follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Tips Memilih Nama Domain Yang Cocok Untuk Website

Nama Domain
Artikel ini merupakan bagian BAB 1 dari Artikel Series Panduan Cara Membuat Website Profesional Sendiri Khusus Untuk Pemula

Bingung menentukan nama domain apa yang cocok untuk website bisnis atau usaha anda?
Jangan pusing ya, karena selalu ada tutorialnya disini :)

Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi web server di internet.
Nama domain ini merupakan pengganti IP, sehingga berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat mengunjungi suatu website di sebuah server.

Nama domain ini juga biasa disebut dengan URL atau alamat / nama website.. Misalnya ehpedia.com ini

Untuk diketahui bahwa memilih nama domain itu merupakan hal yang sangat penting, bahkan saking pentingnya nama domain ini dapat menjadi tolak ukur kesuksesan bisnis anda dan rezeki yang akan anda dapatkan nantinya melalui internet.

Kenapa begitu?
Karena nama domain ini nantinya yang akan menjadi alamat website anda yang nantinya akan diingat oleh para pengguna internet / pengunjung / pelanggan anda.

Pemilihan nama website yang cocok ini akan memberikan dampak besar bagi kelangsungan bisnis online Anda.

Jadi jangan main-main dalam memilih nama website / domain. Pertimbangkan dari berbagai aspek, karena dalam memilih nama website itu ada trik dan tipsnya.

Mau tahu tips memilih nama website / domain?

Berikut ini tips memilih domain yang saya dapatkan dari berbagai sumber dan dirangkum:

1. Berkesan
Sebuah nama domain yang baik berkesan agar pengunjung mudah mengingat website kita. Bayangkan jika nama domain berkesan dan isi konten website juga berkesan, maka pasti ada banyak pengunjung yang mampir ke website tanpa perlu datang dari sumber mesin pencari.

2. Singkat
Menurut berbagai sumber, buatlah nama domain tidak lebih dari 20 karakter. Tetapi saran saya sebaiknya buatlah tidak lebih dari 10 karakter agar semakin mudah diingat.

3. Ekstensi yang cocok
Sangat banyak ekstensi domain yang ada di internet. Berikut ini peruntukannya: .com untuk bisnis komersial; .net untuk penyedia jaringan; .org untuk organisasi; .edu untuk institusi pendidikan, dsb; dan ada ektensi lokal lainnya seperti .id dan .co.id.
Namun saran saya pilih saja ekstensi .com sebab lebih mudah diingat dan banyak digunakan.
Atau jika usaha anda telah memiliki NPWP, dsb, maka ekstensi .co.id dan .id juga sangat layak dicoba untuk jenis usaha yang menargetkan market dalam negeri.

4. Mudah dieja
Nama domain yang sulit dieja pasti akan menyulitkan pengunjung dalam mengingatnya. Gunakanlah kata baku yang benar. Bayangkan bagaimana sulitnya mengingat nama domain seperti ini fslrz19.com.

5. Tidak menggunakan simbol
Jangan gunakan simbol. Karena akan membingungkan pengunjung ketika ia hanya ingat nama website kita lalu mengunjunginya dan lupa mengetikkan simbol alias tanda hubung.Yang terjadi malah kita kehilangan banyak pengunjung.

6. Deskriptif
Jika memungkinkan sebaiknya pilih nama website yang deskriptif. Hal ini akan memudahkan pengunjung dalam mendeskripsikan / menggambarkan jenis usaha Anda.

7. Gunakan keyword
Ada baiknya jika Anda ingin membuat website bisnis maka gunakanlah kata kunci yang tertarget sesuai dengan topik website atau produk jualan anda.
Misalnya seperti sepatugunung.com, mesincuci.com, alattanam.com, dsb.

8. Gabungkan nama merk dengan jenis usaha
Tips yang ini sudah terbukti di halaman pertama google beberapa keyword. Yaitu menggabungkan nama merk dengan jenis usaha untuk dijadikan sebuah domain.
Misalnya bilabongkaos.com (berarti menjual kaos merk bilabong) atau andidesain.com (berarti andi menawarkan jasa desain).
Rumusnya: merk/perusahaan/nama anda + jenis usaha (atau kebalikannya)

Demikian tips memilih nama domain / nama website ini. Silahkan anda terapkan yaa :)

Tips Memilih Nama Domain Yang Cocok Untuk Website

di 21 April, 2016 - 22:49 dengan belum ada komentar

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *