follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

30 Ide Peluang Bisnis Online Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

kUMPULAN Peluang Bisnis Online

Membuka usaha sendiri tentunya merupakan impian banyak orang. Bapak kepala keluarga, ibu rumah tangga, pemuda yang baru lulus sekolah atau kuliah, kebanyakan diantara mereka pasti berkeinginan menjadi seorang wirausaha.

Namun tentu untuk membuka usaha sendiri bukanlah hal mudah, ada banyak kendala yang harus dihadapi, diantaranya :

Pertama, keterbatasan modal merupakan faktor yang paling sering kita dengar.
Banyak orang yang menilai bahwa untuk memulai bisnis itu membutuhkan modal besar, hingga mereka pun memutuskan bekerja terlebih dahulu untuk mengumpulkan modal.

Kedua, bingung memilih ide produk yang ingin dijual.
Golongan ini masih tidak tahu jenis usaha apa yang cocok dan menguntungkan, serta masih mencari usaha yang diperkirakan lebih stabil / terjamin hasilnya dibanding bekerja kantoran.

Ketiga, sudah terlanjur berkeluarga.
Karena harus mengurus keluarga mereka merasa bebannya terlalu berat apabila berwirausaha. Mereka menilai resiko besar apabila pekerjaan tetapnya ditinggalkan. Hingga karena kesibukan pekerjaan, mereka tidak dapat memulai bisnisnya sendiri.

Hingga akhirnya kendala tersebut menyurutkan niat kebanyakan orang untuk menjadi pengusaha dan memilih bekerja kantoran. Dan kemudian pada akhirnya mereka merasa nyaman sebagai karyawan yang mendapatkan penghasilan gaji tetap, dan lupa akan impiannya untuk menjadi pengusaha yang potensi penghasilannya bisa jauh melebihi gaji karyawan.

Contoh kasus kebanyakan orang tersebut pun mengundang saya untuk membuat artikel 30 Peluang Bisnis Online ini. Dengan tujuan memberikan motivasi kepada pembaca untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Untuk anda yang mengalami 3 permasalahan seperti diatas, maka artikel ini bisa menjadi solusi.

Bisnis online yang saya sebutkan dibawah ini juga bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan selain pekerjaan tetap anda. Namun lama-kelamaan juga bisa menjadi bisnis utama yang menjanjikan.

Berikut ini peluang bisnis online, yang bisa dimulai dengan modal kecil, dan tidak harus menyita banyak waktu. Dan tentunya peluang bisnis online ini memiliki potensi penghasilan yang sangat besar. Karena saya sendiri masih melakukannya.

Peluang Bisnis Online Modal Kecil Yang Menjanjikan

Membuat website / toko online dan menjual produk sendiri 

Berjualan online tidaklah sesulit apa yang anda bayangkan, tidak melulu membayangkan website toko online besar yang sudah punya brand dan menjual beragam produk.

Anda tetap bisa memulai bisnis online shop asalkan memiliki produk sendiri. Meskipun itu hanya 1 item produk.

Jika memang produk anda menarik, disukai banyak orang, dan tidak memilki banyak pesaing produk sejenis, maka anda pasti bisa menghasilkan banyak konversi penjualan dan keuntungan yang fantastis.

Kelebihan bisnis online shop ini yaitu anda bisa bekerja darimanapun selama terhubung koneksi internet. Sehingga bisnis online shop ini cocok juga dijalankan sebagai bisnis sampingan.

Jika anda masih pemula dan tidak mengerti sama sekali cara membuat website, maka tenang, anda tetap bisa memiliki website sendiri. Karena kini sudah banyak penyedia jasa pembuatan serta pengelola website.

Anda bisa meminta jasa beberapa platform berikut ini:
WebPraktis.com – mulai dari Rp 680 ribu/ tahun
Shopify.co.id – mulai dari $14/bulan, lebih mudah dan fitur lengkap (berbahasa inggris)
Jarvis-Store.com – gratis untuk 20 produk
WordPress + WooCommerce – sekitar $40/ tahun

Tapi anda tidak punya produk untuk dijual? Tenang, anda tetap bisa berjualan online dengan sistem Dropship. Selengkapnya akan dibahas dibawah.

Berjualan dengan sistem dropship

Dropship merupakan solusi untuk anda yang tidak punya produk sendiri, tidak punya cukup modal, namun ingin berjualan, dan tanpa perlu men-stok produk.

Anda dapat memasarkan produk orang lain - supplier. Saat ada pembeli, selanjutnya anda tinggal ajukan orderan ke supplier dan beritahukan alamat pembeli. Nantinya merekalah yang mengirimkan produk ke alamat pembeli, dengan paket pengiriman atas nama anda atau toko online anda.

sistem dropship

Namun disisi kelebihan berbisnis dropship yang telah disebutkan diatas,bukan berarti dropship tidak punya resiko, berikut ini kelemahannya :
  • Margin keuntungan lebih kecil, maka harus menjual banyak produk
  • Tidak dapat mengetahui stok di supplier 
  • Kualitas tidak terkontrol, kapanpun produk bisa saja rusak dan anda akan menerima komplain dari pembeli
Untuk memulai bisnis dropshipping, maka anda harus memilih produk dan mencari supplier-nya terlebih dahulu. Misalnya anda bisa bermitra dengan Supplier.id yang menyediakan program dropship. atau mencari supplier lainnya disini 30+ Daftar Toko Online Yang Menyediakan Dropship.

Setelah menemukan supplier, sebelum anda mulai memasarkan produknya, coba nilai sendiri kualitas produk yang ingin anda pasarkan tersebut. Dengan cara membeli beberapa produk itu.

Karena dengan menjadi dropshipper, nantinya meski anda menjual produk milik orang lain, tetap saja tanggung jawab produk terhadap kustomer itu anda yang tanggung.

Berjualan di situs online marketplace

Jika anda sudah punya produk dan langsung ingin berjualan online sekarang juga, namun merasa sulit untuk membuat dan mengelola website sendiri, maka berjualan di situs marketplace online merupakan solusinya.

Anda bisa menawarkan produk anda di Tokopedia.com, Bukalapak.com atau OLX.co.id. Ataupun anda bisa mencoba berjualan di eBay apabila mengincar pasar internasional.

Keuntungan berjualan di situs marketplace yaitu gratis, dan disana sudah ramai pembeli, jadi anda bisa langsung mendapatkan pembeli.

Tetapi meski anda berhasil berjualan di situs marketplace dan mendapatkan pembeli, namun tetap saja anda masih berjualan di toko orang lain, tidaklah seenak dan senyaman berjualan di toko sendiri. Anda tidak bisa mengotak-atik desain web, mendatangkan banyak pengunjung, dan membangun brand sendiri.

Jadi sebaiknya setelah berhasil memasarkan produk di marketplace, tetaplah membuat website toko online anda sendiri. Jangan gantungkan bisnis anda pada situs marketplace.

Tentu anda tidak mau kehilangan pelanggan bukan, sebab persaingan pasar disana sangat sengit, pengunjung terbatas, dan yang paling tragis sewaktu-waktu kapan saja akun anda bisa di-banned. Sehingga anda harus membangun bisnis mulai dari nol lagi.

Menjadi publisher iklan 

Tahukah anda alasan kenapa banyak orang membuat blog, mendesainnya sebagus mungkin, kemudian menulis berbagai artikel setiap harinya, kemudian di-publish di blog dan membagikannya secara cuma-cuma kepada para pengguna internet ?

... Alasannya karena mereka akan mendapatkan penghasilan dari iklan di blog!

Dan inilah peluang bisnis online yang paling populer di internet. Sudah banyak sekali pemiliki blog / website yang sukses mendapatkan uang dari blog, bahkan banyak diantara mereka mampu menghasilkan uang dari website, lebih dari gaji UMR pegawai kantoran.

Jika belum paham, berikut ini alur kerjanya :
Membuat blog / website > memasang kode iklan > iklan muncul otomatis > pengunjung melakukan klik pada iklan > anda mendapatkan uang.

Mudah kan? Cuma tinggal pasang kode iklan di blog, lalu iklannya muncul. Dan anda akan mendapatkan uang setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan.

... Namun hal tersebut tidaklah se-simple itu. Karena untuk mendapatkan penghasilan yang cukup dari iklan, anda haruslah membuat blog berkualitas dengan menerbitkan artikel secara update dan mampu mendatangkan traffic tinggi ke blog tersebut.

Adapun anda harus melakukan :
  • Membuat website berkualitas
  • Membuat konten berkualitas secara rutin dan update
  • Mendatangkan pengunjung / traffic tinggi ke blog anda
Dan apabila ke-3 hal diatas sudah anda penuhi, maka anda sudah bisa mendaftar di berbagai situs Pay Per Click (PPC) seperti :
  • Google Adsense - yang paling populer dan menjanjikan
  • Chitika
  • Infolinks
  • Adstars (Indonesia)
  • Adplus (Indo)
  • Dan banyak lagi situs alternatif PPC lainnya.
Dalam menjadi publisher ini, intinya asalkan blog anda memiliki traffic tinggi, maka penghasilan besar akan menanti anda dari iklan.

    Menjual produk affiliate 

    Alurnya berbisnis affiliate yaitu seperti ini :
    Mempromosikan produk orang lain > kemudian ketika ada pembeli atas rekomendasi anda tersebut, maka anda akan memperoleh komisi.

    Menjual produk affiliate

    Bedanya dengan dropship, yaitu kita hanya mempromosikan... tidak menjual. Pembeli tetap berhubungan dengan penjual, bukan anda (yang merekomendasikan).

    Sama halnya seperti publisher iklan, untuk menjadi seorang affiliate maka anda harus punya website / blog sebagai tempat untuk mempromosikan produk. Dan pilihlah produk affiliate sesuai dengan topik website anda.

    Namun kelebihannya dibanding publisher iklan yaitu dimana komisi untuk penjualan produk affiliate jauh lebih besar dibanding harga per klik iklan pada contoh kasus publisher. Jadi dengan jumlah pengunjung yang sama, dengan model bisnis afiliasi kita dapat menghasilkan lebih banyak.

    Untuk menemukan produk affiliate Indonesia yang cocok dengan topik website anda bisa mencarinya di Ratakan.com yang merupakan pasar produk affiliate, sedangkan untuk website berbahasa inggris dengan produk affiliate pasar internasional silahkan cari di ClickBank.com

    Atau anda juga bisa menemukan produk affiliate di website orang lain, dengan mencarinya sendiri di Google. Misalnya Anda bisa menjadi affiliate dan menjual cream pemutih seperti creamyashodara ini.

    Membuat dan menjual e-book tutorial

    Contoh kasus:
    Pada topik kesehatan, masih banyak orang yang mencari dan mau membeli ebook tutorial fitness yang berisi berbagai gerakan olahraga. Atau kasus lain yaitu e-book cara menurunkan berat badan.

    Nah e-book tutorial tersebut merupakan contoh kasus pada topik kesehatan. Anda bisa menemukan dan mengeksplorasi keahlian anda dan menentukan topik e-book sesuai keahlian anda.

    Anda takut tidak ada yang membeli ebook anda?
    Percayalah, ada banyak orang yang lebih memilih membeli e-book, dibanding membaca-baca artikel satu-satu secara gratis di blog / website.

    Mereka lebih memilih mengeluarkan uang untuk membeli ebook karena ingin fokus mempelajarinya atau tidak punya waktu untuk membaca dan memilah informasi dari artikel blog di internet satu-satu.
    Mereka memilih ebook karena isinya lebih mendalam. Serta lebih terstruktur dan rapi sehingga lebih mudah memahaminya.

    Berminat membuat ebook sendiri?
    • Maka ketahuilah bidang keahlian anda, karena untuk membuat e-book anda harus punya pengetahuan tentang materi / topik ebook tersebut.
    • Selanjutntya cari permasalahan orang-orang dalam bidang tersebut
    • Dan finishing... buat solusinya dalam bentuk e-book
    Dan untuk menjual ebook, maka anda bisa menawarkannya di beberapa situs berikut ini :
    • Ratakan.com dan Jualio.com (Indonesia)
    • Clickbank untuk pasar internasional
    • Di blog/website sendiri (Reccomended! jika anda sudah punya reputasi bagus pada bidang keahlian tersebut)

    Menulis dan menerbitkan ebook (atau buku asli)

    Berbeda dengan ebook tutorial, yang dimaksud ebook disini berbeda. Yaitu e-book dengan bentuk buku asli.

    Yaitu dimana kita hanya mengirimkan naskah kepada situs kdp.amazon.com (Kindle Direct Publishing), kemudian apabila ada pembeli maka pihak amazon lah yang akan mencetak ebook dalam bentuk buku asli dan mengirimkannya.

    ... Jadi tidak ada resiko, cukup bermodalkan tulisan.

    Siapapun bisa menerbitkan ebook disini, tanpa biaya dan syarat apapun. Asalkan dapat menulis buku... buku dengan topik apapun itu, baik buku fiksi maupun non-fiksi.

    Buku sederhana bisa dibuat dengan kriteria 5000 kata dan dihargai $2.99. Dan sistem pembayarannya yaitu kita akan mendapatkan royalti sebesar 35% per tiap kopi penjualan.

    Tetapi anda tak dapat menulis buku berbahasa inggris? Maka menerbitkan ebook di NulisBuku.com merupakan solusi untuk anda memulai peluang bisnis online ini.

    Membuka kursus online

    Punya skill tertentu untuk diajarkan? Dan ada banyak orang ingin belajar kemampuan tersebut?

    Maka membuka kursus online sangat cocok sebagai peluang bisnis online yang menjanjikan.

    Saat ini, di Indonesia kursus online sudah mulai banyak bermunculan. Ini karena prosesnya lebih instan dan murah dibanding kursus offline yang memerlukan modal besar untuk menyewa ruko dan bisa menyita banyak waktu.

    Berbeda dengan kursus offline, dimana sang guru harus mengulangi materi pada setiap kali mengajar ketika berhadapan dengan kelas baru. Pada kursus online ini, anda sebagai guru hanya perlu merekam materi dan menyimpannya di website.

    Nantinya materi tersebut akan diberikan kepada para murid secara bertahap dan dibagi menjadi beberapa sesi, misalnya seminggu sekali.

    Apabila anda tertarik membuka kursus online sendiri, maka anda bisa memanfaatkan beberapa platform berikut : WordPress dengan plugin zippycourses.com, teach.udemy.com, Fedora.com, atau Guides.co

    Jasa desain grafis

    Tahukah anda bahwa penghasilan seorang graphic designer bisa mencapai lebih dari $100 ribu / tahun atau sekitar Rp 1 milyar. Angka yang fantastis bukan!

    Tetapi, tentunya mereka yang sudah profesional telah memenuhi berbagai kualifikasi dan memiliki banyak portofolio.

    Bagi pemula, maka anda membutuhkan situs marketplace penyedia jasa untuk mempertemukan anda dengan calon pelanggan. Adapun situsnya ialah : projects.co.id untuk pasar Indonesia. Atau 99designs.com dan Fiverr.com untuk anda yang mengincar pasar internasional.

    Kelebihan membuka jasa desain grafis ini yaitu pasarnya tidak terbatas. Kita bisa mendapat klien dari seluruh dunia.

    Meskipun pemula, tenang saja. Karena kebanyakan penyedia jasa di situs marketplace diatas juga merupakan pemula, jadi jangan takut kalah bersaing dengan penyedia jasa lainnya.

    Menjual stok desain grafis

    Jika anda malas membuat desain sesuai keinginan klien, tapi ingin memperoleh penghasilan dari keahlian desain anda. Maka menjual stok desain merupakan alternatif yang bisa anda lakukan.

    Stok desain tersebut semacam template gambar yang siap edit dan pakai. Misalnya template desain Photoshop atau Illustrator, logo atau icon.

    Nantinya ketika ada orang yang membeli stok desain dari anda, maka ia telah memiliki hak sepenuhnya atas kepemilikan desain tersebut. Atau bahkan dia bisa lengkapi dengan hak cipta miliknya.

    Beberapa situs tempat untuk menawarkan stok desain, yaitu: CreativeMarket.com, GraphicRiver.net, IconFinder.com (khusus icon).

    Menjual foto royalty-free

    Contoh kasus:
    Saya sedang membuat landing page di website dengan tujuan menjual sebuah produk piano.
    Namanya landing page tentu harus dibuat sebagus dan semenarik mungkin.
    Kemudian saya membutuhkan foto berkualitas yang menggambarkan seseorang wanita yang sedang bermain piano untuk dijadikan gambar artikel.

    Namun, saya tidak ahli dalam memotret dan tidak punya kameradengan spesifikasi mumpuni.
    Dan saya tidak punya cukup uang untuk menyewa fotografer yang mahal.

    ... Maka solusinya yaitu membeli lisensi foto royalty-free.

    Sama seperti stok desain grafis, tapi foto. Foto royalty-free ini bisa kita gunakan untuk keperluan apapun setelah sekali membeli lisensinya.

    Foto-foto royalty-free berkualitas dari fotografer ini sering dibutuhkan oleh pemilik website atau pembuat konten.

    Jadi jika anda punya kamera berspefikasi dan menguasai teknik dasar fotografi, maka peluang bisnis ini bisa menjadi sumber penghasilan pasif yang pastinya menjanjikan.

    Contoh situs tempat untuk menjual foto royalty-free yaitu iStockPhoto.com dan ShutterStock.com

    Menjual plugin & theme 

    Dilansir dari situs ManageWP pada 2014, tercatat ada 70 juta lebih situs berbasis WordPress, dan hampir 30 ribu plugin, dan terus bertambah setiap harinya.

    Diantaranya ada plugin dan theme yang diberikan secara gratis, dan ada juga yang berbayar.

    Dan tidak semua orang cukup puas menggunakan plugin dan theme WP gratisan, karena mereka membutuhkan design website yang premium. Oleh sebab itu banyak orang yang menjual keduanya dengan harga tinggi di situs berikut ini:

    Untuk menjual theme anda bisa menjualnya di ThemeForest.com
    Menjual plugin & theme

    Sedangkan untuk menjual Plugin anda bisa menawarkannya di CodeCanyon.com

    Untuk hitung-hitungan anda, dalam seminggu ThemeForest dapat menjual sekitar 1.500 item theme.
    Dengan harga $58 per item, maka mereka mampu menghasilkan  $84.564 atau setara Rp 1 milyar setiap minggunya.

    Jadi bayangkan saja jika anda membuat sebuah theme dan dalam sebulan berhasil menjual 4 kopi theme saja disana, maka anda sudah bisa menghasilkan $232 atau sekitar Rp 3 juta lebih yang berarti setara dengan gaji UMR pegawai kantoran.

    Menjadi penulis artikel freelance

    Bagi sebuah website bisa dikatakan "Content is King".
    Namun nyatanya masih banyak pemilik website yang tidak mampu untuk membuat artikel secara rutin. Disinilah terdapat peluang bisnis online bagi anda yang paham cara membuat artikel.

    Jika anda masih pemula, maka cobalah tawarkan kepada pemilik website yaitu artikel-artikel standar saja, dengan ketentuan jumlah kata sesuai keinginan pelanggan. Tentunya rate artikel seperti ini haruslah terjangkau alias murah.

    Namun berbeda jika anda ahli dalam membuat artikel dan paham mengenai teknik penulisan artikel. Maka anda dapat menawarkan artikel berkualitas dengan harga tinggi kepada situs besar. Karena mereka akan membayar sebuah konten atas dasar kualitas.

    Berikut ini situs freelancer tempat untuk memperoleh job penulisan artikel: projects.co.id, iblogmarket.com untuk pasar penulis di Indonesia atau UpWork.com untuk artikel berbahasa inggris

    Menjadi copywriter

    Copywriter ialah seseorang yang punya keahlian menyihir pembaca dengan kata-kata pada sebuah konten. Mereka bisa dikatakan salesman dalam bentuk kata-kata.

    Mereka bertugas mempengaruhi orang lain agar melakukan sesuatu yang diinginkan klien melalui tulisan. Misalnya membuat pengunjung web menjadi pembeli atau mengikuti membership.

    Adapun tugas seorang copywriter yaitu menulis teks pada iklan atau pada landing page di sebuah website.

    Intinya menulis teks yang bertujuan untuk mengajak orang lain bertindak sesuai harapan kliennya.

    Berdasarkan pengalaman orang lain, pendapatan dari seorang copywriter pemula bisa mencapai sekitar $50000 per tahun. Artinya berkali-kali lipat daripada penulis artikel biasa.

    Tertarik menjadi seorang copywriter? maka anda harus memahami teknik menulis artikel copywriting.

    Agensi pembuatan konten artikel

    Content marketing merupakan metode online marketing yang sudah terbukti jitu mengundang pengunjung dan customer

    Dikutip dari survey situs WPCurve, bahwa 89% Startup menggunakan content marketing.

    survey content marketing

    Dan 71% dari yang tidak melakukan content marketing mengaku tak punya waktu untuk membuat konten. Dan 14% mengaku tidak mengerti cara membuat konten.

    survey content marketing

    Maka disinilah terdapat peluang bisnis online dengan menjadi pembuat konten.

    Ada banyak Startup yang sebetulnya ingin mencoba content marketing, namun mereka tak punya waktu atau tak mampu menambah karyawan (penulis). Maka disinilah, anda bisa membantu usaha mereka dengan membuat agensi pembuat artikel.

    Berbeda dengan penulis artikel freelance, agensi ini lebih profesional karena bernaungan badan usaha. Dan agensi pembuatan artikel ini biasanya memiliki kontrak, sehingga penghasilannya pun lebih menjanjikan.

    Contoh kasus :
    Misalnya pada sebuah website toko online pakaian, mereka membutuhkan 2 artikel dengan topik merawat pakaian untuk di-publish setiap harinya di website mereka selama sebulan. Maka itu berarti anda sudah punya pelanggan tetap selama sebulan.

    Menawarkan jasa penerjemah 

    Mungkin anda sudah pernah mendengar bisnis online ini.
    Meski tidak memberikan penghasilan tinggi, menjadi seorang penerjemah teks ini dapat menjadi pekerjaan sampingan yang menyenangkan, karena tentu tidak harus menyita banyak waktu.

    Anda bisa menawarkan jasa penerjemah berbagai bahasa yang anda kuasai. Misalkan bahasa inggis, korea, jerman, arab, mandarin atau india. Jasa penerjemah kesemua bahasa tersebut merupakan yang sering dicari di Indonesia untuk keperluan bisnis maupun pendidikan.

    Kita dapat menawarkan jasa penerjemah di situs : Sribulancer.com, projects.co.id atau Fiverr.com.

    Menawarkan jasa penerjemah

    Menjadi virtual private assistant

    Virtual private assistant, istilah ini maknanya masih mencakup luas.

    Diantaranya pekerjaan seorang asisten virtual bisa mencakup :
    Penulis, Riset, Desain grafis, Copywriting, Input data, Editing, Manajemen social media, Programming, dsb.

    Berbeda dengan yang telah disebutkan diatas, karena sebagai virtual private assistant, pola kerja anda yaitu bekerja untuk seorang pelanggan dengan pekerjaan yang berulang. Jadi bukan penyedia jasa yang dibayar per proyek.

    Di UpWork.com, seorang freelancer Virtual private assistant dapat menghasilkan sekitar $10 - $50 per jam kerja. Tergantung bidang spesialisasinya.

    Membuat website membership

    Peluang bisnis online yang satu ini khusus hanya untuk kamu yang sudah ahli dalam bidang tertentu dan mempunyai website yang benar - benar populer. Kita bisa menyediakan konten premium yang hanya bisa diakses oleh pengunjung yang telah membayar untuk menjadi anggota.

    Keanggotaan dapat berbentuk langganan bulanan atau tahunan.

    Untuk membuat website membership ini, maka anda bisa membuatnya dari CMS WordPress dengan plugin untuk website membership ini. Adapun pluginnya anda bisa menggunakan member.wishlistproducts.com (berbayar) atau s2Member.com (gratis).

    Dan untuk sistem membership nya, maka anda bisa memilih diantara 3 metode penyajian konten premium untuk member berikut ini.
    • Pertama, yaitu hanya memberikan akses sebagian konten pada anggota berbayar dengan biaya per bulan. Sedangkan yang bukan anggota hanya bisa mengakses sebagian konten yang telah anda tentukan.
    • Kedua, yaitu membuka semua akses konten tutorial WordPress secara gratis. Tetapi agar pengunjung bisa tanya-jawab di website, member harus membayar keanggotaan per bulan.
    • Ketiga, yaitu web yang keseluruhan kontennya bersifat premium, dan hanya bisa diakses oleh member yang sudah mendaftar dengan biaya per bulan.

    Jasa web development

    Web development ini bisa memberikan penghasilan besar jika dikelola dengan profesional dan mendapatkan proyek-proyek besar.

    Tapi bagi pemula, anda bisa memulainya dari proyek kecil dulu. Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa mengembangkan pembuatan web di situs freelancer projects.co.id.

    Pada kedua website tersebut anda bisa menemukan banyak job pembuatan website dengan berbagai kategori budget, mulai dari dibawah Rp 1 juta hingga lebih dari Rp 100 juta.

    Membuat dan menjual software 

    Membuat software sederhana juga merupakan peluang bisnis yang sedang ramai saat ini.

    Anda yang memiliki skill programming, kini bisa membuat software sendiri kemudian menjualnya sebagai produk yang paripurna.

    Banyak software yang awalnya dibuat tidak serius oleh pendirinya, namun kini telah menjadi software dengan rate yang fantastis. Semua itu pun berawal dari ide sederhana awalnya.

    Membuat aplikasi mobile

    Tentu bagi pengguna smartphone android sudah mengenal Google Playstore, atau Apple Store bagi pengguna IOS. Disana merupakan pasar aplikasi yang bisa dengan mudah kita mendownloadnya.

    Ini merupakan peluang bisnis yang sangat potensial bagi anda yang paham mengenai programming pada aplikasi mobile. Anda bisa membuat berbagai aplikasi yang menawarkan layanan atau yang paling populer yakni membuat game.

    Atau jika anda tidak memiliki keahlian programming, anda tetap dapat membuat aplikasi game sederhana, yakni dengan cara membeli template dari sebuah aplikasi yang ingin kita buat.

    Setelah punya template aplikasinya, maka kita hanya perlu merubah teks dan desain aplikasi. Hal ini disebut reskinning. Dengan begitu kita tetap bisa membuat aplikasi dengan cara reskinning.

    Untuk menemukan template aplikasi mobile yang siap edit dan di-publish, kita bisa mencarinya di situs Chupamobile dengan harga berkisar $99. Atau di situs CodeCanyon dengan harga kisaran $20.

    Kemudian setelah membuat aplikasi, silahkan membuat akun di Google Play dengan biaya $25.

    Lalu dari mana sumber penghasilannya? Yaitu memasang iklan "AdMob". yang berasal dari Google Adsense.

    Mungkin anda masih ingat fenomena aplikasi game sederhana bernama Flappy Bird. Ya, pada masa jayanya Flappy Bird mampu menghasilkan $10 ribu atau sekitar Rp 120 juta per hari dari iklan AdMob.

    Atau anda juga bisa membuatkan aplikasi mobile sesuai permintaan klien yang job nya bisa anda cari disini 

    Jasa SEO

    Search engine merupakan sumber traffic terbesar di internet. Banyak orang yang membuat webiste bisnis, tapi tidak mampu mendatangkan banyak pengunjung dan traffic dari search engine.

    Untuk bisa mengarahkan traffic tinggi dari search engine, maka website harus dioptimasi. Atau istilahnya SEO (search engine optimazion).

    Percayalah, diluar sana sangat banyak pemilik website yang tidak sempat untuk belajar SEO, dan sangat membutuhkan jasa SEO untuk website bisnis online mereka.

    Tertarik menyediakan jasa SEO? maka anda harus memiliki kualifikasi berikut ini:
    • Riset kata kunci 
    • Content marketing
    • Website development
    • Memberikan backlink berkualitas
    • Mengolah data dari Google Analytics
    Nah, bagi anda yang pemula, anda bisa menawarkan Jasa SEO disini projects.co.id dan sribulancer.com

    Jasa social media marketing

    Dikutip dari MOZ, bahwa Social media merupakan sumber traffic paling potensial ke-3, setelah search engine dan email marketing.

    Sehingga banyak pebisnis online yang melakukan social media marketing. Inilah peluang bisnisnya, dimana ada banyak pemilik website yang tidak cukup waktu atau minat belajar untuk mengelola akun social media dan melalukan social media marketing.

    Adapun keahlian yang harus anda kuasai yaitu :
    • Membuat konten untuk membangun brand bisnis dan produk.
    • Meningkatkan followers yang sesuai dengan target pasar produk
    • Berinteraksi secara online dengan followers.
    • Mengarahkan traffic dari social media ke website.
    Anda bisa langsung mencari job nya disini 

    Manajemen pemasaran dengan iklan digital

    Bisa kita lihat dengan jelas bahwa kini digital advertising, dengan cepat mampu melampaui capaian iklan tradisional di media massa seperti koran atau tabloid... dan diproyeksi akan segera melampaui iklan TV.

    Alasannya karena iklan online lebih efektif, murah dan terukur.

    Tapi masalahnya iklan online membutuhkan proses pembelajaran yang lebih lanjut. Maka dari itulah banyak pengusaha UKM di Indonesia saat ini belum mampu memanfaatkan media iklan online ini... Meskipun mereka ingin mencobanya.

    Nah, disinilah peluang bisnis online muncul dan bisa anda manfaatkan.

    Yaitu dengan menawarkan jasa membuat iklan online, yang isinya bisa berupa teks, gambar atau video.

    Selain itu untuk memaksimalkan performanya, maka kita juga harus melakukan berbagai pengujian dan pengolahan data dengan menguasai 3 fungsi berikut:
    • Riset kata kunci
    • Copwriter
    • Graphic designer

    Menawarkan jasa offline secara online

    Jasa offline yang dilakukan di dunia nyata berikut ini, kini bisa dipasarkan di internet, diantaranya :
    • Supir ojek di Go-Jek
    • Guru privat di RuangGuru.com
    • Penyedia jasa di Seekmi.com
    • Penulis komik di Ngomik.com
    Beberapa jasa offline yang bisa dipasarkan secara online diatas awalnya merupakan StartUp yang berawal dari sebuah ide brilian, yang sebelumnya sudah ada di luar negeri.

    Karena itu jika anda ingin mencari inspirasi lain selain penyedia jasa diatas, cobalah cari informasi tentang berbagai StartUp luar negeri lainnya yang belum ada di Indonesia.

    Beberapa model bisnis offline go-online ini sudah ada di amerika dan mungkin bisa jadi inspirasi anda:
    • Jasa penyimpanan barang online, 
    • Jasa cukur rambut online, 
    • Jasa salon online. 
    • Jasa merawat hewan peliharaan online
    Ide brilian bukan?

    Kolektor nama domain potensial

    Bisnis ini bisa dibilang proyek investasi.
    Karena dalam bisnis online, domain itu ibarat brand pada bisnis offline. Sama halnya brand pada bisnis offline, brand pada bisnis online juga dapat mengambil peranan penting terhadap jumlah penjualan... maka semakin bagus namanya itu berarti akan semakin baik untuk bisnis online anda.

    Nama domain yang bagus dan potensial bisa dihargai mulai dari $100 - $100 ribu lebih.

    jual beli online domain


    Padahal pemilik nama domain ini hanya membelinya $10. Tetapi sekarang harganya bisa mencapai ratusan hingga ribuan kali lipat.

    Misalnya saja domain Jokowi.com yang ditawarkan oleh domainmarket.com dengan harga $100 ribu atau senilai Rp 1,1 milyar... sebuah angka yang fantastis bukan!

    Tips:
    Karena ekstensi domain ".id" baru muncul sejak 2014 khusus untuk Indonesia.
    Maka ini merupakan investasi nama domain yang strategis. Karena belum banyak yang menggunakan domain ".id" ini, sehingga peluang anda untuk mendapatkan nama-nama domain yg bagus masih sangat terbuka lebar.

    Menjadi YouTuber

    Sudah banyak Youtuber yang sukses menjadi seorang jutawan melalui beternak video di Youtube. Mereka rutin memproduksi video dan menguploadnya ke youtube.

    Untuk memonetize video youtube ada 2 jenis iklan, yaitu iklan dengan komisi per klik, dan komisi per tiap kali tayang

    Perhatikan SS dibawah ini:

    memonetize video youtube

    Sebuah video yang dilihat sebanyak 39 ribu kali dapat menghasilkan $106.

    Dari hasil ini, pihak YouTube akan memotong 45% dan sisanya diberikan kepada pengunggah video.

    Untuk memulai menjadi youtuber, maka mulailah dengan membuat channel sesuai topik video yang memang banyak dicari dan ditonton orang-orang.

    Beberapa jenis topik video yang populer di YouTube misalnya video lucu, tutorial, ataupun rekaman tutorial pada layar komputer.

    Namun jangan coba-coba mengupload video orang lain yang memiliki hak cipta. Misalnya karya orang lain, rekaman TV, musik, dan sebagainya. Karena kalau begitu sewaktu-waktu akun anda bisa di-banned dan penghasilan yang telah anda dapatkan akan lenyap begitu saja.

    Menjual desain kaos

    Menjual desain kaos online

    Desain kaos sederhana seperti gambar diatas saja bisa terjual sampai lebih dari 1500 pcs.

    Enaknya lagi, desainer hanya perlu mendesain kaos dan memasarkannya secara online, tanpa perlu repot mencetak dan mengirim kaosnya.

    Lebih santai daripada jual kaos biasa bukan?
    Jika per kaos anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar $5 saja, maka dengan menjual 1000 pcs dalam sebulan, anda akan mendapatkan penghasilan sebesar $5000 atau sekitar Rp 75 juta.

    Tertarik mencobanya? silahkan daftar di Teespring.com.

    Teespring adalah situs crowdfunding, dimana kita bisa membuat dan mengupload desain kaos, kemudian menjualnya.

    Ketika target telah tercapai, maka Teespring yang akan mencetaknya dan mengirimkan kaos tersebut.

    Ya, penjualan kaos harus mencapai target sesuai dengan ketentuan di awal. Kalau tidak, maka penjualan dibatalkan.
    Contoh : Anda memasang target 25 kaos (semakin tinggi targetnya, maka semakin rendah harga per kaosnya), kalau tidak sampai 25 pembeli maka kaos tidak akan dicetak dan kita tidak dibayar. Jadi, jangan pasang target terlalu tinggi untuk cari aman.

    Meskipun kita bisa memasarkannya ke seluruh dunia, namun realistisnya disana kita hanya bisa memasarkan ke orang Amerika saja. Karena untuk pengiriman ke luar negeri, harga kaosnya akan menjadi mahal.

    Atau anda bisa memilih mendesain kaos di Tees.co.id untuk pasar Indonesia. Sistem di Tees ini berbeda. Per kaos dihargai Rp 120.000. Dan anda harus menjual diatas harga tersebut untuk memperoleh keuntungan.

    Menyewakan kamar

    AirBnB.co.id adalah situs untuk menyewakan kamar atau rumah penginapan kepada orang lain (turis atau backpacker) selama beberapa hari.

    Menyewakan kamar online

    Gambar diatas adalah tampilan untuk beberapa contoh orang di Bogor yang menyewakan kamar dan rumah mereka dengan tarif Rp 150 ribu sampai Rp 420 ribu per malam.

    Bayangkan jika mereka berhasil menyewakan kamar seharga Rp 200 ribu saja selama 2 minggu dalam sebulan. Maka mereka bisa menghasilkan Rp 4 juta.

    Jumlah yang sangat lumayan kan, untuk bisnis tanpa pemasaran apapun.

    Menjual produk dengan sistem berlangganan

    Contoh kasus:
    Setiap wanita sebulan sekali membeli produk kecantikan diri, parfum, perawatan kulit, dan sebagainya. Beberapa pria pun begitu.

    Bagi orang yang sibuk, mereka merasa tak punya waktu untuk berbelanja bulanan.

    Bagaimana kalau ada yang menjual satu set produk yang anda butuhkan ini, dikirimkan langsung ke rumah anda tanpa anda perlu beranjak keluar?

    Seperti itulah yang dilakukan BirchBox.

    Dengan berlangganan, tiap bulannya mereka akan mengirimkan berbagai produk dalam kategori tadi secara otomatis.

    Model bisnis ini cukup laris di Amerika sehingga banyak yang menirunya, berikut beberapa di antaranya:
    • DollarShaveClub – pisau cukur
    • LootCrate – produk unik untuk gamer
    • Candy Club – permen
    • Glassful – produk wine
    • Japan Crate – snack Jepang
    • Dan masih banyak lagi.
    Kalau dilihat, tidak melulu produknya merupakan kebutuhan manusia. Anda juga mencoba inspirasi model bisnis untuk kebutuhan hewan peliharaan, perawatan tanaman hias, atau ide lainnya.

    Kita hanya perlu mengumpulkan beragam produk kebutuhan pada kategori tersebut dalam satu paket, kemudian menjual paket tersebut..

    Di Indonesia sendiri ada banyak inspirasi produk yang bisa kita jadikan model bisnis seperti ini.

    Kunci kesuksesan membangun startup jenis ini ialah kita harus menawarkan produk yang memang dibutuhkan banyak orang, khususnya kalangan menengah keatas... dan produk tersebut merupakan produk yang  harus habis terpakai dalam hitungan bulan. Supaya mereka dapat berlangganan bulanan.

    sudah membaca semua jenis peluang bisnis online diatas? Lalu....

    Peluang bisnis online mana yang cocok untuk anda?

    Jika berkenan silahkan berbagi komentar mengenai ide bisnis online yang ingin anda jalani atau bisnis yang kini sudah anda nikmati hasilnya.

    30 Ide Peluang Bisnis Online Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

    artikel terkait lainnya

    0 komentar

    Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *