follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tips Menjalankan Bisnis Online Shop Agar Sukses

Dalam menjalankan bisnis online shop atau jualan online, baik itu menjual produk buatan sendiri ataupun menjadi reseller / dropship kita harus mengerti bahwa untuk menghasilkan konversi penjualan yang maksimal dan menguntungkan sesuai harapan itu butuh proses dan memakan waktu tidak sebentar. 

Meski anda menjual produk yang berkualitas dan dapat bersaing dengan produk merk lain yg serupa, namun jika kurang promosi ataupun promosi yang anda gencarkan tidak tepat sasaran, maka tentu orang-orang tidak akan mengenal produk dan toko online anda, sehingga wajar apabila bisnis online shop yg anda jalankan belum bisa menghasilkan konversi penjualan yang maksimal. Oleh sebab itu dalam menjalankan jualan online atau bisnis online shop, maka sudah sepatutnya anda sebagai pemiliki toko online harus berupaya melakukan promosi dengan tepat.

Tips Menjalankan Bisnis Online Shop Agar Sukses

Adapun berikut silahkan simak 5 tips menjalankan bisnis online shop dibawah ini yang dapat menghantarkan anda pada kesuksesan.

Tips Menjalankan Bisnis Online

Tentukan target pasar
Silahkan tentukan target pasar sesuai dengan pembeli produk anda. Misalnya jika anda jualan online produk fashion seperti dress, maka anda bisa mencoba menargetkan wanita dewasa sebagai pembeli. Atau jika anda jualan online kaos clothing maka sudah tentu seharusnya anda menargetkan pemuda dan pemudi atau anak SMA.

Promosikan kepada teman
Setelah menentukan target pasar maka selanjutnya sebagai langkah awal cobalah lakukan promosi secara langsung kepada orang yang anda kenal. Sampaikan kepada mereka bahwa anda kini telah membuka toko online. Ini adalah metode promosi tradisional yang sangat efektif. Meski mereka tidak membeli  saat ini, akan tetapi mungkin mereka akan membeli di kemudian hari. Tentu anda memiliki banyak teman kan, baik itu teman semasa sekolah dasar, smp, sma, kuliah, teman rumah, teman nongkrong, atau mungkin bahkan temannya teman anda. Bayangkan jika jumlah semua teman anda ada ratusan orang yang bisa anda beritahukan Toko online anda, Maka bukan tidak mungkin ada satu atau dua orang yang membeli.

Berikan diskon !
Diskon nyatanya masih menjadi daya tarik bagi para calon pelanggan sejak dulu hingga sekarang. Bahkan toko online seperti e-commerce besar pun masih menggunakan metode ini untuk menjaring pelanggan baru. Maka berikanlah diskon kepada calon pelanggan dan beritahukan semua orang tentang potongan harga yang ditawarkan oleh toko online anda. Bila perlu katakan secara langsung kepada kenalan bahwa akan ada potongan harga jika mereka membeli minggu ini. 

Tawarkan juga produk orang lain yang serupa
Jadikan toko online sebagai bisnis gabungan. Anda bisa menjual dan menggabungkan produk buatan anda dengan produk orang lain yg sejenis dalam toko online. Ini merupakan trik baik agar toko online anda terlihat lebih lengkap. Soal supplier, kini sudah banyak tersedia produsen yang menyediakan program dropship dan reseller. Anda tinggal membuka google dan mengetikkan kata kunci "Supplier" atau "Dropship" atau "distributor".

Sedangkan soal harga, cobalah komunikasi dengan supplier tersebut dan tanyakan bagaimana pembagian komisi jika anda berhasil menjual produk mereka. Kalau komisi dirasa kurang cocok, maka silahkan lakukan negosiasi.

Iklan berbayar (Paid search)
Jika hasil bisnis online shop tidak sesuai harapan dan dirasa kurang memuaskan, maka jangan menyerah dan tanamkan dalam diri bahwa bisnis online shop yg anda jalankan sekarang adalah investasi. Mungkin di tahun pertama bisnis online shop anda belum banyak menghasilkan, tapi yakinilah itu adalah sebuah proses yang harus anda tempuh. Jika anda fokus dan sungguh-sungguh ingin mengembangkan bisnis online shop, maka bukan tidak mungkin pada tahun berikutnya usaha bisnis online shop anda bisa menghasilkan keuntungan berkali lipat. Mungkin bila memiliki modal lebih, anda bisa mencoba mempromosikan toko online dan memasarkan produk secara berbayar di internet. Beberapa metode promosi berbayar yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi penjualan yaitu beriklan di Google adwords dan Facebook. 


Sekian 5 tips yang bisa saya sampaikan mengenai cara menjalankan bisnis online shop hingga sukses. Ke-5 tips ini bisa dirangkum menjadi 2 komponen utama, yakni produk yang berkulaitas dan promosi dengan baik. Bagi saya kedua unsur itulah yang dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis online shop. 

Tips Menjalankan Bisnis Online Shop Agar Sukses

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *