follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

20+ Peluang Usaha Rumahan 2016 Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil 2016
Peluang Usaha Rumahan 2016 - Pada 2016 ini semakin banyak bermunculan pengusaha-pengusaha di Indonesia, mereka mendirikan berbagai macam bisnis usaha. Tak hanya usaha skala besar, melainkan juga usaha rumahan seperti usaha kecil & menengah (UMKM) yg kini mengalami pertumbuhan begitu pesat. 

Banyaknya peluang usaha rumahan dengan modal kecil membuat orang-orang berani mencoba hingga mampu membangun usaha sendiri. Seiring tren belanja online yang terjadi di masa kini, tak hanya membuka toko fisik di dunia nyata, melainkan juga toko online di internet. Sehingga mereka mampu menjangkau calon pelanggan di seluruh dunia. Beberapa pebisnis online bahkan berhasil memiliki penghasilan fantastis, sehingga mampu membuat saya tertarik untuk membahas juga mengenai peluang usaha rumahan bisnis online dalam artikel ini.

Banyak diantara para calon pengusaha mengalami hambatan disaat akan memulai usaha, salah satunya yakni sebab kekurangan modal. Mungkin terbesit di pikiran anda untuk meminjam uang dari bank atau mencari investor, memang benar langkah itu bisa dilakukan tapi ini bukanlah perkara mudah. Bank serta investor pasti akan bertanya mengenai pengalaman usaha kita serta informasi lain yang belum tentu bisa kita penuhi, sehingga akhirnya modal pun tak bisa kita dapat. 

Lalu, apakah sebab kekurangan modal tersebut menjadikan kita menyerah dalam memulai usaha? Tentu tidak! Kita bisa memulai usaha meski dengan modal minim, karena kita bisa menemukan banyak peluang usaha rumahan dengan modal kecil di sekitar kita.

Meski kecil, tetap saja kita harus punya modal untuk memulai usaha rumahan. Kita tetap harus mengeluarkan uang, selain itu kita juga harus punya pengetahuan mengenai usaha yang ingin dijalankan, memiliki kemauan bulat, serta mau bekerja ekstra. 

Kita bisa memanfaatkan segala sesuatu disekitar kita untuk memaksimalkan usaha, termasuk memanfaatkan rumah menjadi tempat usaha, memanfaatkan anggota keluarga atau teman dalam menjalankan usaha.

Peluang Usaha Rumahan Tanpa Modal Besar

Berikut ini beberapa peluang usaha rumahan tanpa modal besar yang biasa diterapkan oleh pelaku usaha masyarakat kecil & menengah, diantaranya yaitu :

1. Membuka jasa menjahit

Banyak orang membutuhkan jasa menjahit pakaian dengan berbagai model & ukuran tertentu, merekalah yg pasti selalu mencari penjahit. Usaha rumahan ini sangat cocok untuk orang yang punya minat pada fashion, tentunya Anda harus punya kemampuan menjahit pakaian, diantaranya celana jeans, kaos, kemeja baik untuk orang dewasa maupun anak-anak

2. Usaha Kuliner

Apabila Anda memiliki resep makanan unik serta digemari banyak orang, maka pertimbangkan peluang usaha rumahan kuliner ini. Usaha ini sangat cocok untuk seseorang yg kreatif & percaya diri, karena tantangan akan selalu datang terutama disaat keperluan branding produk makanan. Banyak dari mereka yang sukses menjalankan usaha kuliner hingga berkembang & membuka cabang di tempat lain.

3. Membuka pangkas rambut

Semua orang yg hidup di dunia, baik pria maupun wanita perlu memotong rambutnya. Inilah yg menjadi peluang usaha baik bagi anda yang memahami gaya tata rambut. Anda hanya perlu memenuhi peralatan seperti gunting, sisir, kaca, alat potong listrik dan kursi untuk memulainya. Terakhir carilah letak posisi yg strategis utk menghindari persaingan.

4. Membuka studio poto

Jika anda seorang yg ahli menjepret foto maka Anda bisa memulai bisnis studio poto di rumah. Semakin banyaknya kamera digital murah tidak menyurutkan peluang usaha membuka studio poto ini. Sebab masih banyak pula orang yg ingin mengabadikan momen dengan penanganan seorang fotografer profesional. Calon pelanggan diantaranya ialah sekolah yg memerlukan jasa studio poto utk foto ijazah atau buku tahunan, pasangan pernikahan juga khitanan. Namun peluang usaha rumahan ini memerlukan peralatan yang lengkap, yakni kamera, komputer, lampu, backround, dll.

5. Membuka warung atau toko sembako
Peluang usaha rumahan ini sudah banyak yang menerapkannya karena sangat mudah dijalankan, oleh karena itu kita harus menganalisa tingkat persaingan yang ada sesuai lokasi dan  modal yang kita miliki.

6. Jasa percetakan digital

Untuk membuka sebuah usaha digital printing, kita tidak harus memiliki mesin cetak dan modal besar. Kini sudah banyak orang yang menjadi perantara atau broker. Kita bisa bermitra dengan percetakan digital yang sudah berjalan. Namun, sebagai modal awal tentunya kita harus memiliki keahlian dalam mengedi foto minimal melalui CorelDraw & Photoshop.

7. Membuka Warnet (warung internet)

Semakin banyaknya orang-orang yang melek akan kebutuhan informasi saat ini maka semakin besar peluang usaha warnet. Anda pasti sukses menjalankan peluang usaha rumahan ini asal mau membukanya selama 24 jam di letak usaha yg strategis dan nyaman. Selain itu spesifikasi komputer juga menjadi kunci kesuksesan usaha warnet yang terpenting komputer tidak lelet. Sediakan pula makanan ringan serta minuman untuk menambah penghasilan.

8. Menyewakan tanaman hias

Bila anda suka menanam tanaman hias dan tinggal di perkotaan maka peluang usaha penyewaan tanaman sangat cocok untuk anda jalani. Banyak perkantoran, mal, universitas dan gedung-gedung lainnya yg membutuhkan jasa ini. Berbagai acara penting pun seperti pernikahan, seminar dan worksop membutuhkan jasa penyewaan tanaman hias untuk menghiasi acaranya. Yang terpenting dalam menjalankan usaha rumahan ini anda harus memahami perawatan berbagai jenis tanaman hias. Kunci keberhasilan usaha rumahan ini ialah bagaimana anda bisa menawarkan proposal kerjasama sekaligus mendekati pelanggan yakni panitia yg berkepentingan mengurus dekorasi gedung atau suatu acara.

9. Membuka les privat

Peluang usaha rumahan ini tidak akan pernah mati selama masih ada anak-anak yang bersekolah. Orang tua mana yg tidak ingin anaknya pandai? Bila kita punya kemampuan pada bidang tertentu, seperti agama, matematika, bahasa Inggris, komputer dan lain-lain, kita bisa menawarkan jasa les privat kepada para orang tua. Selain itu keahlian gitar, menyanyi, piano juga banyak peminatnya untuk diberikan les privat.

10. Membuka jasa laundry

Peluang usaha rumahan dengan membuka laundry menjadi sangat laris bila berlokasi di lokasi strategis seperti dekat kampus atau kos-kosan. Kalau diperhatikan akhir-akhir ini usaha laundry semakin marak dgn berbagai macam layanan yg ditawarkan, bahkan ada yg menawarkan menjemput pakaian pelanggan. Bila dirasa cocok maka segeralah memulai peluang usaha rumahan laundry ini sebelum didahulukan orang lain di lingkungan rumah anda.

11. Menjual pulsa elektrik

Peluang usaha rumahan dengan menjual pulsa ini sangat mudah dijalankan. Cukup dengan modal ratusan ribu kita bisa memulai usaha menjual pulsa elektrik, bisa dikerjakan kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun. Bila Anda adalah seorang yg aktif dalam sebuah network, seperti organisasi dengan banyak anggota, maka hasil usaha rumahan ini bisa menjadi sangat menguntungkan, kita dapat menjual ke teman-teman di network organisasi.

12. Membuka steam cuci sepeda motor dan mobil

Bila anda memiliki halaman rumah yg luas maka hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha. Dengan semakin mudahnya sebagian orang bisa memiliki kendaraan bermotor maka semakin besar potensi peluang usaha cuci sepeda motor dan mobil. Terlebih jika pada musim hujan, maka bersiaplah kebanjiran pelanggan memenuhi tempat usaha anda.

13. Menjadi kontributor media massa dan televisi.

Besarnya biaya utk menggaji wartawan serta fotografer, pembelian peralatan dan biaya transportasi menjadikan media massa lebih memilih jasa kontributor untuk memenuhi kebutuhan materi informasi mereka. Namun sebagai kontributor anda tetap akan mendapatkan upah yang lumayan besar. Sebelum memulainya anda harus memiliki kamera, komputer dan data-data yg dibutuhkan dari internet. Untuk mendapatkan hasil, Anda perlu menjemput bola dgn menghubungi media massa atau stasiun tv lalu menawarkan materi informasi yg anda miliki. 

14. Menawarkan jasa penerjemah (translator)

Jika anda menguasai bahasa asing, seperti bahasa inggris, arab, mandarin, jepang, prancis, maka anda harus mencoba peluang usaha rumahan menjadi penerjemah / translator. Untuk diketahui bahwa kini semakin banyak orang, perusahaan atau lembaga yg membutuhkan jasa ini. Misalnya mahasiswa strata-1 atau pasca sarjana, serta perusahaan yang memerlukan jasa pengalih bahasaan dokumen.

15. Menjadi penulis buku

Semakin banyak kalangan masyarakat memiliki minat baca terhadap buku, sehingga kini semakin banyak penerbit bermunculan didirikan, menjadikan semakin banyak kebutuhan penerbit akan naskah yg ingin dicetak, inilah peluang usaha rumahan yang potensial. Selain menjalankan hobi menulis, disamping itu kita bisa mendapatkan upah yang cukup lumayan, apalagi bila buku kita meraih hasil penjualan besar (best seller), maka bukan tidak mungkin kita menjadi penulis terkenal. Yang diperlukan untuk menjadi penulis ini adalah memilih tema tulisan sesuai dgn keinginan penerbit. Karena setiap penerbit berbeda dalam hal memilih buku yg akan diterbitkannya.

Peluang Usaha Rumahan Bisnis Online 

Bisnis online sangat cocok apabila dikombinasikan dengan usaha di dunia nyata. Misalnya saja apabila kita punya toko furnitur maka kita bisa menjualnya secara online dengan pasar yang luas karena menjangkau semua orang di seluruh dunia. Meski begitu apabila kita tidak memiliki usaha di dunia nyata, kita tetap bisa membangun sebuah bisnis online. Berikut ini beberapa bisnis online rumahan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal alias gratis :

16. Membuka Toko Online / Bisnis Online Shop

Kini membuat toko online itu sudah sangat mudah dilakukan. Bahkan dengan platform blog gratisan seperti blogger pun bisa, tanpa biaya hosting alias gratis seluruhnya. Bisnis online shop ini cocok dijalankan oleh mereka yang memang memiliki toko offline dan menginginkan peningkatan penjualan dgn menjual secara online. Tetapi tidak harus itu, bisnis online shop juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak mempunyai produk sendiri, melainkan dengan menjual produk orang lain dengan sistem dropship.

17. Memasang Iklan di blog / website kita

Jika anda memiliki website atau blog dengan trafik tinggi maka bisnis periklanan ini sangat layak anda coba. Salah satu model program periklanan yg patut dicoba adalah program PPC (paid per click) seperti Google Adsense, Chitika, Bidvertiser, Adplus. Selain mengikuti program periklanan PPC, kita juga bisa menawarkan slot iklan di blog langsung kepada pemasang iklan.

18. Mengikuti affiliasi

Affiliate banyak diterapkan oleh para internet marketer. Kita tidak perlu memiliki produk untuk menjalankan affiliate, tetapi kita hanya mempromosikan menjual produk orang lain di internet, baik lewat website, blog, social media, email marketing. Nantinya komisi uang akan kita dapatkan sesuai total produk yang berhasil kita jual. Produk yang biasa dijual secara affiliate pun bermacam-macam, mulai dari produk berbentuk fisik, digital hingga membership.

19. Menjadi penulis artikel

Kini sudah banyak orang berprofesi penulis artikel, baik penulis artikel berbahasa inggris atau bahasa Indonesia. Untuk diketahui bahwa artikel bahasa Inggris tarifnya lebih mahal. Untuk memulai bisnis menulis artikel kita bisa memanfaatkan beberapa website yang menjadi tempat para penyedia job mengiklankan kebutuhan jasanya, misalnya: fiverr.com dan ads-id.com.

20. Mengikuti Multi Level Marketing (MLM) online

Tidak seperti MLM konvensional yang cukup menyita waktu serta tenaga untuk pertemuan, follow up member dan pembelian barang, MLM online lebih praktis sebab semua proses tersebut dapat dikerjakan secara online. Namun tidak seluruh MLM online memiliki sistem baik, pastikan anda memilih MLM yang memang memiliki produk dan sistem yang baik.

21. Peluang usaha menjual Jasa Online

Ada banyak jasa yg dapat dijual secara online. Salah satunya yakni jasa pembuatan website. Peluang usaha ini sangat potensial sebab tidak banyak orang yang dapat membuat website sendiri untuk bisnis mereka dan semakin banyak pebisnis yg membutuhkan website untuk pemaran di internet. 

Sebenarnya masih banyak macam peluang usaha rumahan dengan modal kecil, tetapi saya belum bisa membahas semuanya dalam satu artikel singkat ini. 

Perlu diketahui bahwa meski usaha dengan modal kecil namun tidak berarti keuntungan yang akan didapatkan juga kecil. Buktinya sudah banyak pengusaha yg sukses menjalankan bisnis-bisnis yg disebutkan diatas, dengan penghasilan lumayan, bahkan cukup fantastis hingga lebih besar dari gaji pegawai kantoran.

Semangat dan mau kerja keras secara terus menerus tentu akan memberikan hasil maksimal, bahkan hingga bisa melebihi harapan kita. Terakhir, terima kasih dan semoga artikel ini bisa menginspirasi pembaca.

20+ Peluang Usaha Rumahan 2016 Dengan Modal Kecil

di 04 January, 2016 - 02:27 dengan 1 komentar

artikel terkait lainnya

1 komentar

  1. Usaha rumahan memang menjadi salah satu alternatif untuk tambahan penghasilan.

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *