follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Pasang Google Analytics di Website

Setelah anda membuat website dan telah didatangi banyak pengunjung, maka kini saatnya anda menganalisa statistik traffic website dengan melacak jumlah, darimana dan tingkah laku pengunjung yang telah datang. 
Nah, tools yang bisa anda gunakan secara gratis untuk memberikan data statistik traffic website anda yaitu Google Analytics.

Apa saja Manfaat Google Analytics?

Melalui Google Analytics, anda bisa mengetahui hal-hal berikut ini:
Siapa pengunjung website anda
Google Analytics memberikan statistik jumlah pengunjung situs per hari dan per bulan; info geografis pengunjung (asal kota dan negara); jenis browser yang mereka gunakan (firefox, chrome, dsb); jenis perangkat pengunjung (PC atau mobile).
Kapan pengunjung datang
Dengan mengetahui waktu puncak kunjungan ke website anda, maka anda bisa menjadwalkan penayangan promo atau posting artikel pada waktu yang tepat. 
Apa yang dilakukan pengunjung 
Google Analytics menyediakan data mengenai tingkah laku pengunjung di website. Anda dapat melacak halaman mana yang paling banyak dikunjungi, berapa lama mereka disana, berapa halaman yang mereka kunjungi sebelum akhirnya keluar dari website (bounce rate), persentase pengunjung yang kembali lagi, dan masih banyak lagi.
Darimana pengunjung datang
Dengan Google Analytics, anda bisa tahu darimana pengunjung datang (dari search engine, social media, email marketing atau website lainnya) dan persentase pengunjung yang datang dari sumber tersebut. Anda juga bisa tahu keyword apa saja yang banyak mendatangkan pengunjung ke website dari search engine. Data ini bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO pada keyword-keyword yang belum banyak mendatangkan traffic. 
Interaksi pengunjung dengan konten kita
Google Analytics menyediakan informasi mengenai pola interaksi pengunjung dengan konten website. Anda bisa mengetahui persentase klik terhadap tautan tertentu di potingan anda. Dari sini anda bisa tahu apa yang paling dicari oleh pengunjung. 

Cara Daftar Google Analytics 

Untuk menggunakan Google Analytics di website anda harus memiliki Tracking ID atau Kode Website Tracking. Berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkannya :
Pada halaman google analytics, klik link "Sign in" yang ada di  kanan atas halaman. Lalu klik "Sign up".
Cara Pasang Google Analytics

Pilih  “Website” dan isi form sesuai website anda. 
Cara Pasang Google Analytics

Pilih "Universal Analytics", dan klik tombol “Get Tracking ID”. 

Klik tombol “I Accept” pada TOS Analytics.

Maka anda akan mendapatkan TRACKING ID (ID Pelacakan), dan juga script Website tracking (Pelacakan situs web) yang harus anda pasang di website anda. 
Cara Pasang Google Analytics


Cara Pasang Google Analytics di Website

Ada 3 cara memasang Google Analytics di WordPress. Saya akan bahas satu per satu.
#Cara 1 
Copy script "Website tracking" tadi ke file "footer.php". Caraya buka "Editor" dari panel admin WP. Shortcutnya yaitu : "Appearance" > "Editor" > "Footer (footer.php)". Kemudian pastekan script "Website tracking" tepat diatas Tag </body>
Cara Pasang Google Analytics di Website

#Cara 2 
Dengan menggunakan salah satu plugin wordpress yang berfungsi untuk menambahkan script ke footer website. Carilah dan instal plugin penambah script tersebut. Kemudian pastekan script "Website tracking" tadi di halaman plugin tersebut. 
#Cara 3 
Beberapa Theme WordPress ada juga yang telah menyediakan tempat untuk memasang kode Google Analytics dengan mudah, yang terdapat di bagian Theme Options. 
Jadi anda cukup meng-copas kode "Tracking ID" ke kolom yang telah disediakan, maka Tracking ID analytics akan terpasang dengan sangat mudah. Silahkan cek apa Theme yang anda gunakan memiliki fitur tersebut atau tidak. 
Berikut ini contoh Theme yang menyediakan tempat untuk penginstalan kode "Tracking ID" Google Analytics :
Cara Pasang Google Analytics di Website


Saat Google Analytics telah terpasang di website, maka mereka butuh waktu 24 jam sampai Google Analytics mulai mengirim data statistik ke akun anda. Jadi tunggu dulu.

Cara Pasang Google Analytics di Website

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *