follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Ingin StartUp Mendapatkan Pendanaan Awal? Coba 5 Tips Ini !

Pendanaan Awal Startup - Membangun startup lokal kini merupakan bisnis yang termasuk menjanjikan di Indonesia, setiap bulannya bermunculan startup lokal baru didirikan. Diantara startup lokal tersebut ada yang muncul dengan membidik pasar yang sudah ramai pesaingnya, dan ada pula yang berinovasi dengan membangun model bisnis baru yang belum ada kompetisi didalam bisnis tersebut.

Misalnya saja Bukalapak.com, startup lokal yang satu ini sebenarnya hadir sejak lama tahun 2011 dalam membidik marketplace online. Namun sebagai perusahaan startup yang memulai bisnis dengan dana minim dan SDM berjumlah 3 orang, kala diawal memulai bisnis, Achmad Zaky - founder Bukalapak - hanya mampu sebisanya dalam menggaet mitra dan mengajak pengguna bergabung yaitu sekitar 100 orang per hari, sehingga perkembangan Bukalapak kala itu sangat lambat. 

Namun kurun waktu 3 tahun sejak didirikan, Bukalapak telah memiliki 150.000 pelapak - sebutan penjual Bukalapak - dengan variasi produk yang ditawarkan sangat beragam. Hal ini tak lain dikarenakan Bukalapak berhasil mendapatkan pendanaan seri A bernilai puluhan miliar rupiah dari  beberapa investor, yaitu Aucfan, 500 Startups dan GREE Ventures. Bahkan hebatnya lagi, pada Februari 2015, Bukalapak kembali berhasil mendapatkan investasi Seri B dari Emtek Group yang angkanya diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah. Kucuran dana segar ini rencananya akan dimanfaatkan untuk menambah karyawan dan mengembangkan strategi marketing, serta untuk mengundang lebih banyak UKM bergabung.

Melihat dari apa yang sudah didapatkan oleh Bukalapak, sebagai pemula kita tentu tergiur untuk mengikuti jejak mereka mendapatkan pendanaan. Namun nyatanya pada saat pertama kali terjun ke bisnis startup, untuk mencari dan mendapatkan pendanaan awal merupakan hal baru yang tentu tidak mudah dilakukan.
StartUp Mendapatkan Pendanaan Awal
Lantas sebenarnya hal apa saja yang perlu dilakukan oleh para founder startup jika ingin mendapatkan pendanaan awal untuk startup mereka? Simak penjelasannya dibawah ini.


Tips Mendapatkan Pendanaan Awal Startup 

1. Meyakinkan Investor

Meyakinkan investor untuk berinvesati pada startup kita merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Bagaimana mungkin para investor bisa minat dan mau berinvestasi jika kita sebagai pemilik startup tidak mampu meyakinkan mereka. Maka sebagai pemilik startup kita harus mulai dengan memiliki produk dengan sejumlah traksi.

2. Memahami Traksi

Kita harus memahami traksi yang produk kita miliki, pada dasarnya traksi setiap produk itu berbeda. Sebagai contoh, Kita bisa melihat dari produk yang sudah kita rilis dengan pertumbuhan yang solid di bulan-bulan pertamanya. Tetapi jika pertumbuhan terus mengalami peningkatan, maka kemungkinan bisnis yang akan dibangun itu berpotensi tinggi. Kita bisa menilainya dari berbagai aspek, mulai dari pertumbuhan pengguna, pendapatan dan hal lain yang berharga bagi startup kita.

3. Semangat dan pantang menyerah

Jangan menyerah ketika bisnis startup tak kunjung menampakkan kemajuan, meski tak ada tanda investor yang melirik startup anda. Jadikan keadaan ini sebagai kesempatan untuk kita mengevaluasi dan menginstropeksi diri sebagai pemilik startup, cari kesalahan kita dan dari startup kita, cari tahu faktor apa yang dapat menarik investor yang kita bidik. Menyerah bukanlah pilihan, melainkan akhir dari bisnis kita. Sayang sekali bukan jika startup yang sudah lama kita bangun, kemudian kita tinggalkan ataupun kita jual. Menyerah sebelum perang seperti ini bukanlah sikap seorang founder StartUp.

4. Bergabung ke dalam Inkubator

Tren startup di Indonesia kini nampaknya mengundang banyak pemuda untuk ikut mendirikan startup. Berbagai program inkubator dan akselerasi pun hadir untuk menjadi wadah para pemuda belajar dan terjun ke dunia startup. Inkubator bertujuan untuk membantu para founder startup menemukan model bisnis terbaiknya, membimbing mereka membangun sebuah startup dengan benar hingga mampu membawa mereka kepada tujuan. Bergabunglah dengan inkubator untuk meningkatkan kualitas startup kita, serta manfaatkan dan bangun jaringan dengan berbagai pihak. Membangun jaringan seperti ini merupakan langkah strategis bagi para founder startup untuk mencari investor pendanaan awal startup.

5. Mencari Investor

Yang terakhir ini merupakan poin terpenting. Untuk mendapatkan pendanaan awal, maka kita harus mencari investor untuk startup yg kita miliki. Karena rasanya mustahil bila investor datang tiba-tiba memberikan pendanaan untuk startup kita yang belum jelas. Pada tahap ini maka siapkan ide startup, produk serta model bisnis yang akan anda tawarkan kepada investor. 

Nah jika kita ingin startup yang kita punya mendapatkan pendanaan awal, maka beberapa hal diatas patut untuk kita jalankan. Semoga bermanfaat dan apabila ada masukkan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Masukkan positif dari anda bisa jadi sangat berharga untuk para founder startup yg juga ingin mendapatkan pendanaan awal.

Ingin StartUp Mendapatkan Pendanaan Awal? Coba 5 Tips Ini !

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *