follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

4 Istilah Tahapan Pendanaan Startup Lokal di Indonesia

Startup merupakan perusahaan yang sedang dirintis dan dalam tahap pengembangan. Nah dalam upaya merintis dan mengembangkan sebuah bisnis tentu seorang founder perusahaan sangat memerlukan dana segar guna menggerakkan roda bisnis tersebut. Karena pada dasarnya salah satu karakteristik startup ialah perusahaan yang memang memiliki modal minim serta pendapatan yang belum stabil (tak mencapai 100.000 USD per tahun).

Jadi bisa dibilang bahwa startup merupakan perusahaan yang memiliki pendapatan tergolong kurang tetapi masih bisa bertahan. Bertahannya sebuah perusahaan startup ini bisa disebabkan oleh 2 faktor berbeda, yakni karena pendanaan berasal dari modal sendiri masih cukup atau mendapatkan pendanaan dari investor. 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan berbicara mengenai pendanaan beberapa istilah yang digunakan pada tahapan pendanaan Startup.
Pendanaan Startup Lokal

Dalam tahapan pendanaan startup yang diberikan investor ini, ada beberapa istilah penting mengenai tahapan pendanaan startup yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis startup. Berikut penjelasannya.

Tahapan Pendanaan Startup Indonesia

Seed Round - Putaran Pendanaan Tahap Awal

Tahapan awal dalam pendanaan startup oleh investor ini sering disebut seed round, yaitu  pendanaan startup tahap awal untuk perusahaan yang baru didirikan. Tujuan suntikan pendanaan startup tahap awal ini ialah untuk meneliti potensi produk yang dibuat serta mengidentifikasi target pasar yang sesuai.

Namun pada banyak kasus, pendanaan tahap awal yang diberikan oleh investor ini berafiliasi untuk membantu startup memiliki kantor pusat yang representatif sebagai tempat mereka menyelesaikan pembuatan prototipe produk dan tempat untuk melaksanakan perekrutan karyawan.

Untuk pendanaan seed round startup di Indonesia sendiri rata-rata berkisar antara angka Rp500 juta hingga Rp2,5 miliar. Besaran dana yang diberikan ini tergantung dari total biaya yang diajukan oleh startup, yakni meliputi biaya uji produk, sewa kantor, pemasaran, gaji dan hal lain yang berhubungan dengan perusahaan yang baru didirikan. Sumber pendanaan tahap awal ini bisa berasal dari keluarga, relasi, angel investor atau venture capital yang memang fokus memawarkan pendanaan startup tahap awal bagi perusahaan yang baru didirikan.

Pendanaan Angel Round - Putaran Angel Investor 

Lanjut pada istilah kedua yaitu putaran Angel Investor (Angel Round). Tahapan pendanaan ini bertujuan untuk memperoleh pengguna awal, mendapatkan saran pengguna, evaluasi dan perbaikan produk. Setelah prototipe selesai, maka startup harus melakukan uji coba produk dengan menawarkan demo ke konsultan atau bisa orang-orang terdekat sebelum merilisnya ke ke publik.

Masa ini juga sering disebut dengan masa pengembangan yang memerlukan waktu 6 hingga 12 bulan. Pada masa ini startup harus menentukan inti utama produk yang mereka tawarkan serta sejumlah fitur-fitur andalan lain diluar inti utama. Nah mengenai suntikan dana investor pada tahap ini, umumnya eksekusi investor dilandasi oleh minat mereka pada startup yang produknya sudah mendapat perhatian publik terlebih dahulu. Dan pada saat bersamaan, pada tahap angel investor ini startup juga biasanya akan mencari dana tambahan guna meluaskan jangkauan pasar bisnisnya.

Pendanaan Series A Round - Putaran Seri A

Kemudian saat produk telah dirilis dalam versi Beta dan sudah siap menjaring pengguna, maka tahapan pendanaan startup Seri A pun dimulai. Pada masa ini, umumnya founder startup akan menentukan pilihan model bisnis yang tepat dengan melakukan scaling ke wilayah lain yang punya karakteristik pasar yang sama. 

Nilai pendanaan startup tahapan putaran Seri A ini pun sangat beragam, tergantung dari seberapa besar potensi yang dimiliki startup tersebut. Di Indonesia sendiri, kisaran jumlah dana yang biasa dikucurkan oleh investor pada pendanaan Seri A ini berkisar antara Rp10 miliar hingga Rp30 miliar. 

Pendanaan Series B Round - Putaran Seri B

Terakhir, ialah tahapan pendanaan startup putaran Seri B atau biasa juga disebut Series B Round. Pendanaan startup ini melibatkan angka investasi yang fantastis, yaitu berkisar Rp25 miliar hingga Rp80 miliar. 

Di Indonesia sendiri nampaknya belum ada Startup yang berhasil sampai pada tahapan pendanaan ini. Hal ini disebabkan karena belum adanya startup lokal yang mampu menjaring pengguna secara global ke seluruh dunia. Nilai keuntungan yang besar sesuai permintaan investor juga merupakan salah satu kriteria berat yang harus dipenuhi oleh startup lokal bila ingin mencapai tahapan pendanaan ini. Pada tahap ini, dana yang diperoleh oleh startup umumnya akan dimanfaatkan untuk meng-ekspansi pasar, membuat inovasi pada model bisnis serta meluaskan basis pengguna secara global.

4 Istilah Tahapan Pendanaan Startup Lokal di Indonesia

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *