follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tips Menjadi Internet Marketer Handal

Tips Menjadi Internet Marketer Handal - Apa anda baru menekuni bisnis internet marketing online? Atau sudah cukup lama terjun di bisnis internet ini namun belum mendapatkan penghasilan? Jika iya, maka kini sudah saatnya belajar menjadi internet marketer handal.

Marketing di internet tidaklah sama seperti sales di dunia nyata yang harus membawa dan menawarkan poduk dari satu pintu ke pintu lain, pandai berbicara dan wangi. Pemasaran di internet bagi saya adalah tantangan untuk menaklukan, yakni menaklukan mesin pencari, SEO, social media dan berbagai penunjang marketing online lainnya.

Kini banyak muncul para internet marketer baru. Semua berlomba untuk memenangkan pasar di internet. Banyak blog / website baru dibuat, banyak web toko online didirikan dan banyak nama domain baru muncul. Namun ketahuilah bahwa hanya internet marketer handal yang akhirnya mampu bertahan. 

Lalu apa rahasia para internet marketer handal hingga mampu bertahan dan terus menghasilkan uang? Berbagai strategi diupayakan mulai dari SEO, email marketing, social media marketing, bahkan hingga paid search yakni beriklan di Google Adwords dan PPC lain. Namun tahukah anda bahwa hal tersebut belumlah cukup, karena nyatanya hampir semua internet marketer juga melakukan itu. Maka jika ingin sukses dalam berbisnis online, sudah sepatutnya kini kita mulai menjadi internet marketer handal dengan paket lengkap.

Tips Menjadi Internet Marketer Handal

Tips Menjadi Internet Marketing Handal

Agar dapat menjadi marketer handal, Anda harus memiliki Faktor-X dan tampil beda. Inilah nantinya yg akan membuat kita berada beberapa langkah di depan para kompetitor bisnis. Nah, hal-hal apa saja yg menjadi faktor x tersebut ? Silahkan simak TIps Menjadi Internet Marketing Handal dibawah ini.

Target Pasar 

Tips menjadi marketing handal pertama ialah menentukan target pasar. Sesuaikan target pasar dengan produk. Misalnya, untuk produk peralatan rumah tangga, seperti peralatan dapur, peralatan elektronik, dan sebagainya. Maka sebaiknya cobalah menyasar pasar ibu rumah tangga. 

Target yang jelas akan memangkas waktu penjualan menjadi lebih cepat. Promosi pun dapat menjadi lebih efektif. Contoh promosinya ialah melalui Facebook-Ads dengan menyasar pasar perempuan dengan rentang usia 25-50 tahun.

Kesan Pertama

Kesan pertama sangat berarti bagi calon customer upaya melanjutkan ke tahap selanjutnya. Kita dapat memberikan kesan baik melalui tampilan website profesional, misalnya dengan desain dan warna menarik, memiliki navigasi jelas dan terutama berisi konten informatif dan bermanfaat.

Selain itu pastikan agar CS (Customer Service) standby dan selalu sedia melayani pertanyaan pengunjung dengan ramah. 

Relasi

Banyak teman maka banyak rejeki. Hal ini pun terbukti berlaku bagi para internet marketer. Ketika kita menceritakan bisnis dan produk kepada teman, maka informasi itu dapat menyebar luas. Ini adalah media promosi gratis yang sangat menguntungkan.

Seandainya bila teman tidak tertarik, mungkin saja teman dari teman kita tertarik dan akhirnya berminat membeli produk kita. Nah cara memperluas jaringan ini bisa melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Google Plus. Ataupun melalui situs-situs forum.

Product Knowledge

Wajib bagi kita untuk memahami detail produk atau product knowledge. Contohnya mengetahui kualitas, harga, kelebihan dari produk, cara penggunaan, metode pembayaran dan proses pengiriman. Maka dari itu Anda haruslah membuat ulasan artikel review tentang produk tersebut. 

Hal ini menjadi sangat pokok apabila ada customer yg bertanya tentang detail produk. Efeknya jika kita mampu menjelaskan detail produk dengan baik, maka sudah barang tentu pelanggan akan lebih yakin untuk berbisnis dan melakukan transaksi.

Tekun & Konsisten. 

Pebisnis dan marketer online haruslah tekun. Sebab hasil dari ketekunan tersebut pastilah akan terlihat, terlebih bila selalu dilakukan evaluasi. Selain itu konsisten adalah hal yg sangat menantang, dimana kita harus memutuskan apakah bisnis harus bertahan atau tidak ketika pasar mengalami penurunan omset dan kerugian.

Tidak Mudah Puas. 

Menjadi pribadi dinamis dan selalu berupaya membuat target adalah kunci tips menjadi internet marketing handal berikutnya. Sebab bila kita cepat merasa puas, maka laju pertumbuhan bisnis bisa terhambat karena kita terlalu lama menikmati pencapaian yg diraih. 

Oleh karena itu janganlah menjadi pribadi yg cepat puas akan pencapaian yg telah berhasil digapai. Teruslah berjuang dan berinovasi untuk meningkatkan kemampuan ke tahapan berikunya.

Testimoni. 

Memperhatikan hal-hal kecil yg diucapkan oleh pelanggan juga bisa menjadi kunci kesuksesan sebuah bisnis. Baik itu tentang keluhan maupun tentang testimoni baik atas suatu produk. 

Kumpulkan testimoni kepuasan pelanggan dan tunjukan kepada calon pelanggan lain. Dengan melihat testimoni tersebut, maka calon pelanggan dapat merasa lebih yakin untuk menggunakan jasa / produk yang kita tawarkan. 

Realistis. 

Penolakan adalah hal biasa dalam dunia bisnis marketing. Jadi janganlah berkecil hati saat penawaran yg kita berikan kepada calon pelanggan selalu mengalami penolakan. Lihat baik-baik profesi marketing di dunia nyata secara realistis. Internet Marketing handal pun mengalami hal itu. Profesi ini menuntut mental baja dan energi ekstra upaya mempertahankan bisnis. Jadi tetaplah realistis dlm menjalankan hari-hari sebagai internet marketing handal.

Ikhlas Sedekah. 

Ini mungkin sering dilupakan. Ketika sudah berhasil, seharusnya kita tidaklah larut dalam euforia keberhasilan kita, yaitu dengan belanja, berpesta, ataupun membuang-buang uang. 

Lihatlah dunia sekitar, khususnya kalangan tidak mampu. Saya yakin apabila kita tidak segan memberi kepada orang-orang yg membutuhkan, maka rezeki kita pun akan semakin ditambahkan. Oleh karena itu jadilah para internet marketer handal yang baik hatinya. :)

Tips Menjadi Internet Marketer Handal

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *