follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Memulai Bisnis Online Shop Yang Terbukti Sukses

Cara Memulai Bisnis Online Shop - Perkembangan internet yang begitu pesat saat ini telah membawa perubahan terhadap gaya hidup banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Lihat saja kini bagaimana banyak orang-orang yang mengalihkan aktivitasnya sehari-hari dari dunia nyata yang sifatnya sudah tradisi kemudian beralih ke dunia online, contohnya seperti kegiatan jual beli online atau belanja online. Dimana dahulu orang-orang berbelanja di pasar, kemudian mengalami perubahan menjadi belanja di mall, hingga kini mengalami perubahaan tradisi lagi menjadi belanja online di internet.

Ini merupakan peluang potensial bagi orang yang tertarik menjalankan dan memulai bisnis internet. Siapapun, mulai dari pemula hingga yang sudah expert dan berpengalaman sekalipun dapat menjalankan bisnis online sendiri dan bisa mendapatkan keuntungan dari proses bagaimana memulai bisnis online ini.

cara memulai bisnis online shop tanpa modal gratis sukses

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti ketika anda ingin memulai bisnis online sendiri. Saya telah melihat dan menganalisa beberapa pebisnis online sukses, ketika mereka memulai bisnis online dan bagaimana mereka mengembangkan bisnis online sendiri hingga sukses dengan melakukan 7 langkah memulai bisnis online sukses berikut:

Cara Memulai Bisnis Online Shop

1. Menemukan kebutuhan orang lain dan jadilah orang pertama yang bisa memenuhi kebutuhan mereka
Biasanya kebanyakan orang yang baru memulai sesuatu akan membuat kesalahan dan mencari solusinya dengan mencari produk pemecahan masalah tersebut yang pertama kali muncul di pasar. 

Jika produk pertama yang mereka temukan tidak menghasilkan solusi, maka barulah kemudian mereka mencoba produk lain selanjutnya. Ini merupakan peluang besar bagi anda kalau bisa menjadi orang pertama yg bisa muncul di pasar tersebut.

Oleh karena itu untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam memulai bisnis online, maka cobalah cari dan temukan sekelompok orang atau komunitas yang sedang mencari solusi untuk suatu masalah, namun hingga saat ini mereka belum juga menemukan solusi tersebut. Untuk menemukannya silahkan coba tips berikut ini :
  • Kunjungi forum online untuk melihat apa masalah orang-orang dan apa pertanyaan mereka 
  • Lakukan riset kata kunci untuk menemukan keyword apa yang banyak dicari, tapi memiliki persaingan rendah
  • Amati beberapa kompetitor dengan mengunjungi website mereka dan catat bagaimana cara mereka membuat dan mengoptimasi konten. Kemudian Anda dapat menggunakan catatan tersebut dan membuat produk tersebut lebih baik dari yang sudah ada di pasar.
2. Membangun website yang simple tapi mengesankan.
Setelah punya produk dan pasar, maka kini saatnya mulai menjualnya dengan membuat website bisnis online Anda sendiri. Buatlah website bisnis online yang simple, sebab website anda hanya memiliki waktu kurang dari 10 detik untuk menarik perhatian pengunjung dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Apabila mereka meninggalkan website anda dalam waktu kurang dari 10 detik, maka kemungkinan mereka tidak akan pernah terlihat website anda lagi. Beberapa tips ini bisa menjadi acuan dalam membuat website bisnis online anda sendiri :
  • Pilih font polos dengan warna latar belakang website putih
  • Buatlah navigasi dengan jelas dan sederhana serta tampilkan pada setiap halaman
  • Masukkan tawaran opt-in sehingga Anda bisa mengumpulkan e-mail pengunjung
  • Membuatnya mudah untuk membeli - tidak lebih dari 2 klik untuk melakukan pembelian.
Sama halnya seperti toko offline, ingatlah bahwa website Anda adalah toko online Anda, sehingga buatlah website bisnis online yang ramah bagi pelanggan.

3. Menulis konten copywriting berkualitas
Kemudian gunakan catatan mengenai kompetitor anda tadi untuk membuat konten di website bisnis online anda. Mudahnya anda bisa membuat konten copywriting yang mirip dengan website kompetitor tapi dengan gaya bahasa anda sendiri, tentunya yang lebih menarik.

Berikut ini rumus untuk membuat konten copywriting khusus bisnis online yang bisa anda gunakan untuk mengarahkan pengunjung melakukan konversi pembelian :
  • Membuat judul yang menarik minat
  • Menjelaskan masalah dan solusi dimana produk Anda bisa memecahkan masalah tersebut
  • Membangun kredibilitas diri anda sebagai ahli dalam pemecahan masalah ini.
  • Menambahkan testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
  • Mengulas produk serta bagaimana manfaatnya
  • Membuat jaminan atas pemecahan masalah dengan produk anda, misalnya garansi uang kembali
  • Menciptakan urgensi tentang seberapa besar peran dari produk anda dalam memecahkan masalah calon pembeli
Fokuslah menjelaskan bagaimana produk atau jasa Anda secara unik, dan berikan kesan yang kuat bahwa produk anda mampu memecahkan masalah mereka. Berpikirlah seperti calon pembeli dan bertanya "Apa untungnya produk anda bagi saya?"

4. Membangun reputasi diri sebagai ahli di bidang tersebut
Kebanyakan pemula menggunakan internet untuk mencari informasi dan belajar. Mereka pastinya menginginkan sumber informasi terpercaya dan detail sesuai bidangnya agar mereka bisa memahami informasi tersebut secara penuh. Maka disinilah kesempatan anda untuk menjadi guru mereka. Manfaatkan peluang ini dengan membangun reputasi sebagai ahli di bidang tersebut.

Uuntuk membangun reputasi, Anda dapat memberikan informasi gratis di situs lain dan menyertakan link menuju website anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan lebih banyak trafik dan bisa meningkatkan peringkat websiite anda di mesin pencari. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk membangun reputasi ahli :
  • Menjadi penulis tamu di situs lain yang membahas topik serupa, kemudian membagikannya ke jejaring sosial.
  • Aktif dalam forum dan grup di social media yang fokus membahas topik di bidang anda dimana target pasar anda berada disana
Dengan begitu Anda akan mendapatkan trafik dan visitor baru. Selain itu anda akan mendapatkan backlink berkualitas.

5. Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan traffic ke website
Semakin tinggi trafik maka akan semakin besar potensi konversi penjualan yang terjadi. Jadi upayakan agar mesin pencari mampu mengarahkan trafik organik ke website bisnis online kita. Anda bisa mengoptimasi website dengan SEO, baik itu SEO on-page seperti title, meta, dan H tag maupun SEO off-page seperti backlink berkualitas.

Selain trafik organik dengan SEO, memasang iklan berbayar di Google AdWords juga menjadi cara termudah dan terbaik untuk mendapatkan trafik ke website. Ada 2 kelebihan efektif jika anda memilih memasang iklan di Google AdWords, pertama website kita akan muncul di halaman pencarian segera; kemudian yang kedua, Anda bisa mencoba variasi kata kunci berbeda. Sehingga anda bisa menentukan dan menggunakan kata kunci yang paling banyak menghasilkan konversi. Maka setelah itu anda dapat meletakkan kata kunci tersebut di seluruh halaman website Anda, sehingga akan membantu peringkat Anda dalam hasil pencarian organik.

6. Gunakan e-mail marketing untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.
Data pelanggan adalah aset paling berharga bagi bisnis online. Ketika Anda membangun sebuah daftar opt-in, itu berarti anda telah menciptakan aset terpenting. Apabila calon pelanggan dan pelanggan telah memberikan izin kepada Anda untuk mengirimi mereka e-mail. Itu berarti :
  • Anda telah berhasil memberikan sesuatu yang mereka cari
  • Anda sedang menjalin hubungan baik dengan mereka.
  • Respon pelanggan 100 persen bisa dicapai
  • Melakukan promosi tertarget yang lebih murah dan lebih efektif daripada promosi melalui media cetak, televisi atau radio.
7. Meningkatkan penghasilan melalui penjualan back-end dan upselling
Salah satu strategi internet marketing penting lainnya yaitu mengembangkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan pelanggan tetap hingga seumur hidup mereka. Perlu anda ketahui bahwa menurut riset, setidaknya 36 persen dari orang-orang yang telah melakukan pembelian dari Anda sekali, maka akan membeli dari Anda lagi apabila Anda bisa mengikuti mereka dengan baik. Berikut ini upaya yang bisa anda lakukan untuk mendorong terjadinya pelanggan baru bisa melakukan pembelian lagi  :
  • Menawarkan produk lain yang bisa melengkapi produk pertama yang telah mereka beli
  • Mengirimkan kupon promo lewat email bagi pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi
  • Menawarkan produk-produk terkait di halaman ucapan "Terima Kasih" setelah mereka membeli.
  • Berikan hadiah bagi pelanggan loyal sebagai ucapan terima kasih atas kesetiaan mereka

Internet berkembang sangat pesat sehingga satu tahun dalam online, bisa sama dengan sekitar lima tahun di dunia nyata. Tetapi prinsip-prinsip tentang bagaimana cara memulai dan mengembangkan bisnis online yang sukses ini tidaklah berubah sama sekali.

Jika Anda ingin memulai bisnis online, maka silahkan ikuti urutan langkah-langkah diatas. Namun apabila Anda sudah memulai bisnis online dan sedang dalam tahap mengembangkan bisnis online, maka coba amati apakah ada langkah yang anda lewatkan. 

Cara Memulai Bisnis Online Shop Yang Terbukti Sukses

artikel terkait lainnya

1 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *