follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Apa Itu Smart City? Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Smart City di Indonesia?

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat urban dunia kini mengenal suatu istilah baru bernama Smart City. Nah, apa itu sebenarnya smart city? Mari kita bahas disini.

Apa itu Smart City?

Secara harfiah, smart city dapat diartikan sebagai "kota cerdas". Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Dikutip dari laman smartcityindonesia.org, sebuah kota dikatakan Smart apabila kota tersebut benar-benar dapat mengetahui keadaan kota di dalamnya, memahami permasalahan tersebut secara lebih mendalam, hingga mampu melakukan aksi terhadap permasalahan tersebut.


Sedangkan dalam buku Pengenalan dan Pengembangan Smart City, kota cerdas didefinisikan sebagai sebuah konsep pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan

Berdasarkan definisi tersebut, ada beberapa hal yang dapat kita garis bawahi berkaitan dengan smart city.
  • Pertama, yaitu sebuah konsep yang diterapkan oleh sistem pemerintahan daerah dalam mengelola masyarakat perkotaan. 
  • Kedua, mensyaratkan pengelolaan daerah terhadap segala sumber daya dengan efektif dan efisien. 
  • Ketiga, smart city diharapkan mampu menjalankan fungsi penyedia informasi secara tepat kepada masyarakat dan mampu mengantisipasi kejadian yang tak terduga.
Smart city berarti kota cerdas. Saat kita mengatakan suatu kota adalah kota yang cerdas, sebenarnya adalah sebuah majas personifikasi yang mengumpakan kota seperti manusia seakan kota dapat merasakan, berpikir dan bertindak terhadap kondisi internal dan eksternal dari kota tersebut.

Aspek utama Smart City 

Pada tahun 2014, Frost & Sullivan mengidentifikasi 8 aspek utama dari penerapan smart city, yaitu smart governance, smart infrastructure, smart technology, smart mobility, smart healthcare, smart energy, smart building, dan smart citizen.

Tujuan Smart City

Tujuan utama dari diadakannya smart city antara lain untuk membentuk suatu kota yang aman dan nyaman bagi warga serta untuk memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian. Sehingga dapat dijelaskan bahwa tujuan pelaksanaan smart city dapat dibagi menjadi 3 agenda utama, yaitu untuk menunjang kota di dalam dimensi sosial (keamanan), ekonomi (daya saing) dan lingkungan (kenyamanan).

Atau lebih umum dikutip dari laman United Nation, dapat dikatakan bahwa tujuan smart city adalah untuk membentuk kota yang Sustainable (ekonomi, sosial, lingkungan).

Penerapan Smart City Terbaik di Kota-kota Negara Maju di Dunia 

Hampir seluruh ibu kota dan kota besar di belahan dunia telah menerapkan program Smart City, baik di kota di negara eropa, amerika, asia, hingga afrika. 

The IESE Business School, sebuah sekolah penelitian di Spanyol telah memilih 20 kota pintar terbaik di dunia. Mereka menilainya melalui index yang disebut Cities in Motion Index (CIMI), dengan cara mengutus peneliti ke 135 kota di 55 negara di seluruh dunia dan mengukurnya dengan 50 indikator

Dan 20 kota pintar terbaik di dunia menurut Cities in Motion Index (CIMI) yaitu antara lain :
  1. Tokyo
  2. London
  3. New York
  4. Z├╝rich
  5. Paris
  6. Geneva
  7. Basel
  8. Osaka
  9. Seoul
  10. Oslo
  11. Philadelphia
  12. Los Angeles
  13. Dallas
  14. Copenhagen
  15. Eindhoven
  16. Amsterdam
  17. Sidney
  18. Stockholm
  19. Chicago
  20. Baltimore

Bagaimana Perkembangan Smart City di Indonesia?

Dari 20 nama kota diatas tentu anda bisa melihat bahwa tidak ada satupun nama kota di Indonesia. Lalu bagaimana penerapan smart city di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan kota lainnya?

Ya, dibanding 20 negara diatas, kota-kota di Indonesia memang terlampau muda dan dapat dibilang terlambat dalam menerapkan smart city, sehingga masih jauh dari kata prestasi, apalagi dampak besar secara langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Meski begitu Pemerintah Provinsi Jakarta tengah berbenah diri dan berupaya menerapkan pelayanan pemerintahannya, khususnya berupaya menerapkan program Smart City melalui ruang Jakarta Smart City Lounge, dimana ruang tersebut merupakan command center yang mengoperasikan segala komponen TIK Smart City. Dari ruang tersebut staf Smart City melalui aplikasi yang dibuat Tim Jakarta Smart City Lounge bisa menerima pengaduan warga terkait permasalahan sosial, mulai dari banjir, kemacetan, sampah, tempat wisata, wilayah rawan kriminalitas hingga pelayanan izin dan sebagainya.

Jakarta Smart City Lounge
Jakarta Smart City Lounge

Sementara itu di Bandung, Pemkot Bandung dengan serius mengagendakan Bandung Smart City. Pemkot Bandung dan Dewan Pengembangan Bandung Kota Cerdas berkomitmen menjadikan Bandung Juara, sebagai kota yang nyaman dan unggul. Melalui ruang Bandung Commad Center, terdapat 5 aspek utama yang dikedepankan antara lain partiwisata dan transportasi, pelayanan publik dan bisnis, pendidikan dan kesehatan, serta pengelolaaan pemerintah.

Bandung Commad Center
Bandung Commad Center
Dikutip dari bandung.go.id, Kota Bandung mewakili Indonesia terpilih masuk finalis 6 besar dunia untuk Inovasi Smart City dari World Smart City Organisation 2015 di Barcelona. Walikota Bandung, Ridwan Kamil juga pernah berucap bahwa targetnya Bandung dapat menginisiasi 1000 aplikasi untuk kepentingan publik.

Konsep smart city yang dimilik oleh Bandung Smar City meliputi citizen complaint online, Rapor camat/lurah oleh warga (SIP), Perizinan Online (Hay.U), monitoring program kerja Pemkot (Silakip), komunikasi aktif warga melalui akun Twitter tiap Dinas, dan masih banyak lagi rencana kedepannya.



Jakarta dan Bandung nampaknya memang yang saat ini paling sukses penerapan Smart City di Indonesia. Lalu sudah sejauh mana penerapan Smart City di kota anda? Mari bagikan melalui kolom komentar dibawah.

Apa Itu Smart City? Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *