follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

8 Media Promosi Konvensional Ini Bisa Jadi Metode Promosi Jitu Bisnis Anda !

Media Promosi Usaha
Ingin mempromosikan perusahaan, bisnis atau produk anda?
Bingung memilih media promosi yang cocok dan menguntungkan untuk usaha dan produk anda? 
Sudah mencoba beriklan di surat kabar, majalah atau beriklan secara online di internet namun belum juga memperoleh hasil yang memuaskan?

Maka coba evaluasi apa kekurangan dan kelemahan promosi yang telah anda lakukan di media cetak dan internet? 
... apakah karena kontennya kurang menarik? maka coba perbaguslah konten iklan anda!

... atau karena memang target pasar anda tidak seluas itu? melainkan pasar anda sebetulnya berada di sekitar lingkungan terdekat bisnis anda? 
Jika begitu alasannya maka itu berarti biaya dan usaha iklan anda belum tempat sasaran, bahkan bisa jadi mubazir dan sia-sia karena pasar anda sebenarnya berada tidak jauh dari lingkungan sekitar anda. (tapi tenang, iklan anda di internet bisa jadi tak sia-sia, melainkan investasi bila bisnis anda nantinya buka cabang di kota lain)

Jika begitu, ada baiknya anda mencoba menerapkan kembali metode promosi dengan media konvensional, yang memang sejak lama digunakan dan masih sangat efektif hingga sekarang.

Cara promosi konvensional ini bisa menjadi sangat menguntungkan apabila bisnis anda relevan dengan media promosi tersebut. Jadi cobalah analisa dan tentukan cara promosi yang cocok untuk bisnis anda.

Berikut ini ada 8 media promosi konvensional yang sudah sukses diterapkan sejak dulu dan kini bisa anda aplikasikan langsung untuk mempromosikan bisnis dan produk anda.

Brosur atau Selebaran

Biasa juga disebut pamflet, brosur yang berupa selembaran ini hingga saat ini tetap menjadi media promosi favorit berbagai bidang usaha, baik barang maupun jasa.

Biasanya brosur dibaca lebih lama dibandingkan dengan poster, karena calon customer tentu merasa lebih tertarik membaca selembaran yang diberikan langsung kepadanya, dibandingkan melihat selebaran yang tertempel di dinding.

Namun berpromosi dengan brosur memerlukan biaya lebih besar dibandingkan poster karena perlu mencetak dalam jumlah banyak.

Kunci utama berpromosi dengan brosur ini ada 3 yaitu :
  • mendesain dan mencetaknya sebagus mungkin
  • mencatumkan informasi produk atau promosi dengan jelas
  • menyebarkannya secara berkala, terutama pada pada event tertentu. 
Penyebaran brosur / selebaran sebagai media promosi ini cocok digunakan oleh semua jenis bidang usaha dan semua produk.

Poster

Promosi dengan menempelkan poster-poster di tempat umum yang ramai dilalui pejalan kaki masih masih sangat relevan sampai sekarang untuk dijadikan strategi promosi jitu asalkan kita tahu penempatan poster yang tepat.

Anda bisa menempelkan poster di pinggir jalan, tiang listrik atau di mading umum. Metode promosi ini sangat cocok bila diterapkan di daerah yang masih kurang dalam pemanfaatan teknologi.

... Media promosi ini sering digunakan oleh perusahaan rokok, minuman ringan, makanan kecil, hingga yang paling fenomenal dan sering kita jumpai di tiang listrik yaitu sedot WC :D

Tips dalam pembuatan poster yaitu sesuaikan dengan target pasar anda dan buat ukuran sesuai lokasi penempelan poster.

... Misalnya jika usaha anda menargetkan pasar anak muda, maka anda bisa membuat poster dengan menonjolkan desain grafis. Karena anak muda umumnya lebih menyukai tampilan sebagai ekspresi diri. Contohnya seperti poster

Katalog

Usaha anda memiliki lebih dari satu produk dan beragam jenis? Atau produk anda memiliki beragam spesifikasi dan detail?

... Maka membuat katalog produk wajib anda lakukan. Ini bertujuan agar customer dapat mengetahui informasi lengkap mengenai produk anda.

Dengan katalog, maka pembaca tidak akan merasa canggung karena harus banyak bertanya mengenai produk anda sebelum memutuskan membeli. Customer dimudahkan karena hanya perlu membaca katalog untuk memahami spesifikasi produk anda.

... Selain itu tampilan produk dalam katalog juga akan sangat menarik dan tampak eyes chatcing.

... Katalog dapat digunakan sebagai media promosi oleh semua jenis usaha yang memiliki beragam produk dan spek seperti, perusahaan elektronik, otomotif, kuliner, fashion, dan hampir semua perusahaan.

Kartu nama

Meski sudah ada smartphone yang digunakan untuk menyimpan kontak, namun kartu nama ini tetap dibutuhkan bagi semua pengusaha.

Kartu nama dapat diibaratkan sebagai duta bisnis yang dapat mencerminkan dan memberikan image perusahaan kita.

... Maka buatlah dengan desain semenarik mungkin dan sesuai dengan style dan passion perusahaan dan produk anda. Dalam kartu nama tersebut anda perlu mencantumkan nama perusahaan dan kontak pribadi anda.

... Kartu nama ini merupakan kebutuhan primer bisnis yang bisa dijadikan media promosi, sehingga bisa digunakan oleh semua bidang usaha.

Spanduk / Banner

Tentu semua orang tahu spanduk. Oleh karena itu spanduk tentu akan menjadi pusat perhatian masyarakat bila dibuat dengan semenarik mungkin dan lokasi penempatan yang tepat. Inilah yang disebut promosi efektif.

Nah dalam marketing, selain memasang spanduk di toko kita sendiri, memasang spanduk promosi di wilayah ramai dimana target pasar tujuan kita banyak yang berkumpul atau lalu lalang disana merupakan strategi promosi efektif.

Banner atau spanduk dicetak dalam ukuran besar dan beragam, misalnya 3x3 meter atau bahkan 10x2 meter, tergantung penempatan banner itu sendiri, misalnya di dinding atau di pinggir jalan.

Ataupun X-banner (banner yang dipasang pada rangka berbentuk X) yang misalnya berukuran 1x1 m, sehingga bisa dipindahkan dengan mudah dan biasa ditempatkan di depan toko. Atau mini X-banner, yang kecil dan biasa ditempatkan di meja.

... Metode promosi ini cocok digunakan oleh semua jenis bisnis dan usaha.

Secara umum, ada 4 trik dalam membuat spanduk promosi yang bisa anda gunakan, yaitu :
  1. menonjolkan sisi desain grafis, dimana anda bisa membuat tampilan gambar 2D atau 3D
  2. menuliskan kalimat yang membuat orang tertarik membeli produk atau mengunjungi tempat usaha anda
  3. membuat spanduk promosi dengan ukuran besar agar menjadi pusat perhatian
  4. menempatkan spanduk di lokasi dimana target pasar anda berkumpul atau berlalu lalang disana.

Merchandise atau souvenir


Media promosi ini bisa menjadi promosi terbaik apabila timing dan penempatannya tepat. Sarana promosi ini bisa dilakukan pada momen khusus, seperti ketika event atau ketika tengah menjadi sponsor acara.

Bila budget terbatas, maka marchandise bisa dibuat sederhana tetapi yang penting berkesan, contohnya seperti :
  • gantungan kunci
  • pulpen
  • mug / cangkir, dan masih banyak lainnya
Bentuknya bisa apa saja, namun usahakan souvenir tersebut masih relevan dengan produk Anda. Coba beberapa tips berikut ini untuk menentukan merchandise yang tepat untuk usaha anda :
  1. memilih merchandise yang relevan dengan produk anda
  2. pilih merchant dengan harga dan kualitas tinggi, tapi dengan kuantitas sedikit
  3. pilih merchant dengan harga dan kualitas rendah, tapi dengan kuantitas banyak
... Beberapa jenis bidang usaha yang biasa membagikan merchandise seperti toko retail, usaha kuliner, perusahaan kebutuhan peralatan rumah tangga, furniture, toko emas dan banyak lagi.

T-shirt

T-shirt atau kaos menjadi media promosi yang populer dan mudah dicerna tanpa sengaja oleh calon cusomer.

Umumnya, orang-orang secara sukarela akan mengenakan kaos promosi yang anda berikan secara gratis karena merasa nyaman dikenakan. Mereka akan mengenakannya untuk keseharian ketika berkumpul dengan keluarga atau teman, yang secara tidak langsung bisa menjadi media promosi efektif untuk bisnis kita.

Untuk mencobanya anda cukup membuat beberapa lusin kaos dengan memasang logo perusahaan atau merk produk anda. Kemudian membagikannya kepada customer setia anda saat ini.

... Media pemasaran ini bisa digunakan untuk perusahaan elektronik, kebutuhan rumah tangga, percetakan, atau selain bisnis, seperti kebutuhan partai politik ketika menjelang kampanye pemilu.

Stiker atau pin

Bagi pelaku bisnis yang menargetkan pasar kaum muda, maka media promosi ini belakangan kini sangat efektif dalam menguatkan brand. Metode ini terbilang murah dan terjangkau jika dibandingkan membuat kaos, namun tidak kalah sukses dalam penerapannya.

Dengan membagikan secara gratis stiker atau pin bergambar logo dengan desain menarik kepada customer, maka ini dapat membantu brand menjadi mudah dikenal. Karena umumnya, kalangan remaja lebih suka dengan sesuatu kreatif sebagai bentuk ekspresi diri.

Anda bisa memberikan stiker atau pin ini kepada pembeli sebagai bonus atau kelengkapan satuan paket pembelian.

... Metode ini cocok sekali untuk bisnis distro, kuliner, percetakan ataupun sekedar komunitas bisnis.

Itulah 8 media promosi konvensional yang sejak dulu dan sampai sekarang masih menjadi jurus jitu menarik pelanggan untuk bisnis usaha anda.

Menentukan Tujuan Promosi

... Oh ya sebelum artikel ini ditutup dan anda memilih salah satu media konvensional untuk promosi bisnis anda, saran saya sebaiknya coba analisa dulu tujuan promosi yang paling fundamental agar anda dapat benar-benar memilih promosi yang nantinya paling menguntungkan sebagai investasi. Adapun tujuannya ada 3 yaitu :
  1. Mendapatkan prospek (calon pelanggan) untuk meningkatkan penjualan
  2. Memperkenalkan dan memperkuat brand perusahaan atau produk anda
  3. Sebagai media hubungan masyarakat untuk meningkatkan citra dan kredibilitas perusahaan
Ketiga tujuan tersebut berbeda, sehingga dengan setelah anda menentukan 1 dari 3 tujuan promosi, maka selanjutnya anda akan mudah dalam memilih salah satu media promosi yang tepat, dan kemudian mudah dalam menentukan kerangka, konten dan design dalam media promosi tersebut.


Demikian yang bisa saya sampaikan... Bagaimana pendapat anda? jika anda punya pengalaman mengenai media promosi konvensional diatas mari berdiskusi melalui kolom komentar... atau mungkin anda tahu atau bahkan pernah mencoba menggunakan media promosi konvensional selain yang sudah disebutkan diatas, mari bagikan pengalaman anda melalui kolom komentar di bawah ini :)

8 Media Promosi Konvensional Ini Bisa Jadi Metode Promosi Jitu Bisnis Anda !

di 27 March, 2016 - 06:16 dengan 1 komentar

artikel terkait lainnya

1 komentar

  1. Setuju! Walaupun media promosi sekarang sudah maju, seperti promosi di surat kabar, televisi dan internet, tetapi tidak dapat dipungkiri kalau metode promosi dengan media konvensional masih sangat efektif dan tidak dapat dikesampingkan.

    Kalau ingin Cetak Kartu Nama Murah, silahkan menghubungi CustomBagus

    ReplyDelete

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *