follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tips Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Bisnis jasa pembuatan website kini telah menjadi bisnis yang cukup layak untuk di perhitungkan. Karena di era internet saat ini sudah sangat banyak orang yang membutuhkan website, baik itu untuk individu, kelompok lembaga maupun untuk keperluan bisnis perusahaan.

Internet merupakan media pemasaran yang menjadi primadona saat ini. Dimana pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat mendorong berbagai pengusaha untuk memiliki website nya sendiri.

Banyak jenis usaha yang memerlukan promosi secara online,  dimana pemilik usaha tersebut tidak memiliki pengetahuan untuk membuat website. Misalnya seperti menjual baju, pakaian, gadget, buku, makanan dan hampir semua produk cocok dipasarkan secara online. Begitupun pada bisnis jasa, misalnya pengacara, event organizer, guru les privat dan masih banyak lagi bisnis jasa lainnya.

Disinilah terdapat peluang bisnis menjanjikan yang dapat memberikan anda penghasilan yang tak sedikit. Jadi jika anda memiliki kemampuan untuk membuat website dengan baik, maka tidak ada salahnya bila anda menawarkan jasa pembuatan website di internet. Mungkin saja anda bisa sukses meraup penghasilan tinggi yang tak akan duga sebelumnya, karena memang di pasaran harga untuk sebuah website itu tidaklah murah.

Oleh karena itu bila anda tertarik membuka usaha jasa pembuatan website, maka kali ini saya akan berbagi tips memulai bisnis jasa pembuatan website. Silahkan simak tips berikut ini.

Bisnis Jasa Pembuatan Website

Tips Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

1. Mengenal sistem kerja jasa pembuatan website.

Hal pertama yang harus anda lakukan yakni mengetahui sistem kerja jasa pembuatan website seperti apa yang akan anda gunakan dan disepakati oleh pelanggan nantinya. Ada 2 paket produk yang bisa anda tawarkan kepada calon pelanggan.

Paket pertama yaitu anda hanya sebatas membuat website sesuai permintaan pelanggan, tanpa pengelolaan website. Dan paket kedua berupa sistem kontrak, dimana anda bisa menawarkan jasa pembuatan sekaligus pengelolaan website.

2. Menentukan harga yang kompetitif 

Untuk hal ini maka anda diharuskan mengetahui harga website untuk setiap proyek berbeda. Anda bisa menyesuaikan ketentuan harga website sesuai dengan pilihan paket dan tingkat kesulitan yang diminta oleh pelanggan. 

Diawal bisnis, sebaiknya tawarkan harga lebih murah dibanding pesaing penyedia jasa pembuatan website lainnya. Karena tentunya jika anda bersaing dengan penyedia jasa lain yang sudah populer dengan harga yang sama atau lebih mahal, maka tentunya anda akan kalah saing dengan penyedia jasa lain yang lebih dulu memulai dan populer.

3. Membuat website khusus untuk menawarkan jasa 

Syarat yang paling wajib anda miliki selanjutnya yaitu anda harus mempunyai website khusus untuk menawarkan jasa pembuatan website anda. 

Buatlah desain website bisnis tersebut sebagus mungkin guna meyakinkan pelanggan anda agar mau menggunakan jasa anda. Dan buatlah navigasi yang jelas berisi contoh website yang telah anda buat, cara pemesanan, metode pembayaran serta yang paling penting halaman kontak yang bisa mereka hubungi.

Namun jika rasanya terlalu berat untuk membuat website sendiri, maka solusinya yakni cobalah untuk melamar membuat website di orang yang membutuhkannya melalui situs- situs marketplace jasa freelancer, misalnya seperti Projects.co.id.

Disana sudah ada banyak pencari jasa yang memerlukan jasa pembuatan website. Pasarnya sudah ada, tinggal bagaimana cara anda menawarkan jasa. Usahakan memiliki portofolio terlebih dahulu sebelum melamar pada sebuah job.

4. Perlengkapan yang memadai.

Sampai disini, jika anda memiliki modal lebih, maka lengkapi peralatan keperluan bisnis, seperti laptop berspesifikasi tinggi dan koneksi internet yang tidak lelet. 

Jika memungkinkan lagi, cobalah cari tenaga ahli yang bisa membantu kerja anda, seperti seorang web programmer, web designer, web development atau pakar seo. Tenaga ahli ini bisa berasal dari teman maupun orang baru kenal yang sengaja anda rekrut.

5. Promosikan bisnis anda

Selanjutnya silahkan berusaha mempromosikan bisnis anda agar orang lain atau pengguna internet bisa menemukan dan memilih bisnis jasa pembuatan website anda.

Ada banyak cara promosi yang bisa anda lakukan, mulai dari promosi gratis seperti melalui facebook dan twitter atau promosi berbayar melalui media periklanan Google Adword, facebook ads atau memasang iklan dan meminta jasa review di website orang lain dan masih banyak lagi cara promosi lainnya.

6. Selesaikan proyek web tepat waktu dan berikan pelayanan memuaskan kepada pelanggan

Menyelesaikan permintaan pesanan website sesuai waktu yang diminta oleh pelanggan dan memberikan hasil kerja yang memuaskan, selain mampu memberikan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap kualitas bisnis kita, secara tidak langsung hal itu juga bisa menjadi cara promosi gratis yang paling ampuh. Dimana kemungkinan pelanggan yang puas tentunya akan memberikan komentar positif pada bisnis jasa kita dan dengan senang hati biasanya mau menyebarkan informasi baik ini.

Yang tak kalah penting, anda juga bisa mengumpulkan portofolio dan testimoni pelanggan untuk ditampilkan di website bisnis anda. Hal ini tentunya dapat menambah nilai plus guna menarik pelanggan lain untuk menggunakan jasa pembuatan website anda.

Tips Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *