follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Hary Tanoesoedibjo, Pengusaha Multimedia Tersukses Di Indonesia

Hary Tanoesoedibjo adalah salah satu pengusaha bisnis multimedia tersukses di Indonesia. Beliau merupakan pemilik MNC Group yang menaungi beberapa stasiun televisi seperti RCTI, Global TV, MNC TV serta koran SINDO dan Okezone.com. Ia merupakan salah satu pengusaha yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Hary Tanoesoedibjo, Pengusaha

Mengenal Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo lahir di Surabaya pada 26 September 1965. Ayahnya Ahmad Tanoesoedibjo adalah seorang pengusaha sukses. Dari sang ayah lah dirinya mendapatkan motivasi bisnis hingga menjadi orang besar saat ini. 

Ia merupakan lulusan Carleton University, Ottawa Kanada dengan gelar Master of Business Administration. Semasa kuliah, ia memang dikenal pandai, terbukti ia hanya perlu satu tahun untuk menyelesaikan studi master nya.

Karir Hary Tanoesoedibjo

Karir Harry Tanoesoedibjo bermula dari perusahaan yang didirikannya pada 1989 yaitu PT. Bhakti Investama, Tbk atau yang lebih dikenal dengan MNC, Tbk. Salah satu perusahaan yang berhasil diakuisisinya yakni PT. Bimantara Citra Tbk yang sebelumnya dimiliki oleh Bambang Trihatmojo (anak mantan presiden Soeharto). Dan dimulai dari sinilah karir sang pengusaha multimedia ini mulai tumbuh dan berkembang.

Setelah berhasil mengakuisisi, kemudian MNC TV terus meluaskan jaringan perusahaannya dengan berhasil mengakuisisi beberapa stasiun televisi yaitu RCTI, Global TV dan TPI (kini MNC TV). Tak hanya itu, bisnis Hary Tanoesoedibjo juga telah merambah sampai ke bisnis media cetak. Tercatat ia merupakan pemilik dari Koran Seputar Indonesia, Majalah Ekonomi Trust dan Tabloid Genie. Sedangkan dalam dunia penyiaran, ia merupakan pemilik stasiun radio Trijaya FM serta perusahaan penyedia layanan TV kabel satelit Indovision.

Berkat bisnis multimedia nya yang menggurita, beliau pernah tercatat sebagai orang terkaya ke-22 di Indonesia versi majalah Forbes dengan nilai total kekayaan mencapai US $ 1,35 miliar.

Hary Tanoesoedibjo Di Dunia Politik

Setelah mantap di dunia bisnis, pada 2011 ia kemudian mencoba terjun ke dunia politik dengan bergabung di partai Nasional Demokrat (NasDem). Namun pada tahun 2013, Harry memutuskan keluar dari partai Nasdem karena sudah tak sepaham lagi dengan sang pendiri partai, Surya Paloh.

Kemudian ia mendirikan Perindo, yakni organisasi yang anggotanya terdiri dari beberapa mantan pengurus Nasdem yang memang tak sepaham juga dengan kebijakan partai tersebut. Tak lama dia pun kemudian mendapatkan pinangan sebagai calon wakil presiden usungan partai Hanura yang dimotori oleh Wiranto. Bersama calon presiden Wiranto, kala itu Wiranto-Hary Tanoesoedibjo menyatakan siap maju sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2014.

Namun peruntungannya dalam dunia politik saat itu belum berpihak kepadanya. Ia gagal maju menjadi calon wakil presiden dikarenakan partai Hanura tidak mencukupi dukungan dan memilih bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mengusung Jokowi-JK sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Kini setelah gagal maju menjadi calon wakil presiden, ia memutuskan mendeklarasikan Perindo sebagai partai politik yang siap maju ke pemilu berikutnya pada tahun 2019. Kini dirinya sibuk membangun partai Perindo serta membangun kerajaan bisnis multimedia nya bersama MNC GROUP.

Hary Tanoesoedibjo, Pengusaha Multimedia Tersukses Di Indonesia

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *