follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tips Memilih Paket Hosting Untuk Website

Tips Memilih Hosting
Artikel ini merupakan bagian BAB 1 dari series panduan Cara Membuat Website Profesional Sendiri Khusus Untuk Pemula

Dalam sebuah website itu domain dapat diibaratkan sebuah alamat rumah, dan hosting merupakan bangunan rumahnya yang bisa kita isi perabotan apa saja.

Untuk mendapatkan keduanya kita bisa membelinya di penyedia hosting dan domain, yang biasanya menawarkan keduanya.

Untuk domain bisa anda sewa minimal 1 tahun dan hosting disewa minimal 1 bulan.

Atau Anda juga bisa mendapatkan resource hosting dan domain secara gratis (alias tanpa biaya) dari penyedia situs gratis seperti WordPress, Blogger, Tumblr, Blogdetik. Situs tersebut akan memberikan akun subdomain atau username dibelakang domain utama.
Contohnya seperti nama.wordpress.com ; nama.blogspot.com ; nama.tumblr.com

Nah, lalu bagaimana jika tidak ingin menggunakan subdomain, melainkan domain anda sendiri tanpa embel-embel subdomain?
Maka Anda bisa menggunakan domain freenom gratis seperti .tk atau .co.cc.
Dan menggunakan hosting gratis dari penyedia hosting yang sedang promo seperti idHostinger.com.
Untuk hal ini anda bisa mencari informasi lengkapnya melalui berbagai blog lewat Google.



Namun jika website profesional untuk keperluan bisnis dan portofolio, maka sebaiknya gunakanlah domain dan hosting berbayar dengan menyewanya di penyedia layanan tersebut. Hal ini demi meyakinkan pengunjung atau pelanggan anda.

Perlu diketahui bahwa sangat banyak penyedia layanan domain dan hosting di internet. Untuk domain tidak masalah anda membelinya dimana saja.

Namun untuk penyedia hosting pertimbangkan dan pilihlah penyedia hosting yang memiliki layanan yang baik. Penyedia hosting memberikan berbagai macam pilihan paket hosting. Ada yang murah, ada yang mahal. Pilihlah sesuai kebutuhan website. Tidak harus melulu yang mahal dengan space besar, karena jika website sebenarnya tidak membutuhkan space besar, maka akan mubazir memilih paket yang mahal.

Pilihlah penyedia hosting yang memang memiki kualitas server bagus dan terpercaya sudah banyak digunakan oleh website orang lain. Karena server host yang buruk akan sering mengalami down sehingga website kita tidak dapat diakses. Jadi pilihlah penyedia hosting yang memiliki reputasi baik. Hal ini demi keberlangsungan bisnis online anda.

Tips Memilih Paket dan Penyedia Hosting

Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan saat memilih paket hosting, yaitu:

1. Kebutuhan hosting.
Sesuaikan kebutuhan hosting dengan memilih space hosting yang tepat, lokasi server, dan support yang diperlukan. Jika website baru, maka space hosting tidak perlu sebesar space hosting pada website lama.

2. Jenis website yang akan dibangun.
Space untuk web toko online, tentu berbeda dengan website personal. Sebab web online shop pasti membutuhkan kapasitas besar untuk menampung banyak gambar produk. Anda mengerti kan?

3. Lokasi server.
Pilihlah penyedia hosting yang lokasi servernya dekat atau sama dengan negara target pengunjung website / pelanggan Anda? Jadi tentukan dulu target market anda, market lokal atau luar negeri.
Perlu diketahui berikut ini lokasi server yang ditawarkan oleh para penyedia hosting, yaitu:
  • Hosting IIX  lokasi server di Indonesia
  • Hosting USA di USA
  • Hosting SG di Singapore
  • Hosting EU di Eropa 
4. Jangan terjebak oleh "Unlimitted".
Bila Anda melihat berbagai penawaran paket hosting dan menemui istilah “Unlimited Bandwidth” atau “Unlimited Space”. Maka jangan terkecoh dengan istilah ini. Karena sebenarnya semua resource hosting memiliki batasan soal space hosting dan bandwidth.
Sebenarnya maksud unlimited ini yaitu Anda berhak menggunakan space hosting atau bandwidth secara unlimited hingga batasan sesuai spesifikasi hardware server dan kebijakan penyedia hosting tersebut.

Demikian pembahasan ini. Oke, sekarang sudah mengetahui cara memilih paket hosting dan penyedia hosting. Silahkan praktekkan langsung :)




Tips Memilih Paket Hosting Untuk Website

di 21 April, 2016 - 23:57 dengan belum ada komentar

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *