follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Profil Susi Pudjiastuti, Tamatan SMP Yang Sukses Bisnis Perikanan & Penerbangan Serta Menjadi Menteri

Profil Susi Pudjiastuti - Pendidikan mungkin mahal harganya di tanah air ini. Inilah yang menjadi sebab sebagian kalangan masyarakat menengah ke bawah terpaksa putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan sampai jenjang berikutnya.

Namun terlahir miskin bukanlah kesalahan, tetapi meninggal dalam keadaan miskin itulah yang menjadi kesalahan besar. Ungkapan itulah yang setidaknya mampu memicu semangat orang-orang putus sekolah agar tetap giat bekerja demi mencapai cita. Mungkin pemikiran seperti inilah yang juga mengantarkan seorang Susi Pudjiastuti pada pintu gerbang kesuksesan. Lalu siapakah sosok Susi Pudjiastuti yang kini menjadi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI?

Profil Susi Pudjiastuti

Profil Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran pada tanggal 15 Januari 1965.  Ia hanyalah sosok anak perempuan biasa yang terlahir dari keluarga biasa. Ayahnya H. Ahmad Karlan dan Ibunya Hj. Suwuh Lasminah adalah saudagar pemasok sapi di provinsi Jawa Barat.

Susi muda tumbuh menjadi gadis biasa saja. Usai tamat SMP, ia lantas melanjutkan pendidikan SMA di Jawa Tengah. Namun ketika memasuki tahun kedua SMA, beliau memutuskan berhenti sekolah. Ia memilih kembali ke Pangandaran dan mencoba peruntungan bisnis pakaian.

Namun karena melihat potensi Pangandaran sebagai kawasan penghasil ikan, kemudian Susi beralih dari bisnis pakaiannya dan mulai melirik bisnis ikan. Bermodalkan Rp 750 ribu hasil menjual perhiasannya, dia kemudian memulai bisnis perikanan.

Susi Pudjiastuti Memulai Bisnis Perikanan

Diawal bisnis Susi hanya membeli ikan di tempat pelelangan lalu menjualnya ke beberapa restoran rumah makan di sekitar Jawa Barat. Baru setahun menjalankan bisnis, ia kemudian mampu menguasai pasar pelelangan ikan di Pangandaran. Ia pun lantas meluaskan jangkauan pasar bisnisnya dengan memasarkan ikan ke sejumlah restoran dan rumah makan di Jakarta serta mengekspornya ke luar negeri. Karena ketika itu permintaan udang lobster luar negeri sangatlah besar, kemudian ia fokus berupaya mencari lobster ke berbagai daerah di Indonesia.

Permintaan lobster yang kian hari makin meningkat ini ternyata mendatangkan permasalahan baru bagi bisnisnya. Stok lobsternya yg melimpah justru terhambat oleh masalah pengiriman kepada pemesan dikarenakan armada transportasi yang tidak memadai, dimana pengiriman ikan via jalur udara harus terpenuhi. Karena jika memilih pengiriman melalui jalur laut atau darat akan mengakibatkan kualitas lobster menjadi tidak segar saat sampai ke tangan konsumen. Dari sinilah muncul ide Susi untuk membeli sebuah pesawat guna memenuhi kebutuhan armada transportasi. Idenya ini juga didukung penuh oleh sang suami, Christian von Strombeck yang merupakan seorang pilot.

Meski pengajuan pinjaman dana ke bank sempat ditolak pada tahun 2000, namun akhirnya pada 2005 ia berhasil memperoleh suntikan pinjaman dana dari bank sejumlah Rp 47 milyar. Dana ini kemudian ia gunakan untuk membeli dua pesawat Cessna serta membuat landasan udara. 

Susi Pudjiastuti Memulai Bisnis Maskapai Penerbangan Susi Air

Nah, ketika terjadi bencana Tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004, Susi tergerak untuk menolong para korban dengan datang ke Aceh untuk menyebarkan bantuan melalui jalur udara dan memberikan jasa pengangkutan gratis dengan pesawat selama 2 minggu. Namun tak disangka setelah 2 minggu, ternyata beberapa organisasi kemanusiaan luar negeri memintanya untuk bersedia menyewakan pesawat. Dan dari sinilah awal mula bisnis penerbangan Susi Air.

Dan hingga sekarang maskapai penerbangan Susi Air terus mengudara dibawah naungan PT ASI Pujiastuti Aviation, dengan memiliki sekitar lebih dari 50 armada penerbangan. Susi Air menyediakan jasa pengangkutan dan pengiriman barang ke seluruh dunia dengan penerbangan berjadwal dan charter.

Susi Pudjiastuti Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Sepak terjang dan pengalamannya dalam bidang perikanan dan kelautan kemudian membuat Presiden Indonesia ke-7 periode 2014-2019, Ir. Joko Widodo memilih Ibu Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Profil Susi Pudjiastuti

Profil Susi Pudjiastuti, Tamatan SMP Yang Sukses Bisnis Perikanan & Penerbangan Serta Menjadi Menteri

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *