follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Peran Social Media Untuk Blog Anda

Peran Social Media Untuk Blogger

Blogging merupakan kegiatan yang menyenangkan, kita dapat menulis banyak hal, ide, gagasan, opini maupun kritik dengan gaya sendiri. Melalui blog kita dapat mengekspresikan gagasan serta menjangkau banyak orang sebagai pembaca. Tata bahasa yang disampaikan pun lebih santai, meski banyak juga blog yang hanya memuat konten dengan bahasa baku.

Kegiatan blogger juga dapat menjadi ajang silaturahmi untuk mendapatkan teman baru, dimana biasanya para blogger menemukan teman blogger lainnya secara online, kemudian saling berkenalan dan menjadi teman. Bahkan cukup banyak blogger yang awalnya berkenalan lewat online akhirnya menjadi teman akrab di dunia nyata. 

Begitu juga kegiatan para blogger di situs social media. Situs-situs social media ini sering digunakan oleh para blogger untuk mencari teman baru, menambah followers, membangun jaringan bisnis online dan semacamnya. Sebut saja situs social media tersebut seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram, Path, Youtube, Flickr dan masih banyak lainnya.

Selain membantu menghubungkan antar sesama blogger, situs-situs social media ini juga bisa menjadi media promosi yang efektif untuk memperkenalkan blog agar dikunjungi oleh banyak orang. Mari simak, apa saja peran social media untuk blog.

1. Membuat blog lebih dikenal

Apabila blog masih baru, social media dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan blog kepada teman agar blog mendapatkan pengunjung dan pengikut pertamanya. Mengundang teman-teman social media untuk mengunjungi blog merupakan langkah awal tepat untuk mendatangkan trafik dari situs social media. Bahkan mungkin saja sebagian teman akan membagikan blog Anda kepada temannya, dan begitu seterusnya. Jika begitu, maka bukan tidak mungkin mereka membagikannya secara terus menerus dan blog anda menjadi cepat terkenal .

2. Mempromosikan konten blog

Mungkin blog anda sudah dikenal banyak orang, tapi tidak dengan konten di dalamnya. Kita perlu mempromosikan setiap konten agar dikunjungi banyak orang. Kita bisa berpromosi secara manual – posting ke sosial media – atau dengan bantuan tools untuk memposting konten blog ke sosial media secara otomatis, misalnya tools dlvr.it yang memungkinkan konten blog diposting secara otomatis ke social media.

3. Mendatangkan trafik ke blog

Setelah mesin pencari Google, social media merupakan cara efektif untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Berbeda dengan trafik dari Google yang sulit didapatkan karena mengharuskan blog SEO dan ada di halaman pertama Google, social media mampu mendatangkan pengunjung ke blog dengan cara yang lebih mudah, yaitu cukup dengan memasang link url blog di akun social media, sehingga akan memudahkan teman anda untuk menemukan blog Anda.

4. Meningkatkan peringkat blog di mesin pencari

Situs-situs social media dapat memberikan backlink berkualitas. Link dari situs social media ini akan membantu blog meningkatkan SEO offpage, sehingga lambat laun peringkat blog di Google juga akan semakin naik. Seperti yang kita ketahui bahwa peringkat yang baik di google akan membuat blog mendapatkan banyak trafik.

5. Menjangkau followers

Apabila blog telah mempunyai akun media sosial, tentu akun social media blog tersebut telah mempunyai followers atau fans. Maka situs social media dapat membantu Anda untuk menjangkau para followers, dan mengajak mereka kembali mengunjungi blog Anda. Selain itu melalui social media, Anda juga memiliki kesempatan untuk dapat terhubung kepada lebih banyak orang yang mungkin saja nantinya akan menjadi followers blog Anda. Dengan begitu, komunitas blog yang terhubung lewat social media bisa semakin besar, dan tentu ini merupakan trafik potensial bagi blog anda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sosial media telah menjadi bagian penting dalam kehidupan banyak orang di era internet saat ini. Sebab media sosial mampu menghubungkan kita dengan banyak orang, memberikan pengalaman baru, informasi serta berbagai peristiwa dalam kehidupan. Oleh sebab itu untuk menjadi seorang blogger yang populer, maka wajib bagi anda untuk mengoptimalkan peran social media untuk blog anda.

Peran Social Media Untuk Blog Anda

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *