follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Profil Surya Paloh, Pengusaha Sukses di Bisnis Media Massa

Surya Paloh adalah seorang pengusaha pers sukses. Ia merupakan pemilik Media Group yang menaungi beberapa media cetak dan televisi seperti Metro TV, Media Indonesia dan Lampung Post.

Profil Surya Paloh
Profil Surya Paloh

Pendidikan dan Organisasi Surya Paloh

Surya Paloh lahir di Banda Aceh, 16 Juli 1961 dengan nama lengkap Surya Dharma Paloh. Ayah dan ibunya bernama Daud Paloh dan Nursiah Paloh. Semasa kecil ia tinggal di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Saat sekolah, ia sudah mengenal bisnis dengan menjual karung goni, teh dan ikan asin. 

Surya remaja kuliah di Universitas Sumatera Utara dengan mengambil jurusan fasilitas hukum. Selain itu, ia juga berkuliah di Universitas Islam Sumatera Utara mengambil jurusan fakultas sosial. Semasa kuliah, ia aktif berorganisasi dengan aktif terlibat menentang kebijakan-kebijakan di masa orde lama.

Surya kemudian terpilih menjadi pimpinan di Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI). Setelah KAPPI bubar, ia menjadi ketua umum Organisasi Putra-Putri ABRI (PP-ABRI) Sumatera Utara.

Awal Surya Paloh Menekuni Bisnis, Pers dan Politik

Sadar bahwa berorganisasi dan berpolitik memerlukan biaya, Surya pun kemudian mulai menekuni bisnis. Ia lantas membuka usaha karoseri dan menjadi sales penjual mobil di Medan. Kemudian ia membuka usaha catering Jasa Boga, yang kini telah sukses menjadi salah satu perusahaan catering terbesar di Indonesia. 

Kemudian ia mendirikan surat kabar media cetak harian yang dinamakan Prioritas. Surat kabarnya ini sangat diminati pembaca dan laku keras. Namun kejayaan surat kabarnya tak berlangsung lama sebab pemerintah mencabut SIUPP dengan alasan media Prioritas tidak memenuhi kode etik jurnalistik.

Namun hal tersebut tak membuatnya berkecil hati. Bekerja sama dengan rekannya Drs. T. Yously Syah,   pada tahun 1989 Surya lantas menghidupkan kembali surat kabar harian Media Indonesia.

Beliau melakukan pembaharuan terhadap logo dan cara penyajian berita Media Indonesia yang dibuatnya mirip dengan media Prioritas. Ia memutuskan berani bersaing dengan sejumlah media cetak lain yang telah berpengalaman lebih dulu seperti Pos Kota dan Kompas.

Berkat kegigihannya itu kemudian ia berhasil membangun Media Indonesia menjadi salah satu surat kabar harian terbesar di Indonesia. Kesuksesannya inilah yang kemudian mendorongnya untuk mendirikan stasiun televisi dengan konten berita dibawah naungan Media Group yang dinamakannya Metro TV. 

Kesuksesan yang telah dicapainya ini tak membuatnya lupa akan tekadnya yang kental terhadap dunia organisasi dan politik. Surya Paloh kemudian terjun ke politik dan terpilih menjadi anggota DPR. Selanjutnya bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X, Surya Paloh mendirikan partai Nasional Demokrat (NasDem).

Profil Surya Paloh, Pengusaha Sukses di Bisnis Media Massa

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *