follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

5 Mitos Bisnis Online Yang Salah Kaprah

Mitos Bisnis Online

Menggiurkannya peluang bisnis online serta kesempatan mendapatkan penghasilan yang tak terbatas pada bisnis online, membuat banyak orang tertarik untuk memulai bisnis online nya sendiri. Banyak berterbaran ilmu, teori ataupun ungkapan mengenai kemudahan dan kepraktisan bisnis online di internet. Namun ketahuilah bahwa tidak semua ilmu yang bertebaran di internet itu benar dan terbukti.

Ada banyak ungkapan keliru mengenai kemudahan bisnis online. Hal ini seperti mitos yang sejak dulu mampu mengelabui pemikiran para pemula atau newbie yang tertarik untuk memulai bisnis online. Apabila pemikiran yang salah kaprah ini terus diakui dan tidak diperbaharui, maka bukanlah kesuksesan dalam bisnis online yang Anda peroleh, justru kegagalanlah yang menanti Anda.

Berikut ini ada beberapa ungkapan mitos bisnis online yang salah kaprah dan tidak seharusnya anda yakini ilmunya. 

Mitos Bisnis Online Yang Salah Kaprah

Memulai Bisnis Online Secara Gratis

Memang benar bahwa untuk memulai bisnis online itu bisa gratis alias tanpa modal. Contoh kasus misalnya membuat web toko online dengan platform blogger. Namun subdomain dengan embel-embel blogspot seperti ini akan menghambat perkembangan toko online anda nantinya. Website dengan top level domain (seperti .com) akan meningkatkan profesionalitas serta popularitas toko online Anda menjadi lebih terpercaya.

Bisnis online dapat dikerjakan secara otomatis dengan sistem online

Mungkin Anda pernah mendengar iklan yang mengatakan bila Anda bergabung maka Anda tinggal duduk menunggu hasilnya karena semuanya dilakukan otomatis secara online, ini adalah mitos bisnis online yang salah kaprah. Memang benar ada beberapa platform website yang telah mendukung otomatisasi seperti menjawab email atau menjawab live chat secara otomatis pada awal percakapan. Namun bila Anda ingin sukses menggaet pelanggan, maka Anda harus mampu melakukan komunikasi sendiri terhadap calon pelanggan, terutama pada layanan pelanggan, riset pasar, penentuan keyword dan pembuatan konten.

Memulai bisnis online part time akan menghasilkan penghasilan sama seperti full time

Hal ini jelas salah kaprah. Memulai bisnis online dengan memanfaatkan waktu luang saja memang bisa dikerjakan, tetapi jangan harap anda bisa menghasilkan penghasilan maskimal. Kenyataannya anda harus bekerja ekstra untuk menjalankan bisnis online, terutama di tahun pertama. Setelah bisnis online berjalan tanpa kendala, barulah kemudian pada tahun-tahun berikutnya Anda bisa bekerja lebih santai dan fokus.

Social media selalu memberi kemudahan bisnis online

Social media hadir untuk menghubungkan miliaran pengguna di seluruh dunia, jadi wajar apabila para pebisnis mempomosikan produknya melalui social media. Namun anggapan bahwa media social akan selalu memudahkan bisnis online tidaklah benar sepenuhnya. Kenyataannya, cukup banyak juga pengguna yang merasa terganggu dengan kemunculan konten promosi.

Semua Followers adalah konsumen Anda

Mitos lain dari social media untuk bisnis online ialah bahwa followers Anda adalah pelanggan. Hal ini merupakan mitos bisnis online yang salah kaprah, sebab ini dapat membuat Anda melakukan promosi yang tak tertarget. Belum tentu semua followers menyukai promosi yg Anda lakukan, bahkan mungkin saja sebagian dari mereka membenci konten promo Anda.

Sekian 5 mitos memulai bisnis online yang salah kaprah yang bisa saya bagikan. Kini anda sudah mengerti mengenai mitos bisnis online kan? Silahkan bagikan melalui kolom komentar apabila anda mengetahui mitos bisnis online lainnya.

5 Mitos Bisnis Online Yang Salah Kaprah

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *