follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tokopedia, Startup Lokal Pemimpin E-Commerce Indonesia

Tokopedia, Startup E-Commerce Online Mall - Tren belanja online yang terjadi di Indonesia saat ini merupakan peluang bisnis internet potensial bagi mereka yang mengerti. Ini merupakan peluang bagi tumbuh kembangnya StartUp lokal seperti website e-commerce. Tak heran jika berbagai startup berbasis website e-commerce bermunculan saat ini, mulai dari e-commerce yang dimiliki oleh personal hingga berbasis perusahaan yang dikelola oleh tim dengan biaya operasional yang fantastis.

Tokopedia, Startup Lokal

Jika anda aktif dalam forum jual beli tentu sudah tidak asing dengan nama Tokopedia yang merupakan salah satu e-commerce di Indonesia. Tokopedia adalah StartUp lokal yang telah menjadi raksasa e-commerce dengan pencapaian investasi terbesar di Asia Tenggara. 

Tokopedia telah berhasil mencatatkan rekor nilai kontrak mencapai 100 juta USD atau 1,2 triliun rupiah. Dengan angka fantastis tersebut, Tokopedia kini mampu membangun tim solid untuk menjadikan Tokopedia sebagai StartUp lokal yang mendunia.

Tapi tahukah anda dahulu saat Tokopedia baru didirikan itu prosesnya sama seperti kita ketika memulai bisnis online sekarang? Mereka (pendiri Tokopedia) pun membangun Tokopedia dimulai dari bisnis kecil yakni membuat website jualan online, hingga menjadi StartUp lokal, dan hingga akhirnya kini berhasil menjadikan Tokopedia sebagai E-commerce terbesar di Indonesia. 

Lahirnya Tokopedia

Tokopedia pertama kali diluncurkan pada 2009, Sejak awal Tokopedia mantap menjadi salah satu pemimpin perusahaan e-commerce di Indonesia. Ini dapat ditunjukkan dari statistik visitor yang telah mencapai 10 juta pengunjung per bulana. Para calon pembeli yang mencari produk dan para penjual yang memasarkan produknya mengambil bagian terbanyak dari statistik pengunjung.

Selain itu tercatat hingga 2014 mereka telah mampu menghasilkan 24 juta transaksi jual beli online dengan nilai mencapai puluhan miliar rupiah. Inilah yang menjadikan Tokopedia sebagai situs belanja online terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Sejarah Nama Tokopedia

William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia, sebelum mendirikan Tokopedia ia bekerja sebagai Super Moderator di sebuah perusahaan e-commerce. Saat itu setiap harinya ia mengurusi transaksi jual-beli online, ia sering mendapat keluhan terjadinya penipuan dari pembeli maupun penjual. Namun, saat itu menjabat tentu dia tidak bisa berbuat banyak. Dilatar belakangi dari pengalaman tersebutlah kemudian William berkeinginan membuat website e-commerce nya sendiri dengan menerapkan sistem keamanan transaksi yang mutakhir.

william ceo tokopedia
Beliau pun kemudian terpikirkan membuat website e-commerce dengan nama Belanjaaman.com. Tapi ternyata nama tersebut ditolak oleh Leontinus Alpha Edison - sapaan Leon - (partner William pendiri Tokopedia) karena namanya dianggap kurang menjual.

Karena penolakan pemilihan nama oleh partnernya tersebut, William pun kembali mencari nama lain hingga mendapatkan nama Kopaja.com (singkatan dari toko apa saja). Namun Leon kembali menolaknya, sebab nama Kopaja telah digunakan oleh Pemprov DKI Jakarta yang merupakan singkatan dari Koperasi Angkutan Jakarta. Selain itu domain kopaja.com juga statusnya sudah terverifikasi dan telah digunakan oleh orang lain, sehingga mereka bisa dituntut karena telah menggunakan domain yg sama.

Hinga kemudian akhirnya ia terbesit ide menggunakan nama Tokopedia untuk website e-commerce nya. Ia berfikir bahwa website nya nanti akan menjadi tempat jual beli berbagai macam produk layaknya sebuah ensiklopedia yang memberikan banyak informasi bagi pembaca. Ini merupakan gabungan dari kata toko dan ensiklopedia. Ia pun memverifikasi nama domain Tokopedia.com tersebut dan mulai membangun website e-commerce nya sendiri.

Hingga akhirnya Tokopedia.com berhasil berkembang sangat pesat dan menjadi perusahan e-commerce dengan konsep online mall atau marketpalce yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Pengguna dapat bertransaksi online dengan mudah, aman dan nyaman. Tokopedia pun kemudian tumbuh menjadi perusahaan e-commerce dengan reputasi baik bagi para investor. Ini dibuktikan dengan banyaknya bentuk kesepakatan kerjasama Tokopedia dengan para investor sejak 2009. 

Investasi Tokopedia

Selama ini, tak banyak investor luar negeri yang percaya untuk berinvestasi dengan dana besar ke perusahaan Indonesia. Terlebih, dalam bisnis online termasuk situs jual beli online seperti Tokopedia. Pasalnya untuk menyuntikan dana investasi yang besar, maka perusahaan harus memiliki reputasi yang sangat baik di mata investor. Beruntung Tokopedia dikategorikan sebagai perusahaan situs jual beli online dengan reputasi sangat baik bagi banyak perusahaan asing. 

Berawal dari reputasi baik inilah yang menjadikan Tokopedia akhirnya bisa mendapatkan kepercayaan perusahaan internasional untuk berinvestasi. Tokopedia pun mampu mendapatkan investasi oleh Indonusa Dwitama. Kemudian, berturut-turut pada tahun berikutnya mendapatkan investasi dari East Ventures, CyberAgent Ventures pada 2011, BEENOS pada 2012 dan investasi dari SB Pan Asia Fund.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, pada puncaknya di tahun 2014, Tokopedia berhasil memperoleh investasi sebesar 100 juta USD (setara dengan Rp 1,2 triliun) dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital. Investasi kedua perusahaan asing inilah yang membawa nama Tokopedia ke mata dunia, karena telah mencatatkan rekor investasi terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Inilah yang menjadikan Tokopedia menjadi StartUp lokal yang bertaraf internasional hingga sekarang ini

Perlu diketahui bahwa selain bekerjasama dengan Tokopedia, SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital adalah kedua perusahaan yang juga telah mencatatkan namanya sebagai penyandang dana sejumlah perusahaan besar seperti Google, Apple, Yahoo, Oracle, CISCO, Youtube, Linkedin, Instagram, dan WhatsApp. Hal ini tentu mengangkat nama Tokopedia sebagai StartUp lokal yang berevolusi menjadi Perusahaan E-commerce terbesar di Indonesia.

Tokopedia berkomitmen membangun e-commerce yang memberikan manfaat bagi masyarakat dengan menciptakan kesempatan dan lapangan pekerjaan baru. Sistem e-commerce nya mempertemukan antara penjual dan pembeli, sehingga para wirausahawan dapat mengembangkan bisnis. Tokopedia mengembangkan teknologi terbaiknya dengan tujuan membantu para penjual dan pembeli dalam memberikan pengalaman terbaik bertransaksi online. Tokopedia selalu berupaya memprioritaskan pengguna dan fokus mensukseskan bisnis mereka.

Penutup 
Setelah membaca kisah perjalan kesuksesan pendiri Tokopedia, dari mulai proses William dan Leon (Pendiri Tokopedia) mendirikan StartUp e-commerce Tokopedia, hingga kini berhasil menjadikan Tokopedia sebagai pemimpin E-Commerce terbesar dan terpercaya di Indonesia. Saya berharap kita dapat terinspirasi dalam menjalankan usaha online atau bisnis internet.

Meski untuk mencapai puncak bisnis Tokopedia tidaklah memerlukan lama, yakni hanya sejak tahun 2009, namun potensi kemampuan dan proses seseorang dalam mencapai puncak kesuksesan dalam bisnis online itu berbeda, jadi jalani saja apa yang sudah menjadi konsep bisnis online Anda. Syukur-syukur artikel ini bisa menginspirasi kita semua, hingga dapat membuat StartUp seperti Tokopedia yang menjadi  pemimpin E-Commerce terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Tokopedia, Startup Lokal Pemimpin E-Commerce Indonesia

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *