan dari mereka mundur dan gagal ditengah jalan ketika menemui kejenuhan dan bosan disaat penghasilan / konversi penjualan merosit.

Pada bagian ini saya akan memberikan beberapa tipe internet marketing yang sudah sangat populer dan bisa menjadi ide memulai internet marketing anda sendiri.

1. Membuat Toko Online

Toko online adalah tipe internet marketing terpopuler saat ini atau biasa juga disebut e-commerce. Bila anda tertarik untuk membuat toko online, produk barang atau jasa adalah hal utama yang harus dimiliki. Namun, bila anda tak memiliki produk anda masih bisa berbisnis dengan toko online dengan menjadi reseller atau dropshiper.

2. Berjualan di Social Media

Selain dengan membuka online shop, social media juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran online. Beberapa social media yang bisa anda gunakan untuk berjualan dan keperluan promosi ialah Facebook, Twitter, Youtube dan Google Plus. Tentunya agar pengguna social media tertarik membeli produk yg anda jual, maka sudah seharusnya anda menawarkan produk berkualitas yg memang banyak dicari orang terlebih dahulu. Setelah itu rutinlah membuat promosi semenarik mungkin.

3. Berjualan di Situs Forum 

Sekarang sudah banyak situs forum online di Indonesia, seperti situs forum jual beli Kaskus, EOCommunity, dan ForumJualBeli.com. Melalui situs forum tersebut kita dapat berpromosi dengan memajang katalog display produk dan cara pembelian. Namun sebaiknya perhatikan dan pahami dulu peraturan forum sebelum berjualan disana, sebab ada beberapa forum yg mewajibkan anggotanya untuk aktif berdiskusi dulu sebelum berjualan di forum tersebut.

4. Menjadi Publisher Blog / Website

Menjadi publisher dari program periklanan adalah tipe internet marketing yang paling diminati oleh para blogger. Sebab dengan menjadi publisher kita bisa me-monetize blog tanpa harus memiliki produk. Cukup dengan mampu menulis dan membangun blog berkualitas maka kita sudah bisa menjadi publisher.

Beragam perusahaan penyedia program periklanan yg memiliki jutaan mitra advertiser dan bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan uang dari blog / website, antara lain adalah Google AdSense, AdMob dan Chitika.

5. Menjadi Affiliate Marketer

Selain menjadi publisher program periklanan, kita juga bisa menjadi affiliate marketer dengan mengikuti program affiliasi. Disini kita diharuskan mempromosikan dan menjual produk orang lain atau perusahaan penyedia program affiliasi.

Beberapa situs penyedia program affiliasi yang sangat terkenal dan menguntungkan antara lain ialah affiliasi internasional seperti Amazon dan ClickBank. Sedangkan untuk afiliasi lokal yakni situs-situs e-commerce seperti Ratakan dan Accesstrade.co.id.

6. Berjualan melalui Email Marketing

Ini adalah tipe bisnis internet marketing yg paling mudah diterapkan. Cukup dengan memiliki sebuah email maka kita sudah dapat memulai bisnis ini. Strategi email marketing ini sangat efektif untuk mendatangkan pegunjung dan membuat konversi penjualan. Melalui email marketing kita bisa menawarkan katalog display produk kepada calon pembeli. Kita bisa mengirim berbagai promosi, baik berupa sales letter maupun brosur.


Demikian artikel tentang Belajar Internet Marketing Dasar Untuk Pemula ini. Semoga bisa bermanfaat.

Belajar Internet Marketing Dasar Untuk Pemula

artikel terkait lainnya

2 komentar

  1. ilmunya jadi informasi penting buat saya yang baru mo mulai belajar internet marketing. trims

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *