follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

6 Tips Memilih Produk Jualan Online Yang Laris

Produk Jualan Online
Perkembangan jumlah pengguna internet yang terus meningkat merupakan peluang bisnis bagi mereka para pengusaha. Dengan modal kecil (tidak sebesar membuat usaha offline) dan potensi mendapatkan keuntungan besar bahkan tak terhingga inilah yang menjadikan para pengusaha berlomba-lomba membuat website toko online (online shop) untuk memasarkan produknya atau produk orang lain (dropship / reseller).

Toko online merupakan media bagi para pengusaha untuk meningkatkan penjualan. Para pengguna internet lah yang menjadi prospek mereka (calon pelanggan) yang nantinya akan berbelanja online.

Belanja online ini memang menjadi favorit sebagian kalangan masyarakat, terutama mereka yang tinggal di kota dan sibuk bekerja. Pembeli tidak perlu repot ke pasar atau toko, mereka hanya perlu membuka gadget dan melakukan pemesanan, maka selang beberapa hari produk yang dibeli akan datang ke rumah.

Melalui kemudahan berbelanja online inilah yang membuat online shop menjadi bisnis yang memiliki peluang menguntungkan.

Lalu bagaimana dengan anda? berminat menjual produk secara online seperti para pengusaha yang sudah terjun dan sukses sekarang?

Jika iya, maka simak 4 tips memilih produk jualan online di online shop

Tips Memilih Produk Jualan Online Yang Laris

1. Produk yang Banyak Dicari konsumen pengguna internet

Cermati apa yang diperlukan oleh para pengguna internet dan membuat mereka rela membeli sebuah produk. Ingat tidak semua produk bisa laku dijual melalui internet.

Maka usahakan menjual produk yang memang banyak dicari konsumen yang menggunakan internet. Coba lakukan riset pasar sendiri dengan mencari informasi dari berbagai sumber, bertanya kepada teman, atau jika ada relasi observasi langsung ke kantor atau rumah orang yang lebih dulu membuka toko online.

Atau jika anda punya modal, cobalah jasa para freelancer yang bisa anda temukan di situs seperti sribulancer.com. Pilihlah freelancer yang betul-betul mampu melakukan riset pasar dalam bisnis online.

2. Produk yang cenderung Toko Online

Berbagai produk yang dijual secara offline di toko / pasar seringkali memiliki kecenderungan berbeda dengan produk yang dijual secara online.

Misalnya apabila produk X di toko nyata / pasar sangat laris, namun yang terjadi di toko online belum tentu selaris seperti di dunia nyata. Begitupun sebaliknya, bila sebuah toko online sebuah produk Y sangat laris dan dicari pembeli, maka bila dipasarkan secara offline di toko nyata bisa jadi tidak laku

Jadi cermatlah dalam menilai produk apa yang akan laris bila dijual secara online. Carilah informasi dari berbagai sumber mengenai potensi suatu produk apabila dijual melalui toko online


3. Produk Mudah Dikirim-antar

Dalam melayani kirim-antar produk sampai ke rumah pembeli, apabila ada pesanan ke luar kota tentu kita akan menggunakan penyedia jasa kurir seperti JNE, TIKI, dsb. Oleh karena itu pertimbangkan memilih menjual produk.yang ringan, padat & mudah dibawa. Supaya produk mudah dikirim.

Bayangkan jika produk yang anda jual itu berat dan mudah rusak, maka dijamin anda akan kerepotan dan mengalami kerugian.

4. Cari Produk Yang Memberikan Keuntungan +25%

Dalam berbisnis, keuntungan merupakan tujuan. Tanpa keuntungan, bisnis pastilah gulung tikar, termasuk dalam hal bisnis online. Lalu keuntungan seperti apa yang bisa saling membawa dampak baik bagi kedua belah pihak antara penjual dan pembeli?

Umumnya penjual memang ingin mendapat untung besar, namun pahamilah kemauan konsumen yang selalu menginginkan harga terjangkau. Jadi disini anda dituntut kreatif untuk memecahkan permasalahan ini. Salah satu solusinya yaitu dengan mencari produk yang bisa memberikan keuntungan bagi Anda minimal 25%.

Memilih produk yang dapat memberikan margin keuntungan +25% adalah trik yang cocok dijalankan daripada harus memilih produk mahal tapi hanya memberikan keuntungan kecil.

Hal ini tidaklah arogan, karena sebagai online shop, Anda dituntut untuk terus melakukan inovasi pada toko online Anda, nisalnya soal web design dan development, dan itu tentu membutuhkan biaya besar. Selain itu ada juga biaya  teknis, seperti untuk kirim-antar produk ke rumah konsumen, ini juga tentu perlu biaya.

5. Perhatikan kompetitor

Ketahuilah bahwa siapa yang mampu menaklukkan halaman pertama Google, itu berarti akan semakin mudah dan kuat memenangkan persaingan pasar di bisnis online.

Lakukan observasi langsung dengan berseluncur di internet. Coba buka Google, dan lakukan pencarian dengan kata kunci produk anda. Perhatikan tingkat persaingan toko online di Google.  Catat berapa setidaknya 30 website toko online yang teratas di Google. Itu berarti 30 kompetitor terberat yang harus anda saingi dan kalahkan jika ingin toko online anda sukses.

Biasanya produk-produk yang cenderung dijual secara online seperti pakaian, elektronik, furnitur itu akan sangat berat persaingannya. Diawal membuka online shop, anda bisa menggunakan kata kunci yang panjang (longtail keyword) untuk memudahkan anda menyusup di halaman depan google.

Namun jika produk yang anda jual memiliki sangat banyak kompetitor dan anda tidak memiliki kemampuan SEO (search engine optimazion) dan cukup modal untuk menyewa jasa SEO, maka saran saya sebaiknya urungkan saja niat anda untuk memilih produk tersebut, dan beralilah memilih produk lain.

6. Jadilah yang pertama, atau yang berbeda, atau yang terbaik

Bayangkan jika anda menjual produk yang dicari orang dan anda merupakan produsen pertama yang menawarkan produk tersebut.. dijamin keuntungan dan kesuksesan menghamipiri anda. Namun untuk menjadi yang pertama syaratnya itu berat, anda harus punya jiwa entrepreneur dan minimal menguasai teknologi design product.

Jika tidak bisa menjadi yang pertama maka buatlah produk yang berbeda dengan melakukan sedikit inovasi pada produk yang ada. Misalnya anda bisa menambahkan fungsi, fitur, rasa, bentuk atau design yang berbeda dari produk yang telah ada.

Jika tidak bisa jadi yang pertama dan yang berbeda, maka buatlah produk yang terbaik. Ini sulit dan membutuhkan riset, karena untuk jadi yang terbaik misalnya dalam segi kualitas maka pasti anda memerlukan biaya besar. Tapi mungkin tidak masalah bagi anda calon pebisnis online yang memiliki modal besar .

Demikian 6 tips memilih produk jualan online di toko online. Semoga dapat membantu.

6 Tips Memilih Produk Jualan Online Yang Laris

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *