follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Cara Memesan / Booking Hotel Online

Cara Memesan / Booking Hotel Online Luar Negeri

Ingin berlibur? Atau ada tugas perjalanan dinas ke luar negeri?
Lalu Anda bingung mau tinggal dimana ketika sampai di tempat tujuan?
Dan buta akan lokasi negara tujuan dan tidak tahu kontak dan dimana letak hotel disana?

.. Maka coba saja pesan kamar hotel luar negeri secara online.

Ya, kini anda bisa booking / memesan kamar hotel di luar negeri maupun di Indonesia dengan mudah melalui Internet. Jadi kita tidak harus repot datang langsung atau menelepon CS hotel satu persatu untuk booking kamar hotel. Itu memerlukan waktu lama dan belum lagi ketidakpastian mendapatkan kamar hotel. Selain itu rasanya terlalu repot jika harus bertanya terlebih dulu melalui telepon atau email untuk nego harga, bertanya fasilitas yang tersedia dan bagaimana cara menjangkaunya.

Dengan memesan kamar hotel melalui internet maka akan memangkas waktu pemesanan serta kepastian mendapatkan kamar saat itu juga. Kita pun akan mendapatkan informasi mengenai lokasi dan gambar hotel tanpa repot bertanya atau minta dikirimkan email.

Kita juga bisa melihat berbagai review secara langsung dari tamu-tamu hotel sebelumnya. Cara pembayarannya juga bisa dilakukan melalui kartu kredit sebagai jaminan sehingga lebih cepat dan tidak merepotkan. Nantinya voucher akan dikirimkan ke email dan kita tinggal print dan membawanya saat check-in. Jadi kita tidak perlu menunggu lama saat check-in karena pihak hotel telah mendapatkan konfirmasi dari situs booking online sebelumnya.

Nah, ada 2 situs terpercaya yang menyediakan jasa booking hotel yakni Hotels.com dan Expedia.com



Meskipun keduanya sama-sama menawarkan kamar hotel, namun harga dan cara pembayarannya keduanya berbeda. Sedangkan syarat dan kondisi transaksinya relatif sama. Saya sendiri menggabungkan keduanya untuk mendapatkan referensi harga dan fasilitas kamar hotel terbaik. Ada kalanya memesan via Hotels, tapi suatu saat saya menggunakan Expedia.

Perlu diketahui bahwa tidak selalu sebuah situs booking kamar hotel online menawarkan rate paling murah. Rate kamar hotel yang ditawarkan bisa berbeda untuk satu kamar hotel dalam masa tinggal yang sama, sebab adanya promo yang tersedia.

Dari banyak situs pemesanan hotel online, hotels.com telah menjadi patokan saya untuk mengetahui daftar hotel dan membandingkan harga setiap hotel. Harga yang ditampilkan dalam hasil pencarian kamar hotel merupakan jumlah dari kriteria pemesanan ( per malam + per orang + per kamar)

Hotels.com menampilkan harga total termurah yang dimiliki hotel tersebut, sehingga kita hanya perlu mengklik tombol "price" untuk menyortir seluruh hotel, dari harga termurah hingga termahal, tanpa perlu menghitung-hitung lagi.

Lalu, bagaimana cara memesan kamar hotel di Hotels.com dan Expedia.com?. 

Cara pemesanan di Hotels.com dan Expedia.com

Cara pemesanan keduanya umumnya tidak jauh berbeda dan hampir sama. Untuk booking kamar hotel anda bisa dengan memiliki akun ataupun tidak. Berikut ini langkah-langkah pemesanannya :


Untuk booking kamar hotel di Hotels.co.id :
  • Pesan disini jika anda sedang menggunakan PC/Laptop Hotels.com. 
  • Pesan disini jika anda sedang menggunakan Handpone Hotels.com
Sedangkan untuk memesan kamar hotel di Expedia, silahkan kunjungi kesini Expedia

Kemudian jika anda ingin booking kamar hotel dengan memiliki akun silahkan mendaftar terlebih dulu dan masukkan email dan password yang diinginkan, atau bisa juga dengan menghubungkan akun anda dengan akun facebook. Selanjutnya, konfirmasi akun yang ada di inbox alamat email anda.
NB: Abaikan jika anda ingin booking tanpa akun

Setelah memasuki laman hotel yang dipilih, anda akan melihat beragam jenis kamar, fasilitas kamar, jumlah maksimal tamu, pilihan sarapan, tanggal pembatalan, dan jumlah kamar yang diinginkan. Silahkan pilih kamar yang diinginkan dan masukkan jumlah kamar yang diinginkan, lalu klik "reserve".

Konfirmasi kriteria dan total harga pemesanan kamar. Kemudian isi data pribadi anda.

Lalu, scroll kebawah untuk mengisi pilihan sarapan. Anda juga dapat memberitahu kepada petugas hotel waktu check-in anda. Namun, jika anda tiba sebelum batas waktu check-in  yang diberikan, namun tidak yakin akan tiba pukul berapa, anda dapat memilih "I don't know".

Anda juga dapat memasukan permintaan khusus anda, misalnya untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung daging bab.

Kemudian isi data pemesan meliputi alamat rumah, nomor hp dan email. Email ini berfungsi untuk menerima bukti pemesanan kamar untuk anda print nantinya

Kemudian masukkan jenis dan nomor kartu kredit untuk jaminan pemesanan hotel.
NB: Jika anda membatalkan pemesanan kamar anda sebelum waktu check-in, maka kartu kredit anda tidak akan ditarik biaya jaminan, namun berbeda jika anda membatalkan pesanan kamar setelah waktu check-in
Untuk pembayaran kamar sepenuhnya sendiri dilakukan di hotel tersebut, baik tunai maupun kartu kredit. Fungsi kartu kredit ini hanya untuk jaminan jika Anda tidak datang pada hari pemesanan hotel Anda.

Ya! Akhirnya pemesanan anda telah berhasil. Bukti pemesanannya pun telah dikirimkan ke email.

Pada tahap ini, anda dapat membatalkan dan mengedit pilihan kamar, nomor kartu kredit, nama pemesan, tanggal, dan sebagainya.

Selain itu, untuk hotel di Indonesia sendiri, saya lebih suka memesan melalui telepon atau situs dari hotel itu sendiri. Booking.com hanya digunakan sebagai acuan hotel yang akan saya pilih, keputusan ditentukan tergantung harga mana yang lebih murah hehe.

Cara Memesan / Booking Hotel Online

di 09 June, 2016 - 19:59 dengan belum ada komentar

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *